Rabu, 06 Oktober 2010

EKOLOGI LAUT

STUDI LINGKUNGAN 2010

KEGIATAN 1 : EKOLOGI PANTAI

Tanggal kegiatan : 16 SEPTEMBER 2010
Kelas : XII - IPA SMA Kristen YSKI
Judul kegiatan : EKOLOGI PANTAI
Tujuan : Mengenal kehidupan biota pantai Di Krakal Wonosari
Tempat kegiatan : Pantai Krakal – Wonosari
Alat dan bahan yang diperlukan :
A. Pribadi
  1. gunakan celana jeans
  2. memakai alas sepatu bekas
  3. topi / penutup kepala
  4. memakai sarung tangan karet
  5. gunakan hand body karena panas
  6. tidak menggunakan perhiasan
  7. obat pribadi bagi yang tidak tahan pusing / mabuk laut
  8. kaca mata renang kalau ada
B. Kelompok :
  1. sebuah ember plastik ukuran sedang
  2. formalin 1 liter
  3. bungkus plastik ukuran 1 kg (50 buah)
  4. linggis kecil
  5. tali rafia 50 meter
  6. pinset
  7. bambu panjang 1,5 meter (6 potong)
  8. buku paket biologi kelas X
  9. alat tulis
  10. alat pemukul
  11. karet gelang 50 buah
  12. kertas indikator PH
Cara kerja I : M.S.P
  1. buatlah kelompok, tunjuk ketuanya(tiap kelompok 4 orang).
  2. setelah sampai lokasi turunlah kelaut ambil kedalaman terdangkal 25 cm
  3. kemudian tancapkan bambu-bambu sehingga bambu berdiri kokoh.
  4. tancapkan bambu ke 2 ke arah laut dengan jarak kurang lebih 20 - 25 m dan hubungkan kedua bambu tersebut dengan tali rafia.
  5. pada ujung bambu ke 2, buatlah bujur sangkar dengan menancapkan 3 bambu lainnya. (sisi-sisinya 1 m).
  6. Kemudian tiap kelompok mengelilingi kotak bujur sangkar tersebut de-
  7. ngan peralatan yang sudah dibawa atau dipersiapkan.
  8. kemudian bersama-sama mengambil biota yang ada dalam kotak tersebut, kemudian masukan dalam ember gunakan pinset untuk mengambil, juga linggis jika biota tersebut ada didalam batu karang.
  9. ambil jenis biota sebanyak-banyaknya, dan catat dalam buku panduan.
  10. langi penelitian tersebut dengan mengambil tempat yang lain atau pindah ke lokasi lain.
  11. perhatikan gambar pada buku panduan














Cara kerja II : M.R

  1. lemparkan sebuah batu di daerah penelitian secara secara rendom, kemudian buatlah lingkaran kecil dengan berpegang tangan.
  2. carilah biota yang ada dalam lingkaran tersebut, masukan dalam ember & catat jenis perolehanya.
  3. bila perlu menyelam, gunakan kaca mata selam, linggis untuk mendongkel batu karang, pinset untuk mengambil biota yang ada didalam karang.
  4. lakukan sekali lagi dengan berpindah tempat.
  5. sesampainya di darat semua biota yang sudah diperoleh dicuci dengan formalin yang sudah dicairkan. Dengan cara ember dituang di isi dengan air tawar ½ ember saja tambahkan formalin yang sudah dibawa.
  6. 6. kemudian masukan dalam kantong plastik untuk setiap jenis biota dan diikat dengan karet gelang.
  7. kemudia plastik tersebut masukan dalam ember.
  8. baru kemudian silahkan mandi.
Tabel data :
1.cara kerja I :

No. Nama biota ( hewan ) : Frekuensi : jumlah : Keterangan :
1 ..................................... ................... ............. ...................
dst.

1.cara kerja II :
No. Nama biota ( hewan ) : Frekuensi : jumlah : Keterangan :
1 ..................................... ................... ............. ...................

Rekapitulasi data :
No. Biota ( hewan ) Frekuensi : jumlah : Keterangan :
1 .......................... ................... .............. .....................

No. Biota ( tumbuhan ) Frekuensi : jumlah : Keterangan :
1 ................................. ................... .............. ....................

Data fisik / alam pantai Krakal
Kecepatan gelombang air laut : ......................
Tinggi gelombang : ......................
Suhu udara : .....................
PH air laut : .....................
Kecepatan angin : .....................
Arah angin : ....................
Kadar garam : ....................
cuaca : ....................

KEGIATAN 2 : BIOGEOGRAFI DAN BIODIVERSITY MAKHLUK HIDUP

Tanggal kegiatan : 15 - 16 Oktober 2010
Kelas : XII - IPA SMA Kristen YSKI
Judul kegiatan : Biogeografi dan Biodiversity Makhluk Hidup
Tujuan : Mengenal penyebaran makhluk hidup di bumi
Sumber pembelajaran : Buku paket / internet

BIOGEOGRAFI

Istilah biogeografi menunjukan adanya persebaran makhluk hidup menurut daerah tertentu di bumi dan di definisikan sebagai studi yang mempelajari tentang pola penyebaran atau distribusi organisme di permukaan bumi.
Dalam mempelajari dan membahas studi ini menggunakan dua pendekatan yaitu biografi sejarah dan biografi ekologi.

Biogeografi sejarah adalah penyebaran yang di pandang dari sudut perkembangan dan evolusi kelompok organisme, iklim, migrasi, dan gerakan-gerakan bumi di masa lalu serta hubungan ekologi masa lalu dan masa sekarang. Biogeografi ekologi adalah penyebaran yang memusatkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, interaksi antar organisme, serta untuk memahami pengaruh hubungan-hubungan tersebut terhadap spesies dan takson yang ditemukan pada masa sekarang.

WILAYAH PERSEBARAN HEWAN

Berdasarkan teori Continental Driff, Continental Bridge dan Peta yang dirancang oleh Huxley , Newbigin , Beaufort dan Darlington maka dibentuk-lah 6 wilayah persebaran hewan yaitu :
  1. Neartik meliputi seluruh Amerika Utara dan Greenland.
  2. Neotropik meliputi Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko selatan
  3. Paleartik meliputi Eropa, Asia Utara termasuk jepang, Inggris,Arabia, Afganistan, Persia, Himalaya sampai bagian Utara.
  4. Australian meliputi Tasmania, New Zealand, Maluku, Sulawesi, Irian, Lombok sampai Nusa Tenggara Timur dan kepulauan Fiji.
  5. Oriental meliputi benua asia termasuk pulau Ceylon, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Taiwan dan kepulauan Filipina.
  6. Ethiophian meliputi Afrika di sebelah gurun Sahara dan Arabia bagian selatan.

1. Isilah kolom dibawah ini, dengan berdiskusi dengan teman kelompok anda !
Hewan apa saja yang ada didaerah / wilayah :
  1. Neartik : .......................................................................................................................................
  2. Neotropik : .......................................................................................................................................
  3. Paleartik : ......................................................................................................................................
  4. Australian : ......................................................................................................................................
  5. Oriental : .....................................................................................................................................
  6. Ethiophian : ......................................................................................................................................
PENYEBARAN HEWAN DI INDONESIA

Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau sekitar 17.000 pulau. Seluruh pulau membentang di wilayah katulistiwa.
Alfred Wallace membagi 2 daerah persebaran yaitu :
  1. Indonesia bagian Barat meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Bali. Alfred Wallace melihat hewan-hewan yang berada di Indonesia bagian barat sama dengan di wilayah Oriental.
  2. Indonesia bagian Timur termasuk wilayah Australian meliputi Lombok sampai NTT, Sulawesi, Maluku dan Irian.
Batas antara kedua daerah yaitu Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur dinamakan garis Wallace, yang membentang dari selat Makasar sampai selat Lombok.

2. Isilah kolom dibawah ini, dengan berdiskusi dengan teman kelompok anda !
Hewan apa saja yang ada didaerah / wilayah : Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian
Timur, dengan mengisi kolom yang sudah disediakan.

Indonesia bagian barat : Indonesia bagian timur :
........................................ ........................................

KEANEKARAGAMAN / BIODIVERSITY

Keanekaragaman hayati atau disebut dengan BIODIVERSITY ditunjukan dengan adanya beraneka ragam species makhluk hidup ( mikro organisme, tumbuhan dan hewan ), serta semua proses ekologis dalam ekosistim tempat makhluk hidup itu berada. Keanekaragaman hayati merupakan totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistim. Di dalamnya dapat dijumpai berbagai variasi bentuk, penampakan, frekuensi, ukuran dan sifat lainnya pada tingkat yang berbeda. Keanekaragaman hayati dapat dipelajari dengan cara klasifikasi dan tidak menggunakan sistim tertentu. Kita mengenal 3 macam keanekaragaman hayati yaitu :
1. keanekaragaman hayati tingkat gen.
2. keanekaragaman hayati tingkat jenis.
3. keanekaragaman hayati tingkat ekosistim.

Wilayah Indonesia bagian barat memiliki keragaman fauna yang sama dengan daerah Asia atau Oriental, sedang wilayah Indonesia bagian timur memiliki keragaman fauna yang sama dengan wilayah Australian. Hewan-hewan yang ada di wilayah kepulauan Aru sampai dengan P. Maluku ( disebut dengan garis Weber ), memiliki fauna peralihan antara Oriental dengan Australian.

1. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat gen dan berikan contohnya ?
.....................................................................................................................................................................
2. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat jenis dan berikan contohnya ?
...................................................................................................................................................................
3. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem dan berikan con-
tohnya ?
....................................................................................................................................................................
4. Sebutkan 1 contoh saja mamalia yang ada di wilayah Indonesia bagian barat yang merupakan
keanekaragaman jenis ?
....................................................................................................................................................................
5. Sebutkan hewan-hewan khas yang hanya terdapat di P. Sulawesi, P. Bali, P. Sumatera, P.Ko-
Komodo, P. Irian barat, dengan mengisi kolom dibawah ini !
1. Pulau Sulawesi Pulau Bali Pulau
2. Sumatera Pulau
3. Komodo Pulau
4. Irian barat
6. Sebutkan hewan-hewan yang di lindungi oleh undang-undang di Negara Indonesia dengan tu-
juan untuk melestarikan satwa langka ?
.....................................................................................................................................................................
7. Sebutkan kegiatan manusia yang menyebabkan turunnya keaneka-ragaman hayati?

8. Sebutkan langkah-langkah yang di tempuh manusia dalam usaha melestarikan keanekaragam
an hayati terutama faunanya ?
.....................................................................................................................................................................

KEGIATAN 3 : EVOLUSI

Tanggal kegiatan : 14 September 2010
Kelas : XII - IPA SMA Kristen YSKI
Judul kegiatan : Evolusi
Tujuan : Mengenal sejarah Manusia di Sangiran
Tempat kegiatan : Situs Purbakala Sangiran
Alat dan bajan : Buku Biologi Penerbit Erlangga atau sejenisnya
Standar Kompetensi : Mampu mendemonstrasikan pemahaman teori evolusi serta implikasinya
pada sains, lingkungan, tek nologi dan masyarakat (slingtemas).
Kompetensi dasar : Mengumpulkan informasi ilmiah berkaitan dengan teori evolusi.
Indikator :
  1. menunjukan bukti-bukti evolusi yang ditemukan di situs Sangiran.
  2. membuat perbandingan yang berisi persamaan dan perbedaan antara fosil makhluk hidup yang ditemukan dengan makhluk sekarang.
  3. membuat laporan hasil studi tentang fosil yang diamati / ditemukan.

Pendahuluan

Perubahan yang terjadi secara bertahap dalam kurun waktu yang sangat lama yang terjadi pada suatu spesies serta menghasilkan spesies baru yang lebih sempurna organisasinya disebut EVOLUSI. Perubahan tersebut menyebabkan penyimpangan dari struktur aslinya sehing ga menimbulkan spesies baru. Makhluk hidup yang sekarang ada buykanlah penghuni bumi yang pertama, melainkan berasal dari makhluk hidup dimasa lamapu. Makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan bertahan hidup dan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan musnah, inilah yang disebut dengan Seleksi Alam.
Apabila kita menerima anggapan bahwa makhluk hidup yang sekarang ada ini berasal dari makhluk hidup dimasa lampau dengan mengalami perubahan-perubahan secara perlahan-lahan maka timbul pertanyaan-pertanyaan antara lain :
  1. Perubahan bagaimana yang menyebabkan timbulnya spesies baru ?
  2. Bagaimana asal-usul spesies makhluk hidup yang sekarang ini ada ?
  3. Faktor-faktor dan kekuatan apakah yang menyebabkan suatu spesies itu musnah sedangkan yang lain dapat mempertahankan hidup sampai sekarang ?
  4. Faktor-faktor dan kekuatan apakah yang menyebabkan timbulnya spesies baru ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas, anda bisa membaca literarur yang sudah ada atau bisa menanyakan kepada petugas melalui wawancara, melihat film dukumenter dan observasi di Situs Sangiran.

  1. Tuliskan secara lengkap alamat situs Sangiran berada
  2. Setelah anda menerima penjelasan dari petugas ketika melihat areal Situs Sangiran, coba jelaskan kembali apa yang anda peroleh !
  3. Setelah anda melihat pemutaran film, tuliskan kembali intisari dari isi film tersebut ?
  4. Bagaimana terjadinya lapisan bumi yang terjadi di Situs Sangiran ini ? dan sebutkan urut urutan proses terjadinya ? serta gambarkan !
  5. Ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa Sangiran dahulunya adalah lautan. Sebutkan
  6. bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut ?
  7. Sebutkan fosil apa saja yang ada di Sangiran ini ? dan apa pula persamaan serta perbedaanya
  8. dengan makhluk yang ada sekarang ini?
  9. Sebutkan ada berapa fosil manusia yang pernah ada di bumi ini ?dan sebutkan pulaciri-cirinya
  10. Fosil manusia apa yang ditemukan di Sangiran ini ? sebutkan beserta ciri-cirinya !

KEGIATAN 4 : PENGAMATAN KEANEKARAGAMAN HEWAN & TUMBUHAN DI MUSIUM
BIOLOGI YOGYAKARTA

Pengantar
Keanekaragaman jenis dan ekosistem di Indonesia sangat bervariasi, bergantung pada karakteristik wilayahnya. Berbagai jenis flora dan fauna yang khas terdapat pada ekosisistem dan kharakteristik wilayah yang beragam. Keuntungan bagi negara Indonesia yang terletak di daerah tropis adalah kaya berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Sekitar 17% - 25% jenis hewan dan tumbuhan yang ada di dunia berada di Indonesia. Indonesia menempati urutan kedua setelah Brazil dalam hal keanekaragaman hayati. Hewan-hewan di Indonesia memiliki tipe Oriental/Indonesia bagian barat (Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan) dan Australian/Indonesia bagian timur (Papua, Sulawesi, dan Nusa Tenggara) serta peralihan Peralihan/transisi (Sulawesi). Museum Biologi adalah milik Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan terletak di Jl Sultan Agung No.22 Yogyakarta. Di Museum Biologi kita bisa melihat kelompok-kelompok hewan, tumbuhankerangka/tengkorak makhluk hidup dan lain-lain. Beranekaragam hewan yang sudah mati dan sudah diawetkan, baik dengan pengawetan basah (dimasukkan dalam cairan formalin) maupun pengawetan kering. Tumbuhan/buah-buahan di museum Biologi sudah diawetkan (herbarium). Selain itu kita dapat melihat beraneka ragam karang laut, tengkorak/kerangka hewan dan manusia. Untuk kerangka hewan kemungkinan besar masih asli, tetapi kerangka manusia adalah tiruan. Ada juga koleksi tulang yang sudah menjadi fosil dan koleksi Insecta yang beruapa kupu-kupu dan kumbang.

Tujuan pendirian Museum Biologi adalah :
  1. menyimpan koleksi benda-benda hayati untuk keperluan pendidikan
  2. menyelenggarakan peragaan ilmiah
  3. mengadakan pameran
Setelah anda mengamati dari dekat dan mendapatkan cukup informasi. Sekarang jawablah pertanyaan – pertanyaan seperti dibawah ini.

1. Isilah tabel berikut berdasarkan hewan-hewan yang ada di museum Biologi !
  1. NO
  2. nama hewan
  3. Asal Daerah
2. Berdasarkan tabel pada no.1, kelompokkan hewan-hewan tersebut berdasarkan kelasnya !
  1. NO
  2. Kelas
  3. Nama hewan
3. Sebutkan macam-macam hewan yang terdapat di Indonesia barat, tengah, dan Indonesia bagi
an timur !
  1. Indonesia Barat
  2. Indonesia Tengah
  3. Indonesia Timur
4. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan adanya perbedaan pada pertanyaan nomor 3 !
5. Untuk menjaga kelestariannya bagaimanakah seharusnya tindakan yang kita lakukan terha-
terhadap keanekaragaman hewan-hewan tersebut ?
6. Jenis tumbuhan apa saja yang ada dimusium ini ?


KEGIATAN 5 : PENGEMBANGBIAKAN CARA VEGETATIF BUATAN

Pertanyaan :

1. Bagaimana caranya menyangkok dengan benar ?
2. Bagaimana caranya menyetek dengan benar ?
3. Bagaimana caranya menyambung dengan benar ?
4. Bagaimana caranya menempel dengan benar ?
5. Bagaimana carnya merundukan dengan benar ?

Semarang, 16 September 2010

Nama : ...........................................
Kelas : XII-IPA ........
No. : .......


........................................................

Tanda tangan :

1 komentar: