Rabu, 13 April 2011

LATIHAN SOAL BIOLOGI LAGI YA NON

DIPELAJARI YA KAN SUDAH DIBAHAS !

Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus memiliki tingkat takson terendah yang sama,
yaitu........
A . filum
B . subfilum
C . kelas
D . ordo
E . famili
Kunci : B
Penyelesaian :
Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus, termasuk filum chordata dan subfilum
vertebrata. Di kelas mulai beda. Paus termasuk kelas mamalia, sedangkan yang lainnya
Pisces.

Contoh Cyanophyta (alga biru) yang bereproduksi dengan hormogonium adalah ........
A . Oscillatoria
B . Chroococcus
C . Gloeocapsa
D . Rivularia
E . Nostoc
Kunci : A
Penyelesaian :
Hormogonium : sekelompok sel pada alga biru, sebagai alat pembiakan secara
fragmentasi. Cyanophyta yang bereproduksi dengan hormogonium adalah Oscillatoria

Perhatikan gambar tumbuhan lumut berikut ini!
Pada bagian No. 1 terjadi proses ........
A . mitosis untuk membentuk spora.
B . meiosis untuk membentuk spora.
C . pembentukan sporogonium.
D . pembentukan spermatozoa.
E . pembentukan ovum.
Kunci : B
Penyelesaian :
Sporangium : kotak spora yang merupakan tempat pembentukan spora, dan berlangsung
secara meiosis di mana menghasilkan jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom
sel induk.

Gambar di bawah ini adalah kelompok ganggang biru.
Nama ganggang dari nomor 1, 2, 3, 4 secara berurutan adalah ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 1
A . Rivularia, Oscillatoria, Nostoc, dan Anabaena.
B . Rivularia, Nostoc, Gloeocapsa dan Oscillatoria.
C . Ricularia, Anabaena, Nostoc dan Oscillatoria.
D . Rivularia, Nostoc, Oscillatoria dan Gloeocapsa.
E . Oscillatoria, Nostoc, Gloeocapsa dan Rivularia.
Kunci : D
Penyelesaian :
Urutan nama yang benar :
1. Rivularia
2. Nostoc
3. Oscillatoria
4. Gloeocapsa
5 . Ditemukan hewan dengan ciri-ciri :
1. tubuh dan kaki beruas-ruas.
2. dada terdiri atas tiga ruas.
3. memiliki tegmina.
4. ukuran semua kakinya relatif sama.
Hewan yang dimaksud adalah ........
A . lalat
B . capung
C . lipas
D . laron
E . kepik
Kunci : C
Penyelesaian :
- Orthoptera : sayap depannya disebut dengan tegmina: lipas, belalang, jangkrik, kecoa.
- Diptera : lalat
- Isoptera atau Achiptera: laron
- Odonata : capung
- Koleoptera: kepik

Untuk memutus daur hidup cacing darah (Schistosoma japonicum) yang paling efektif
adalah ........
A . jangan makan daging siput setengah matang.
B . jangan makan ikan setengah matang.
C . selalu memakai alas kaki.
D . menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.
E . jangan makan daging setengah matang.
Kunci : A
Penyelesaian :
Cacing dewasa Schistosoma sering ditemukan pada vena, saluran pencernaan, saluran
getah bening, saluran kencing. Larvanya hidup di tubuh siput. Sarkarianya masuk ke tubuh
hospes bersama air dan dapat menembus kulit.

Ciri-ciri Basidiomycotina adalah ........
A . semua anggotanya bersifat makroskopis dan saprofit
B . semua hifanya berinti satu dan bersifat diploid.
C . hifanya bercabang-cabang, tidak bersekat, dan bersifat dikariotik.
D . basidiospora dan konidiospora sebagai basil reproduksi generatif dan vegetatif.
E . basidium berbentuk papan, payung, benang, atau seperti kuping.
Kunci : D
Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 2
Ciri-ciri Basidiomycotina :
- Bersifat makroskopis, tetapi ada beberapa jenis yang bersifat mikroskopis
- Hifa bersekat dengan inti satu atau dua
- Perkembangbiakan secara generatif dengan basidiospora sedangkan
secara vegetatif dengan pembentukan konidiospora.

Pernyataan berikut yang mendukung ciri-ciri hutan hujan tropik basah adalah ........
A . kelembaban udara tinggi, suhu hampir konstan sepanjang hari.
B . hujan tidak teratur, tetapi kadang-kadang terjadi hujan yang lebat.
C . tumbuhan relatif kecil-kecil, berupa semak.
D . curah hujan tidak merata sepanjang tahun dan berupa padang rumput.
E . vegetasi spesifik adalah konifer dan hewan aktif di malam hari.
Kunci : A
Penyelesaian :
Bioma hutan hujan tropis terdapat di Amerika Tengah, Amazon, Afrika Barat dan Tengah,
Amerika Selatan, dan Asia.
Tumbuhan : pohon-pohon besar dengan kanopi yang lebar, epifit (anggrek),
merambat (rotan).
Hewan : unggas, invertebrata, kera, burung, harimau.

Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur C berikut ini!
Proses yang terjadi pada no. X adalah ........
A . fotosintesis
B . respirasi
C . mati
D . pembakaran
E . pengendapan
Kunci : B
Penyelesaian :
Pada bagian X merupakan tahap respirasi dari bakteri, tumbuhan hijau, hewan, dan
perombak ke atau dari udara.

Berikut ini yang berperan sebagai konsumen I pada komunitas kolam adalah ........
A . ikan kecil karena memakan Plankton.
B . plankton karena menduduki tingkat tropi I.
C . fitoplankton karena merupakan pengkonsumsi energi matahari yang pertama.
D . ikan besar karena memakan ikan kecil.
E . fitoplankton karena berada pada urutan pertama rantai makanan untuk tingkat
komunitas kolam.
Kunci : A
Penyelesaian :
Pada komunitas kolam terjadi rantai makanan seperti di bawah ini :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 3
Plankton ikan kecil ikan sedang ikan besar pengurai.
Produsen Konsumen I Konsumen II Konsumen III Pengurai

Pada sungai yang alirannya lambat airnya akan menjadi subur sekali untuk pertumbuhan
ganggang dan tanaman pengganggu lainnya, keadaan ini disebut eutrofikasi. Peristiwa ini
disebabkan oleh ........
A . kelebihan CO2 dan SO2 hasil dari pelapukan sampah organik.
B . kekurangan dekomposer yang akan membusukkan sampah buangan.
C . timbunan bahan anorganik hasil penguraian sampah organik dan polutan.
D . sampah organik yang tidak mampu terurai oleh mikroorganisme.
E . limbah minyak tanah menutupi lapisan permukaan perairan dan mematikan
mikroorganisme.
Kunci : C
Penyelesaian :
Pada air sungai, mengandung banyak unsur hara yang larut di dalamnya yang merupakan
hasil pembusukan dari bahan organik. Keadaan ini membuat tumbuhan yang hidup di air
dan tumbuhan di sekitarnya menjadi subur (eutrofikasi).

Usaha-usaha berikut yang tidak termasuk melestarikan Sumber Daya Alam hayati
adalah........
A . mendaur ulang penggunaan tembaga.
B . menjaga habitat asli hewan-hewan tertentu.
C . memelihara kebun botani.
D . melakukan penghijauan di hutan-hutan.
E . mencegah polusi.
Kunci : A
Penyelesaian :
Sumber Daya Alam dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Hayati : berasal dari makhluk hidup. Contoh: Flora, fauna, mikroorganisme
2. Nonhayati : berasal dari benda tak hidup. Contoh: besi, tembaga, minyak
Jadi yang tidak termasuk usaha melestarikan Sumber Daya Alam adalah mendaur ulang
penggunaan tembaga.

Ditemukan jaringan dengan ciri-ciri sebagai berikut :
- bentuk pipih, kubus atau silindris.
- terletak pada permukaan organ.
- berfungsi proteksi, sekresi.
Jaringan yang dimaksud adalah ........
A . saraf
B . epitel
C . otot
D . lemak
E . ikat
Kunci : B
Penyelesaian :
Sifat/bentuk jaringan epitel :
- Berbentuk pipih, kubus atau silindris.
- Terletak pada permukaan organ.
- berfungsi sebagai pelindung (proteksi) dan juga sekresi.

Organ yang membangun sistem ekskresi adalah ........
A . pankreas, paru-paru, kulit, usus besar.
B . hati, usus halus, pankreas, kulit.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 4
C . ginjal, paru-paru, usus besar, kulit.
D . usus besar, hati, pankreas, ginjal.
E . kulit, paru-paru, hati, ginjal.
Kunci : E
Penyelesaian :
Ekskresi : proses pengeluaran sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh
tubuh. Yang termasuk organ ekskresi adalah ginjal, paru-paru, hati, dan kulit

Perhatikan gambar penampang melintang daun di bawah ini!
Jaringan yang berlabel X mempunyai fungsi untuk ........
A . penyokong dan penguat.
B . mengangkut hasil fotosintesis.
C . menunjang jaringan yang lain.
D . mengangkut air dan garam mineral.
E . pelindung jaringan yang lain.
Kunci : D
Penyelesaian :
Bagian X adalah Xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari tanah
ke daun.

Perhatikan gambar berikut ini!
Pada bagian X terjadi proses ........
A . pendewasaan sel
B . perpanjangan sel.
C . perbanyakan sel.
D . diferensiasi sel.
E . pertumbuhan primer dan sekunder.
Kunci : B
Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2005

Perhatikan tabel berikut ini !
Pasangan yang sesuai antara hormon dengan fungsinya adalah ........
A . 1 dan T
B . 2 dan R
C . 3 dan Q
D . 4 dan P
E . 5 dan S
Kunci : D
Penyelesaian :
Hormon Etilen : merupakan hormon yang dihasilkan oleh buah yang sudah tua.
Jika buah yang sudah tua masih belum masak dan dipetik, kemudian ditutup karung, atau
plastik, maka akan cepat masak.
Pasangan yang tepat pada tabel adalah 4 dan P
18 . Pada hewan setelah telur dibuahi oleh sperma terbentuklah zigot yang akan berkembang
secara bertahap melalui beberapa fase. Pada fase gastrulasi terjadi proses ........
A . pembelahan sel terus menerus sehingga terbentuk massa sel berbentuk seperti bola.
B . pembentukan massa sel seperti bola yang mempunyai rongga berisi cairan.
C . pembentukan massa sel yang berbeda-beda sehingga terbentuk 3 lapisan sel yang
tidak sama.
D . perubahan mesoderm menjadi bentuk awal sebuah organ.
E . pembentukan jaringan berbentuk seperti bola padat yang mempunyai kutub
berbeda.
Kunci : C
Penyelesaian :
Gastrulasi merupakan proses perubahan dari proses blastula menjadi gastrula. Setelah
jadi embrio, dinding terdiri atas tiga lapisan (tripoblastik) yaitu : ektoderm, mesoderm, dan
endoderm. Hewan yang termasuk tripoblastik : cacing, bintang laut, serangga, siput,
vertebrata

Jika persendian pada gambar di bawah ini digerakkan, akan menimbulkan gerakan........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 6
A . satu arah
B . menggeliat
C . berporos dua
D . dua arah
E . ke segala arah
Kunci : E
Penyelesaian :
Gambar sendi pada soal termasuk sendi peluru yang memungkinkan gerakan bebas ke
segala arah. Sendi peluru ini terdapat pada tulang paha dan pinggul, lengan atas dan tulang
belikat.

Pengangkutan air dan mineral-mineral tanah dari lapisan korteks menuju lapisan
endodermis terjadi karena ........
A . tekanan akar
B . daya kapilaritas
C . daya hisap daun
D . difusi dipermudah
E . transpor aktif
Kunci : E
Penyelesaian :
Transpor aktif : pengangkutan molekul dan ion melalui membran sel melawan gradien
konsentrasi yang memerlukan energi.

Perhatikan gambar berikut ini!
Yang berlabel X berfungsi ........
A . membawa O2 dan sari makanan ke jaringan tubuh.
B . membawa O2 dan sari makanan ke jantung.
C . membawa CO2 dan sisa metabolisme ke jantung.
D . memompakan darah ke insang.
E . memompakan darah ke jantung.
Kunci : A
Penyelesaian :
CO2 pada kapiler insang dilepaskan, sedangkan O 2 diserap oleh kapiler insang. Dan
kapiler insang darah mengalir dalam aorta dorsal, yang cabang-cabangnya
mendistribusikan darah ke kapiler-kapiler di seluruh tubuh untuk memberikan O 2 dan sari
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 7
makanan kepada sel-sel tubuh.
22 . Pernyataan berikut yang benar tentang sistem pembuluh limfe adalah ........
A . pembuluh limfe merupakan sistem peredaran terbuka.
B . gerak cairan limfe disebabkan oleh adanya denyut jantung.
C . pembuluh limfe bergabung dengan pembuluh arteri.
D . pembuluh limfe tidak memiliki klep.
E . cairan limfe banyak mengandung sari makanan.
Kunci : A
Penyelesaian :
Aliran getah bening (limfe) tidak selalu di dalam pembuluh sehingga disebut peredaran
terbuka. Cairan getah bening yang berasal dari plasma,darah, alirannya tidak sekuat aliran
darah, karena hanya didorong oleh kontraksi otot yang berada di sekitar pembuluh getah
bening. Ada dua macam pembuluh, yaitu duktus toraksikus dan duktus limfatikus dekster.
23 . Seseorang yang menderita sakit akibat infeksi virus akan mengalami ........
A . peningkatan jumlah neutrofil dan makrofag untuk memakan virus.
B . peningkatan jumlah limfosit untuk membuat antibodi.
C . penurunan jumlah limfosit karena berinteraksi dengan toksin.
D . penurunan jumlah neutrofil dan makrofag karena banyak yang mati.
E . penurunan jumlah leukosit untuk merespon antigen.
Kunci : B
Penyelesaian :
Jika seseorang terkena infeksi virus, biasanya badan jadi panas, hal ini disebabkan adanya
perlawanan dari tubuh untuk melawan virus dengan cara peningkatan jumlah limfosit untuk
membuat antibodi.

Berikut adalah hasil uji zat makanan terhadap sejenis bahan makanan.
Berdasarkan data dalam tabel secara berurutan 1, 2, dan 3 dapat disimpulkan ........
A . protein, glukosa, amilum
B . amilum, glukosa, protein
C . amilum, protein, glukosa
D . glukosa, amilum, protein
E . protein, amilum, glukosa
Kunci : B
Penyelesaian :
Jika bahan makanan ditetesi reagen tertentu akan membentuk warna tertentu sebagai
indikator mengandung zat tertentu.
Urutan yang benar :
1. Amilum 2. Glukosa 3. Protein

Pernyataan yang bukan merupakan gejala akibat kekurangan vitamin A adalah ........
A . rabun senja (hemeralopia)
B . kerusakan epitel kulit.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 8
C . gangguan pada metabolisme zat kapur.
D . kerusakan kornea mata.
E . pendarahan pada selaput lendir usus.
Kunci : C
Penyelesaian :
Vitamin A atau retinol antiseroftol, memiliki fungsi dalam regenerasi rodopsin dan
pertumbuhan epitel. Jika kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan xeroftalmi,
keratinisasi, hemeralopi, kulit kaki bersisik, pendarahan selaput lendir usus.
Jawaban yang bukan akibat kekurangan vitamin A adalah Gangguan pada metabolisme zat
kapur.


Faktor yang menyebabkan larutan berwarna bergerak masuk ke arah kecambah
karena........
A . O2 digunakan untuk respirasi dan CO 2 diikat oleh NaOH.
B . O2 dan CO2 digunakan untuk fotosintesis oleh kecambah.
C . O2 dan NaOH diserap oleh kecambah untuk respirasi.
D . CO2 diserap oleh kecambah dan NaOH diikat oleh O 2.
E . CO2 dan NaOH diserap oleh kecambah untuk fotosintesis,
Kunci : A
Penyelesaian :
Fungsi NaOH yaitu untuk mengikat CO2 yang dihasilkan oleh kecambah, sehingga
tekanan CO2 dalam botol tetap kecil sedangkan O 2 yang ada di dalam botol tetap bisa
diserap oleh kecambah, akibatnya larutan berwarna tertarik maju mendekati kecambah.

Bila hati tidak mampu menghasilkan empedu, maka akan menimbulkan gangguan
pada........
A . pencernaan lemak
B . pencernaan karbohidrat
C . pencernaan protein
D . kadar gula darah
E . kadar kolesterol darah
Kunci : A
Penyelesaian :
Empedu merupakan zat yang dihasilkan hati untuk mencernakan lemak. Zat warna empedu
bilirubin dan biliverdin merupakan hasil pengubahan dari hemin (haemoglobin), sedangkan
globin digunakan untuk metabolisme protein dan pembentukan Hb.

Sistem pernafasan pada manusia disusun oleh beberapa organ, bagian yang paling efektif
untuk terjadi difusi oksigen dan karbondioksida adalah ........
A . rongga hidung
B . larings
C . pleura
D . alveolus
E . trakeolus
Kunci : D
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 9
Penyelesaian :
Oksigen yang berada di darah masuk ke kapiler darah di alveolus, kemudian O 2 diikat
oleh haemoglobin untuk diangkut ke sel-sel tubuh.

Perhatikan gambar Apefridium di bawah ini!
Bagian bertanda X berfungsi menyerap sisa-sisa metabolisme, dan bagian itu disebut
nefrostom. Alat tersebut terdapat pada ........
A . cacing pita (Taenia solium)
B . cacing hati (Fasciola hepatica)
C . cacing tambang (Anchylostoma doedenale)
D . cacing perut (Ascaris lumbricoides)
E . cacing tanah (Lumbricus terrestris)
Kunci : E
Penyelesaian :
Nefrostom, merupakan lubang dalam saluran (selon) yang berfungsi menyerap sisa
metabolisme dan berperan sebagai alat ekskresi pada cacing tanah (Lumbricus terrestris

30 . Manakah pasangan yang sesuai antara organ dan zat yang dihasilkannya?
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : C
Penyelesaian :
Bilirubin dan biliverdin merupakan zat warna empedu di mana empedu dihasilkan oleh hati,
sedangkan urea merupakan basil dari uraian arginin di dalam hati.
31 . Fungsi neuron sensorik pada lengkung refleks lutut adalah ........
A . menyampaikan impuls ke otak depan.
B . menyampaikan impuls ke sumsum tulang belakang.
C . menyampaikan impuls ke efektor.
D . menyampaikan impuls ke reseptor.
E . sebagai saraf penghubung di dalam pusat saraf.
Kunci : B
Penyelesaian :
- Neron sensorik : berfungsi menerima impuls yang datang dan menyampaikannya
ke neron asosiasi yang berada di otak ataupun di sumsum tulang belakang.
- Neron asosiasi : menghubungkan neron sensorik dengan neron motorik.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 10
- Neron motorik : mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot (efektor).
- Lengkung refleks : merupakan jalan terpendek atau jalan pintas yang
dilakukan untuk gerak refleks.
32 . Hubungan antara fungsi saraf dan organnya yang sesuai adalah ........
A . saraf parasimpatik mempercepat denyut jantung.
B . saraf parasimpatik melebarkan pupil mata.
C . saraf parasimpatik memacu proses pencernaan
D . saraf simpatik melebarkan arteri.
E . saraf parasimpatik melebarkan bronkiolus.
Kunci : C
Penyelesaian :
Salah satu fungsi saraf parasimpatik yaitu menstimulasi sekresi kelenjar pencernaan,
sehingga memacu pada proses pencernaan.
33 . Manakah hormon berikut ini yang dapat menebalkan dinding uterus ?
A . FSH
B . prostalglandin
C . progesteron
D . relaksin
E . oksitosin
Kunci : C
Penyelesaian :
Fungsi Progresteron untuk menyempurnakan endometrium pada dinding uterus.
Sedangkan pilihan yang lainnya :
- FSH untuk merangsang perkembangan. folikel, bersama LH merangsang
sekresi estrogen dan ovulasi.
- Oksitosin: membantu proses kelahiran.
- Prostalglandin : dihasilkan oleh kelenjar di mana fungsinya sama dengan oksitosin.
- Relaksin: dihasilkan oleh plasenta, fungsinya untuk mengendurkan otot dinding rahim.
34 .
Bagian yang berlabel A pada gambar telinga di atas adalah ........
A . sanggurdi
B . kokhlea
C . tingkap oral
D . landasan
E . kanalis semisirkularis
Kunci : E
Penyelesaian :
Gambar berlabel A adalah tiga saluran setengah lingkaran (kanalis semisirkularis) : Sakulus,
utrikulus, dan ampula yang merupakan organ keseimbangan dan terdapat di dalam rongga
vestibulum pada telinga dalam.
35 . Gambar alat perkembangbiakan tumbuhan di bawah ini menunjukkan cara pemencaran
tumbuhan ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 11
A . tuber
B . rhizoma
C . stolon
D . tunas adventif
E . umbi
Kunci : B
Penyelesaian :
Gambar di atas termasuk jenis tumbuhan rhizoma dimana perkembangbiakannya dilakukan
dengan cara batang yang menjalar di dalam tanah. Contohnya : alang-alang, kunyit, dan
lengkuas
36 . Saluran reproduksi internal pada laki-laki yang berfungsi untuk pemasakan sperma
adalah........
A . epididimis
B . tubulus seminifterus
C . vesicula seminalis
D . kelenjar prostat
E . vas deferens
Kunci : A
Penyelesaian :
Spermatozoa yang sudah terbentuk, meninggalkan testis melalui saluran dan masuk ke
epididemis, di epididemis spermatozoa tinggal hingga menjadi masak. Kemudian masuk ke
vas deferens, bercampur dengan getah dari kelenjar prostat.
37 . Bagian yang berlabel X, Y, Z pada gambar struktur membran berikut adalah ........
A . lipida, glikolipida, protein
B . protein, glikolipida, lipida
C . glikolipida, protein, lipida
D . glikoprotein, lipida, protein
E . glikoprotein, protein, lipida
Kunci : C
Penyelesaian :
Urutan nama yang benar glikolipida (X), protein (Y), lipida (Z).
Membran sel tersusun atas: satu lapisan protein dan dua lapisan lemak.
Ada dua macam protein :
1. Protein perifer/ekstrinsik: protein yang terdapat di permukaan luar membran.
2. Protein instrinsik/integral: protein yang terdapat di dalam membran.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 12
Fosfolipid, adalah molekul amfilik, di mana setiap molekul mengandung "kepala" yang
hidrofilik dan "ekor" yang hidrofobik (takut air).
38 . Pada proses fotosintesis CO2 masuk ke dalam sel-sel daun secara ........
A . absorbsi
B . difusi
C . imbibisi
D . osmosis
E . tanspor aktif
Kunci : B
Penyelesaian :
- Difusi: proses mengalirnya suatu zat dari hipertonis ke hipotonis.
Tekanan CO2 di luar lebih tinggi daripada di dalam sel sehingga
CO2 masuk ke sel.
- Absorpsi : penyerapan zat makanan oleh sel.
- Imbibisi (imbibire = minum) : masuknya air ke sel.
- Osmosis: proses mengalirnya molekul dari hipotonis ke hipertonis melalui
selaput semipermeabel.
- Transpor aktif: proses aliran zat/molekul yang melawan gradien konsentrasi
dengan menggunakan energi.
39 . Perhatikan fase pembelahan berikut!
Gambar I dan II secara berurutan adalah pembelahan sel secara mitosis yang berada pada
fase ........
A . anafase-profane
B . anafase-telofase
C . profase-anafase
D . profase-metafase
E . interfase-metafase
Kunci : D
Penyelesaian :
Mitosis adalah proses pembelahan sel dari satu sel induk membelah diri menjadi dua sel
anak yang bersifat identik dengan induknya. Tahap-tahapannya:
1. Profase
Membran inti menghilang, benang kromatin memendek dan menebal membentuk
kromatid.
2. Metafase
Kromatid terletak di bidang ekuator, lengan kromatid membelah jadi dua,
benang spindel tampak semakin jelas
3. Anafase.
Masing-masing kromosom ditarik oleh benang spindel menuju ke kutub berlawanan.
4. Telofase
Kromosom sudah berada di kutub masing-masing, semakin lama kromosom
semakin menipis membentuk benang kromatin, terbentuk membran nukleus,
terbentuk nukleolus, pada bidang equator plasma terbagi menjadi dua,
terbentuk dua sel anak identik.
5. Interfase.
Merupakan fase antarmitosis dan terjadi metabolisme sel.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 13
40 . Pada pembelahan meiosis terjadi peristiwa berikut :
- Pemisahan kromatid yang membentuk kromosom.
- Gerakan kromatid ke kutub-kutub yang letaknya berlawanan.
Peristiwa tersebut terjadi pada tahap ........
A . metafase I
B . telofase I
C . anafase I
D . metafase II
E . anafase II
Kunci : E
Penyelesaian :
Meiosis (pembelahan reduksi) : merupakan pembelahan sel yang menghasilkan sel anak
dengan jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induk.
A. Meiosis 1 : 1. Profase I
a. Leptoten d. Diploten
b. Zigoten e. Diakinesis
c. Pakiten
2. Metafase I
3. Anafase I
4. Telofase I
B. Meiosis II : 1. Profase II
2. Metafase II
3. Anafase II
4. Telofase II
41 . Pada gambar oogenesis di bawah ini, no. 1, 2, 3 adalah ........
A . oosit primer
B . oosit sekunder
C . ovum
D . oogonium
E . polosit
Kunci : E
Penyelesaian :
Proses oogenesis berlangsung di ovarium, diawali dengan pembelahan sel induk
(oogonium), menghasilkan oosit primer. Oosit primer menghasilkan dua sel yang ukurannya
berbeda, yang besar disebut oosit sekunder, yang kecil disebut badan polar pertama.
Oosit sekunder membelah jadi dua yang tidak sama besar, yang besar disebut ootid (calon
ovum) yang kecil badan kutub (polosir). Badan polar pertama juga membelah jadi dua sel
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 14
yang berukuran kecil (polosit).
42 . Manakah pernyataan di bawah ini yang merupakan sifat enzim?
A . mempercepat semua reaksi kimia.
B . spesifik pada substrat tertentu, suhu tertentu.
C . sebagai biokatalisator, karena ikut bereaksi.
D . hanya mempercepat reaksi metabolisme.
E . tahan terhadap suhu yang tinggi karena terdiri dari protein.
Kunci : B
Penyelesaian :
Ciri-ciri enzim:
- Nama enzim biasanya sesuai dengan nama bahan yang diproses (tidak semua)
- Berfungsi sebagai katalisator
- Spesifik, bekerja pada suhu tertentu dan substrat tertentu, satu enzim untuk satu substrat.
43 . Tempat berlangsungnya dan jumlah ATP yang dihasilkan pada tahapan transpor elektron
adalah ........
A . mitokondria, 2 ATP
B . sitoplasma, 2 ATP
C . mitokondria, 6 ATP
D . sitoplasma, 34 ATP
E . mitokondria, 34 ATP
Kunci : E
Penyelesaian :
Jumlah ATP yang dihasilkan seluruhnya dari proses respirasi adalah 38 ATP, dengan
rincian :
1. Glikolisis 2 ATP
2. Siklus Krebs 2 ATP
3. Transpor elektron 34 ATP
38 ATP
Transpor elektron 34 ATP berasal dari :
- Glikolisis : 2 NADH2 = 6 ATP
- Dekarboksilasi oksidatif : 2 NADH2 = 6 ATP
- Siklus Krebs : 6 NADH2 = 18 ATP
2 FAD = 4 ATP
34 ATP
44 . Berikut ini tempat proses dan hasil akhir dalam 3 tahapan respirasi :
1. dalam matriks mitokondria 5. dengan bantuan sitokrom
2. 34 ATP 6. 2 ATP
3. dalam sitosol 7. dihasilkan H2O
4. dihasilkan CO2 8. asam piruvat
Tempat, proses, dan produk pada 2 tahapan respirasi berikut ini adalah ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 15
Kunci : D
Penyelesaian :
45 . Perbedaan yang terlihat pada fermentasi asam laktat dengan fermentasi alkohol ialah
bahwa fermentasi alkohol ........
A . prosesnya membutuhkan oksigen
B . ATP yang dihasilkan jumlahnya lebih banyak.
C . terjadi tanpa bantuan mikroorganisme.
D . senyawa yang dihasilkan berasal dari asam asetat.
E . tidak dibutuhkan tambahan elektron.
Kunci : E
Penyelesaian :
Reaksinya :
C3H6O3 C2H5OH + CO2
Fermentasi alkohol tidak membutuhkan tambahan elektron.
46 . Perhatikan gambar sebuah kloroplas!
Tempat berlangsungnya pembentukan glukosa sebagai produk akhir fotosintesis terjadi
pada bagian yang bernomor ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : D
Penyelesaian :
Kantong tilakoid yang berlapis membentuk grana dan terjadi pengubahan energi cahaya
menjadi energi kimia. Sedangkan produk akhir dan fotosintesis dalam pembentukan
glukosa berlangsung di stroma.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 16
47 .
Berdasarkan gambar percobaan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dari proses
tersebut ........
A . diperlukan H2O dan hydrilla
B . diperlukan cahaya dan air
C . diperlukan CO2 dan cahaya
D . diperlukan cahaya dan O 2
E . dihasilkan O2 + air
Kunci : C
Penyelesaian :
6 CO2 + 6 H2O C6H12O6 + 6 O2
Diperlukan CO2 dan energi cahaya untuk menghasilkan O 2
48 . Diketahui salah satu rantai DNA dengan urutan basa N = GCTAGGCTA. Urutan basa
NN yang terdapat pada RNA-d yang dibentuk oleh rantai.DNA tersebut di atas
adalah........
A . GCTAGGCTA
B . CGATCCGAT
C . CGAUCCGAU
D . GCUAGGCUA
E . TAGCTTAGC
Kunci : C
Penyelesaian :
Proses sintesa protein, berlangsung dalam tiga tahap :
1. Replikasi : DNA menggandakan diri
2. Transkripsi: DNA membentuk d-RNA (sebagai kodon)
3. Translasi: d-RNA masuk ke ribosom dengan membawa kode genetika (triplet) dan
terjadi penterjemahan kode genetika oleh t RNA (sebagai antikodon).
49 . Gambar satu nukleotida dengan 3 titik basa (triple point base) pada DNA.
Komponen yang menyusun nukleotida pada gambar tersebut adalah ........
A . 1= PO4
-3; 2 = Deoxyribosa; 3, 4, 5 = Basa Nitrogen.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 17
B . 1= PO4
-3; 2 = Ribosa; 3, 4,_.5 = Basa Nitrogen.
C . 1= PO4
-3; 2 = Basa Nitrogen; 3, 4, 5 = Deoxyribosa.
D . 1= PO4
-3; 2 = Basa Nitrogen; 3, 4, 5 = Ribosa.
E . 1= PO4
-3; 2 = Deoxyribosa; 3, 4, 5 = Ribosa
Kunci : A
Penyelesaian :
Menurut Francis Crick, model DNA seperti tangga tali terpilin yang tersusun atas : Fosfat -
Gula deoxyribosa - basa nitrogen
Keterangan : 1 = Phospat
2 = Gula deoxyribosa
3, 4, 5 = Basa nitrogen
50 . Perbedaan antara RNA dan DNA yang benar adalah ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : C
Penyelesaian :
RNA : merupakan rantai tunggal yang tersusun atas sebuah gula pentosa yang berupa
ribosa dengan gugus hidroksil pada atom C nomor 2.
DNA: merupakan rantai berbentuk tangga tali terpilin yang tersusun atas sebuah gula
pentosa berupa deoxyribosa di tengah, phosphat di luar, basa N di dalam.
51 . Kuning dalam keadaan homozigot letal (KK), perkawinan tikus jantan berbulu kuning (Kk)
dengan tikus betina berbulu kuning (Kk) mempunyai 60 anak yang semuanya sudah
beranjak dewasa, Kemungkinan sifat genotif dari ke-60 anak tikus tersebut adalah........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 18
A . kk
B . Kk
C . KK
D . kk dan Kk
E . k, Kk, dan KK
Kunci : D
Penyelesaian :
P : Kk X Kk
( kuning) ( kuning)
F : 1 KK (lethal)
2 Kk
1 kk
52 . Warna bulu pada kelinci ditentukan oleh alela ganda dengan urutan dominasi
C > c ch > C H > C
C = kelabu c H = himalaya
c cH = chincila c = albino
Perkawinan kelinci kelabu Cc dengan Cc cH akan menghasilkan keturunan ........
A . kelabu : chincila : albino = 1 : 2 : 1
B . kelabu : chincila : albino = 2 : 1 : 1
C . kelabu : chincila : albino= 1 : 1 : 2
D . cincila : albino = 2 : 2
E . kelabu : chincila = 3 : 1
Kunci : E
Penyelesaian :
P : Cc X Cc cH
1 CC Kelabu
1 Cc cH Kelabu
1 Cc Kelabu
1 cc cH chincila
Perbandingan Kelabu : Chincila = 3 : 1
53 . Seorang murid menderita penyakit keturunan. Murid tersebut memiliki silsilah keluarga
sebagai berikut :
Berdasarkan gambar silsilah, penyakit tersebut disebabkan oleh ........
A . gen resesif pada autosom.
B . gen dominan pada autosom.
C . gen resesif pada kromosom-x
D . gen dominan pada kromosom-x
E . gen pada kromosom-y
Kunci : C
Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 19
Sifat yang diturunkan dari induk kepada keturunannya dibawa oleh gen. Ada gen yang
membawa sifat dominan dan ada gen yang membawa sifat resesif, ada yang terpaut sex
ada yang tidak terpaut sex.
54 . Berikut ini gambar mutasi gen :
Berdasarkan gambar di atas, tipe mutasi yang terjadi dinamakan ........
A . translokasi
B . transversi
C . transisi
D . inversi
E . delesi .
Kunci : E
Penyelesaian :
Beberapa tipe kerusakan kromosom:
1. Delesi: hilangnya salah satu segmen kromosom
2. Inersi: perubahan urutan letak gen
3. Translokasi: potongan kromosom pindah lokasi, akibatnya ada kromosom
yang kelebihan gen dan ada yang kekurangan gen.
55 . Hal-hal berikut merupakan petunjuk adanya evolusi, kecuali ........
A . anatomi perbandingan yang bersifat analog.
B . anatomi perbandingan yang bersifat homolog.
C . embriologi perbandingan berbagai hewan.
D . data fosil pada berbagai lapisan batuan.
E . domestikasi dengan perkawinan silang.
Kunci : E
Penyelesaian :
Petunjuk adanya evolusi:
- adanya perubahan secara berangsur-angsur fosil dari lapisan bumi
- tidak ada dua individu yang sama dalam satu keturunan
- adanya embriologi perbandingan
- homologi dan analogi anatomi tubuh
Yang bukan petunjuk evolusi adanya domestikasi dengan perkawinan silang.
56 . Hewan dan daerah sebarannya pada tabel ini yang paling tepat adalah ........
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 20
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : D
Penyelesaian :
Daerah biogeografi oriental, meliputi wilayah: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi,
Filipina, India, Srilanka. Macam hewannya burung merak, gajah, badak, siamang, orang
utan, harimau, unggas hutan.
57 . Hal berikut yang merupakan keuntungan pembuatan bibit unggul dengan penyinaran radio
aktif (mutasi) adalah ........
A . prosesnya pendek
B . hasilnya pasti
C . prosesnya aman
D . tidak timbul kerusakan
E . sifat unggul diwariskan.
Kunci : A
Penyelesaian :
Mutasi dengan cara penyinaran radioaktif, termasuk mutasi induksi. Prosesnya lebih cepat
dibanding secara alami.
58 . Hubungan yang sesuai antara organisme dengan produk yang dihasilkannya dalam usaha
meningkatkan nilai tambah bahan adalah ........
A . 1
B . 2
C . 3
D . 4
E . 5
Kunci : C
Penyelesaian :
- Saccharomyces cereviceae (ragi) : untuk pembuatan roti atau tape
- Rhizopus oryzae: untuk pembuatan tempe
- Aspergillus oryzae: untuk pembuatan sake
- Penicilium requeforti: untuk pembuatan keju,
dapat menurunkan kadar kasein pada keju
- Streptococcus lactis: untuk pembuatan mentega dari lemak susu.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 21
59 . Manfaat kultur jaringan adalah untuk memperoleh ........
A . hasil yang bervariasi dari tanaman jenis unggul.
B . keturunan yang sifatnya unggul dalam jumlah besar.
C . tanaman jenis baru yang tahan lama.
D . individu baru dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat.
E . individu baru yang cepat berkembang biak.
Kunci : D
Penyelesaian :
Kultur jaringan, merupakan usaha perbanyakan tanaman secara vegetatif yang ditanam
dalam suatu media. Manfaat kultur jaringan antara lain:
- Mendapatkan bibit banyak dalam waktu singkat
- Keturunan identik dengan induknya.
60 . Permasalahan-permasalahan berikut dapat diatasi dengan rekayasa genetika, kecuali ........
A . membentuk sifat baru pada organisme tertentu.
B . membentuk enzim baru pada organisme tertentu.
C . mengobati penyakit infeksi baru pada organisme tertentu.
D . membentuk kemampuan baru pada organisme tertentu.
E . mencegah munculnya penyakit keturunan baru pada organisme tertentu.
Kunci : C
Penyelesaian :
Yang tidak dapat diatasi dengan rekayasa genetika adalah mengobati penyakit infeksi baru
pada organisme tertentu.
Ebtanas/Biologi/Tahun 2002 22

Senin, 04 April 2011

MENGELOLA KOMPOS DI SMK N 1 SEMARANG


PROSEDUR
MENGELOLAH SAMPAH

1. Pisahkan sampah
Organik dan Anorganik





Ini sampah Anorganik











Ini sampah Organik
yang akan olah.










2. Masukan sampah
Organik ke kantong
plastik.

kurang lebih 3/4
dari volume plastik











Anak-anak kelas X-TP-2
sedang memasukan sam
pah dalam kantong plastik















Seorang siswa ini sedang action
memasukan sampah dikantong
plastik.






Gitu saja action !





























3. Cairkan larutan EM dalam ember
setiap 1 liter air untuk 2 sendok EM





Mereka semua sedang menuangkan
larutan EM dalam kantong plastik














Mereka berhati-hati
agar tidak tumpah






















Usahakan semua sampah kena
larutan EM.















4. Kemudian kantong
kantong tsb. masukan
dalam Bak A.
sampai 6 minggu - 3 bulan

Ini dinamakan
PROSES INKUBASI









Ayo lakukan terus !
sebanyak mungkin,






































6. Setelah 3 bulan
kita bongkar dan jemur
sampai kering.

Kemudian digiling sampai
halus.












anak-anak lagi asyik
membongkar dan menjemur
































diratakan dijemur

































7. Setelah kering dan di
haluskan kemudian
ayak.







Mereka semua sedang
mengayak












Ayo ayak terus
sampai halus.











































8. Kemudian dipaking
dalam plastik
dengan ditimbang
setiap kantong plastik
2 Kg.






























Mereka menumpuk hasil
panen yang diperoleh.















9. Siap dipasarkan.













Kompos .... kompos ......
Ayo siapa beli






 




PENGOLAHAN SAMPAH
DI SMK NEGERI 1  SEMARANG




IMG_4926



























oleh :

GURU MAPEL ILMU PENGETAHUAN ALAM
SMK NEGERI 1 SEMARANG








 



              








            Daftar isi :


           
               1.   Halaman judul   ....................................................................................          1
               2.   Daftar isi   ............................................................................................           2
               3.   Pengertian sampah  .............................................................................          3
               4.   Karakteristik sampah di Sekolah  ........................................................          3
               5.   Pengolahan sampah  ..........................................................................           4
               6.   Komposting di SMK Negeri 1 Semarang  ...........................................          4
               7.   Fungsi pembuatan kompos   ..............................................................           7
               8.   Hal-hal yang harus dihindari   ............................................................            7
















1.  Pengertian Sampah

Sampah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan [manusia] yang berwujud padat [baik berupa zat organik maupun anorganik yang bersifat dapat terurai maupun tidak terurai] dan dianggap sudah tidak berguna lagi [sehingga dibuang ke lingkungan]. Alam tidak mengenal sampah, yang ada hanyalah daur materi dan energi. Hanya manusia yang menyampah [mengakibatkan munculnya sampah].

Segala macam organisme yang ada di alam ini selalu menghasilkan bahan buangan, karena tidak ada proses konversi yang memiliki efisiensi 100%. Sebagian besar bahan buangan yang dihasilkan oleh organisme yang ada di alam ini bersifat organik [memiliki ikatan CHO, bagian tubuh makhluk hidup]. Sampah yang berasal dari aktivitas manusia yang dapat bersifat organik maupun anorganik. Contoh sampah organik adalah: sisa-sisa bahan makanan, kertas, kayu dan bambu. Sedangkan sampah anorganik [hasil dari proses pabrik] misalnya: plastik, logam, gelas, dan karet.

Ditinjau dari kepentingan kelestarian lingkungan, sampah yang bersifat organik tidak begitu bermasalah karena dengan mudah dapat dirombak oleh mikrobia menjadi bahan yang mudah menyatu kembali dengan alam. Sebaliknya sampah anorganik sukar terombak dan menjadi bahan pencemar.

Pencemaran lingkungan umumnya berasal dari sampah yang melonggok  pada suatu tempat penampungan atau pembuangan. Perombakan sampah organik dalam suasana anaerob [miskin oksigen] akan menimbulkan bau tak sedap. Makin tinggi kandungan protein dalam sampah, makin tak sedap bau yang ditimbulkan. Dampak lain karena timbunan sampah dalam jumlah besar adalah lingkungan yang kotor dan pemandangan yang kumuh.

Timbunan sampah menjadi sarang bagi vektor dan penyakit. Tikus, lalat, nyamuk akan berkembang biak dengan pesat. Ruang yang ada dicelah-celah sampah dapat berupa ban, kaleng bekas, kardus, dan lain-lain merupakan hunian yang ideal bagi tikus. Lalat pada umumnya berkembangbiak pada sampah organik, terutama pada sampah yang banyak mengandung protein, seperti sisa makanan.  Suasana yang lembab dan hangat sangat cocok untuk habitat nyamuk. Sampah organik menyediakan sumber makanan yang melimpah bagi mereka.


2.  Karakteristik sampah di Sekolah

Sekolah sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah terbesar selain pasar, rumah tangga, industri dan perkantoran. Secara umum sampah dapat dipisahkan menjadi :
1.    Sampah organik/mudah busuk  berasal dari: sisa makanan, sisa sayuran dan kulit buah-buahan, sisa ikan dan daging, sampah kebun (rumput, daun dan ranting).
2.    Sampah anorganik/tidak mudah busuk berupa : kertas, kayu, kain, kaca, logam, plastik , karet dan tanah.

Sampah yang dihasilkan sekolah SMK Negeri 1 Semarang kebanyakan adalah jenis sampah dari daun-daun kering yang jumlahnya cukup banyak. Sehari petugas pembersih sampah dapat mengumpulkan 2 – 4 grobag penuh (kurang lebih 0,25 m3) karena jumlah pohon yang berukuran besar di lingkungan SMK Negeri 1 cukup banyak. Jenis sampah basah lainnya jumlahnya sangat sedikit yang dihasilkan dari kantin yang berada didalam sekolah.
Sampah kering yang dihasilkan kebanyakan berupa kertas, plastik dan sedikit logam yang berasal dari bengkel mesin dan listrik .
3.  Pengelolaan sampah


1.   Pemilahan yaitu memisahkan menjadi kelompok sampah organik dan non organik dan ditempatkan dalam wadah yang berbeda.

      2.   Pengolahan dengan menerapkan konsep 3R yaitu:
a.    Reuse (penggunaan kembali) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu yang masih memungkinkan untuk dipakai [penggunaan kembali botol-botol bekas].
b.    Reduce (pengurangan) yaitu berusaha mengurangi segala sesuatu yang dapat menimbulkan sampah serta mengurangi sampah-sampah yang sudah ada.
c.    Recycle (daur ulang) yaitu menggunakan sampah-sampah tertentu untuk diolah menjadi barang yang lebih berguna [daur ulang sampah organik menjadi kompos].

      3.   Untuk sampah yang tidak dapat ditangani dalam lingkup sekolah, dikumpulkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang telah disediakan untuk selanjutnya diangkut oleh petugas kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sampah yang dibuang ke TPS ditempatkan berdasarkan pemilahan sampah yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan karena sampah organik cepat membusuk sementara sampah non organik membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membusuk sehingga memerlukan perlakuan khusus. Untuk TPS yang sengaja disediakan oleh SMK Negeri 1 Semarang berupa bak sampah permanen yang terbuat dari batu bata bersemen dan diberi lubang yang dilengkapi dengan sistem penutup sehingga tikus, serangga, dan hewan-hewan tertentu tidak masuk ke dalamnya dan juga untuk menghindari bau dari sampah yang bisa mengganggu.

Untuk memudahkan jangkauan pembuangan di SMK Negeri 1 Semarang sudah disediakan bak-bak sampah kecil, yang berwarna hijau untuk sampah organik dan bak sampah orange untuk sampah anorganik yang ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh warga SMK Negeri 1 Semarang, sebagai tempat penampungan sampah sementara sebelum dibuang ke TPS.


4.   Komposting di SMK Negeri 1 Semarang.

Di lingkungan SMK Negeri 1 Semarang, pengelolaan sampah membutuhkan perhatian serius. Dengan komposisi sebagian besar penghuninya adalah anak-anak [warga belajar] tidak menutup kemungkinan pengelolaannya pun belum optimal. Namun juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswinya. Salah satu parameter sekolah yang baik adalah berwawasan lingkungan. Pembuatan kompos sudah diberikan kepada siswa-siwi kelas XI dari segala jurusan di sekolah kejuruan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Mereka akan belajar bagaimana sampah itu bisa bermanfaat bagi manusia bukan hanya sebagai sesuatu yang kotor dan menjijikkan. Kompos yang dihasilkan dapat digunakan untuk memupuk tanaman yang ada atau sebagi bahan campuran media tanam dalam pot.

Sampah dedaunan yang dihasilkan di SMK Negeri 1 Semarang yang jumlahnya kurang lebih 0,25 m3 per hari yang dalam 1 bulan diperkirakan berjumlah 7.5 m3, tetapi hanya kurang lebih 1/3 nya yang dapat dibuat kompos. Sedang sisanya dibuang ke TPS karena:
1.    belum ada petugas khusus yang menanganinya
2.    belum memiliki alat pemotong yang memadahi
Namun pada tahun mendatang akan diusahakan supaya proses komposting mendapat perhatian yang lebih serius.

Proses komposting di SMK Negeri 1 Semarang sbb :

a.   Petugas :
      1.   Karyawan yang bertugas pengumpul sampah.
   2.   Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dibantu dengan karyawan SMK Negeri 1 Semarang.
   3.   Siswa-siswi SMK Negeri 1 Semarang dalam kegiatan praktek.

      b.   Alat dan bahan :
            1.   dua buah bak satu untuk sampah organik (daun) dan lainnya untuk sampah anorganik.


 










            2.   dua buah bak untuk proses inkubasi (bak A dan B)
            3.   dua buah bak untuk proses panen (bak C dan D)






 










            4.   sebuah tempat untuk proses pembuatan, penjemuran, pengayakan dan pengepakan.











 









            5.   kantong plastik atau karung plastik                                                    EM
            6.   ember untuk melarutkan bioaktivator / Efektif Mikroorganisme
            7.   alat bantu lainnya seperti pengaduk, cangkul, pisau, tali rafia
            8.   Efektif Mikroorganisme (EM) sebagai bioaktivator
            9.   sampah organik berupa dedaunan kering
          10.   air, dedak (bekatul) dan gula pasir

      c.   Proses pembuatan
            1.   Potong/cacah daun dengan ukuran 2 s/d 3 cm, dengan menggunakan pisau, atau alat pemotong/perajang daun masukan dalam sebuah tempat atau kantong plastik.







 











            2.   Campurkan bekatul/dedak kedalam potongan daun tersebut.










 












            3.   Larutkan bioaktivator / Efektif Mikroorganisme kedalam ember dan tambahkan gula pasir sedikit aduk sampai merata.

            4.   Selanjutnya larutan tersebut tuangkan kedalam kantong plastik sampai daun basah semua kemudian diikat dengan tali rafia.

            5.   Masukan kedalam bak inkubasi yaitu bak A dan B Tutup rapat kantong biarkan kurang lebih 3 – 6 minggu hingga kompos matang.


 












            6.   Panen
Dilakukan setelah kompos matang. Kompos bisa saja langsung digunakan untuk memupuk tanaman-tamanan di taman atau dijual. Jika kompos akan dijual perlu diolah terlebih dahulu, seperti dijemur, dicacah, diayak dan dipaking.


5.  Fungsi pembuatan kompos

1.    Mampu menyediakan pupuk organik untuk keperluan sekolah.
2.    mengurangi tumpukan sampah organik yang berserakan di sekitar sekolah.
3.    Membantu pengelolaan sampah secara dini dan cepat.
4.    Menghemat biaya pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA)
5.    Mengurangi kebutuhan lahan tempat pembuangan sampah akhir (TPA).
6.    Menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan gangguan berupa bau, selokan macet, banjir tanah longsor serta penyakit yang ditularkan oleh serangga dan binatang pengerat.


6.  Hal-hal yang harus dihindari

      1.   Jangan membuang sampah di sembarang tempat. Membuang sampah di sembarang tempat akan mengganggu kebersihan dan keindahan lingkungan dan bisa menjadi sarang penyakit.
      2.   Jangan membuang sampah di selokan atau sungai. Membuang sampah di selokan atau sungai akan bisa mengakibatkan terjadinya bahaya banjir.
      3.   Jangan membiarkan TPS (jika ada) berada dalam kondisi terbuka. Hal ini bisa menye-babkan mudahnya kontak hewan tertentu dengan sampah yang bisa menyebabkan penyakit dan juga menyebabkan bau busuk menyebar.
      4.   Tidak melakukan pembakaran sampah disamping berbahaya bagi keselamatan sendiri juga menimbulkan polusi.


 
 
----