Kamis, 24 Maret 2011

RENUNGAN

PREDIKSI
KERJAKAN LHO !


KISI-KISI PENULISAN SOAL UN BIOLOGI
Jenis : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 40 butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran : 2010 - 2011
No
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Kls/ sems
Kemampuan yang Diuji
Indikator
No soal
1
Menjelaskan kon sep-konsep kea- nekaragaman hayati, prinsip-rinsip klasifikasi, & pe-ranan serta man faat sumber daya alam bagi kehi-dupan
X/1
Menjelaskan kunci determinasi seder-hana dan tata nama binomial organisme pada keanekara-gaman hayati Indo-nesia
Mampu mendeskripsikan tata cara penulisan binomial nomenklatur yang benar dari Carolus Linnaeus
1
X/1
Menjabarkan kon-sep keanekaragam-an tingkat gen, je-nis, dan ekosistem
Mampu menentukan contoh-contoh kelompok organisme berdasarkan tingkat keanekaragaman hayati
2
2
Menjelaskan ciri-ciri virus, King-dom Protista, Mo nera, dan fungi serta pe-ranannya bagi kehidupan
X/1
Mengidentifikasi Vi- rus, Protista, Mone ra dan fungi serta peranannya bagi manusia
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri vi-rus dan /atau monera berdasarkan siklus hidup dan/atau peranannya bagi manusia
3
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri protista dan/atau fungi secara umum dan/atau peranannya bagi kehidupan
4
Mampu mendeskripsikan salah satu cara reproduksi dari satu anggota protista
5
3
Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta pe rannya bagi kehi dupan
X/2
Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi tum buhan lumut, tum- buhan paku dan tumbuhan berbiji
Mampu mendeskripsi daur hidup plantae pada tiap tahap yang terjadi
6
X/2
Mendeskripsikan daur hidup inverte-brata
Mampu mendeskripsikan daur hi-dup invertebrata pada setiap tahap yang terjadi
7
X/2
Membandingkan ci-ri-ciri hewan Chor-data


4
Menjelaskan hu-bungan antara komponen eko-sistem, aliran e-nergi, dan daur biogeokimia ser-ta mengkaitkan-nya dengan ke-setimbangan ling kungan dan pe-lestariannya
X/2
Mendeskripsikan komponen ekosis- tem, aliran energi, atau daur biogeoki mia
Mendeskripsikan aliran energi dan daur biogeokimia dalam ekosistem
8
X/2
Menjelaskan kon-sep kesetimbangan lingkungan dan pe-lestariannnya
Mampu menjelaskan/ mengambil kesimpulan /memprediksikan akibat dari kasus perubahan lingkungan yang tersedia
9
5
Menjelaskan struktur dan fung si sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sis tem organ tum-buhan, hewan, dan manusia
XI/1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri sel tumbuhan atau dan/atau sel hewan
10
Mampu mengidentifikasi peristiwa transpor zat pada membran sel berdasarkan kasus/gambar pada sistem tubuh
11
XI/1
Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan be-serta fungsinya
Mampu menentukan fungsi sel /organ tumbuhan berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan
12
XI/1
Mengidentifikasi ja-ringan pada organ manusia beserta fungsinya
Mampu menentukan fungsi jaringan organ hewan berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan
13
6
Menjelaskan struktur dan fung si sistem organ pada organisme hewan dan ma-nusia serta ke-lainan/penyakit yang mungkin terjadi
XI/1
Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada ma nusia
Mampu mendeskripsikan sistem gerak pada tubuh manusia
14
XI/1
Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi ganggu-annya
Mampu mendeskripsikan proses pada sistem peredaran darah, kelainan/penyakit pada manusia
15
XI/2
Mendeskripsikan sistem pencernaan manusia dan identifi kasi gangguannya
Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pencernaan atau ke mungkinan gangguan yang terjadi pada manusia
16
XI/2
Mendeskripsikan sistem pernafasan manusia dan identifi kasi gangguannya
Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pernafasan yang terjadi melalui sajian gambar atau kelainannya pada manusia
17
XI/2
Mendeskripsikan sistem ekskresi ma-nusia dan identifika-si gangguannya
Mampu mndeskripsikan proses pa-da sistem ekskresi dan/atau meng-identifikasi jenis gangguan yang mungkin terjadi
18
XI/2
Mendeskripsikan sistem regulasi ma-nusia dan identifika-si gangguannya
Mampu mendeskripsikan proses pada sistem saraf dan/atau sistem endokrin
19
Mampu mendeskripsikan fungsi-fungsi dan/atau gangguan pada sistem indra indra melalui sajian gambar atau kasus yang disediakan
20
XI/2
Mendeskripsikan sistem reproduksi manusia dan identi-fikasi gangguannya
Mampu menjelaskan tahap-tahap yang terjadi pada sistem reproduksi pada manusia
21
7
Menjelaskan fak tor-faktor yang mempengaruhi proses pertum-buhan dan per-kembangan yang terjadi pada tum-buhan melalui pe ngamatan hasil percobaan
XII/1
Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mem pengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tum-buhan
Mampu menjelaskan pengaruh hormon terhadap pertumbuan/ perkembangan tanaman berdasar kan kasus yang terjadi
22
XII/1
Menginterpretasikan percobaan pertum-buhan dan perkem-bangan tanaman
Mampu menyimpulkan hasil per-cobaan pertumbuhan tanaman
23
8
Mendeskripsikan proses metabolis me pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabo-lisme lemak dan protein, dan me-mahami teknolo-gi yang berkaitan dengan metabo-lisme
XII/1
Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan pro-tein
Mampu menganalisis dan/atau menyimpulkan hasil percobaan re-aksi enzim
24
XII/1
Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, lemak dan protein)
Mampu mendeskripsikan rangkaian reaksi-reaksi katabolisme karbo-hidrat
25
Mampu mendeskripsikan reaksi anaerob
26
XII/1
Mendeskripsikan pe ristiwa fotosintesis pada tumbuhan be-serta tahap-tahap-nya
Mampu mendeskripsikan proses anabolisme berdasarkan sajian gambar atau skema yang tersedia
27
Mampu menganalisa /mengambil kesimpulan berdasarkan data dari percobaan adanya reaksi foto-sintesis
28
9
Menjelaskan kon sep dasar heredi tas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasi-nya pada saling-temas
XII/1
Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA, dan kro-mosom
Mampu mendeskripsikan susunan struktur DNA atau RNA
29
XII/1
Menjabarkan proses sintesis protein
Mampu mendeskripsikan tahap-tahap sintesis protein
30

Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
Mampu menafsirkan perilaku kro-mosom pada setiap fase pem-belahan sel berdasarkan sajian gambar atau skema yang terjadi
31
Mampu mengidentifikasi peristiwa gametogenesis berdasarkan gam-bar yang disajikan
32
XII/1
Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum men del
Mampu mendeskripsikan kasus persilangan hukum Mendel/penyim pangan semu hukum mendel berdasarkan kasus yang disediakan
33
Mampu mendeskripsikan hukum hereditas berdasarkan kasus ada nya cacat/sakit menurun pada ke-luarga
34
XII/1
Mendeskripsikan peristiwa mutasi ber serta contoh-contoh nya
Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan kasus atau skema yang disajikan
35
10
Menjelaskan prinsip teori evo lusi dan im- plikasinya pada perkembangan sains
XII/2
Mendeskripsikan teori asal-usul kehi-dupan dan pembuk-tiannnya
Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan sajian/gambar/ skema /kasus
36
XII/2
Menjelaskan fakta-fakta yang mendu kung teori evolusi
Mampu menjelaskan fakta-fakta yang mendukung dan/atau meka-nisme evolusi yang berlangsung
37
XII/2
Menjabarkan feno-mena evolusi dan hubungannnya de-ngan kesetimbang-an populasi
Mampu menjelaskan keseimbang-an populasi (hukum Hardy-Wein-berg)
38
11

XII/2

Mampu menjelaskan hubungan an-tara organisme, proses, produk dalam bioteknologi
39
XII/2

Mampu menjelsakn implikasi dan /atau dampak bioteknologi dalam kehidupan manusia
40


PREDIKSI SOAL BIOLOGI 2011
SKL:
Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menjelaskan tata nama binomial , dasar klasifikasi dan kunci determinasi sederhana
1. Perhatikan gambar dibawah ini !



Meskipun gambar diatas itu berbeda beda namun menunjukkan kesamaan ciri yaitu
a. tubuh bilateral simetri
b. tubuhnya berkulit duri
c. ovipar dengan ferti;isasi eksternal
d. bergerak dengan cilia
e. pemakan plankton
2. Ikan gabus dan lele dalam pengelompokan berbada dibandingkan dengan ikan pari dan hiu hal pengelompokan ini didasarkan atas
a. makanannya
b. ruang jantungnya
c. kemampuan berenangnya
d, kerangkanya
e. habitatnya
3. Kacang tanah , kacang kedelai , kacang panjang , kacang hijau dan kacang kapri adalah satu kerabat karena
a. kelasnya sama , namun ordonya berbeda
b. Kelasnya berbeda , namun genusnya sama
c. Genusnya sama , speciesnya berbeda
d. Familinya sama , genusnya berbeda
e. Familynya berbeda , speciesnya sama
4. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, Gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .
a. divisio, kelas, familia, genus
b. divisio, familia, genus, spesies
c. subdivisio, klas, familia, genus
d. subdivisio, klas, ordo, spesies
e. subdivisio, ordo, familia, spesies
5. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. .
a. spesies sama, varietas sama
b. spesies beda, varietas sama
c. spesies sama, genus berbeda
d. genus sama, spesies berbeda
e. berbeda spesies maupun genus
6. Kunci dikotom filum Arthropoda :
1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ............. Insekta
1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................. 2
2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut .............. 3
2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas .............. 4
3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ................................. Arachnida
3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ........................ Crustacea
4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki....... Chilopoda
4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki........ Diplopoda
Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri .........
a. 1a, 2b, 3a, 4b
b. 1b, 2a, 3a, 4a
c. 1b, 2b, 3b, 4b
d. 1b, 2b, 4a
e. 1b, 2a, 3b
7. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan .......
a. nama spesies
b. nama genus
c. penunjuk spesies
d. penunjuk genus
e. keterangan genus
8. Jeruk nipis ( Citrus nobilis ) berbeda dengan Jeruk Bali (Citrus maxima ) Keduanya sama dalam tingkat
a. genus
b. species
c. Family
d. Ordo
e. Kelas
9. Menurut binomial nomenklatur penulisan nama ilmiah tumbuhan padi adalah ........
a. ORYZA SATIVA
b. Oryza Sativa
c. Oryza-Sativa
d. Oryza sativa
e. Oryza SATIVA
PREDIKSI
Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan .......
a. nama spesies
b. nama genus
c. penunjuk spesies
d. penunjuk genus
e. keterangan genus
SKL:
Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
1. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. .
a. varietas
b. ekosistem
c. species
d. genus
e. gen
2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah …. .
a. lengkuas, jahe, salam
b. aren, kelapa, pinang
c. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras
d. bawang merah, daun sledri, bawang putih
e. ubi, singkong, talas
3. Salak bali yang ukurannya besar dan manis , Salak Banjar yang manis dan Salak pondoh yang teksturnya halus dan manis Tergolong dalam Keaneka ragaman
a. gen
b. spesies
c. ekosistem
d. gen dan spesies
e. gen dan eksosistem
4. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman …
a. varietas
b. gen
c. speises
d. ekosistem
e. habitat
5. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat beberapa burung yaitu :
1. Burung gelatik pemakan bulir padi
2. Burung kutilang pemakan serangga
3. Burung pelikan pemakan belut dan keong
Ketiga macam burung tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ......
a. genetik
b. spesies
c. ekosistem
d. populasi
e. habitat
6. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat …
a. gen
b. spesies
c. ekosistem
d. gen dan spesies
e. gen dan eksosistem
7. Perhatikan contoh mahkluk hidup dibawah ini
Vigna sinensis , Camelia sinensis dan Hibiscus rosa sinensis serta Chlonorsis sinensis . Dari jenis mahkluk hidup ini ada kemiripan namanya sama sama sinensis , maka ke empatnya merupakan Keanekaragaman
a. gen
b. spesies
c. ekosistem
d. genus
e. family
PREDIKSI
Dimas , Ditya , Danang , Dinda dan Denok serta Diah adalah nama seorang yang berbeda baik dari warna iris mata, bentuk rambut , kemancungan hidung dan tinggi badannya , namun tentu secara ana tomi ruang jantungnya , sistem respirasinya sama maka ke 6 anak itu digolongkan keaneka ragaman
a. varietas
b.
gen
c. speises
d. ekosistem
e.
habitat
SKL:
Menjelaskan ciri-ciri virus, Kingdom Protista, Monera, dan fungi serta peranannya bagi kehi-dupanKEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mengidentifikasi Virus, Protista Mendeskripsi peran Monera dan fungi bagi manusia
1. Pernyataan yang benar tentang susunan tubuh virus adalah .......
a. memiliki selubung dari protein dan materi genetik berupa DNA atau RNA
b. memiliki selubung dari lemak dan materi genetik berupa DNA atau RNA
c. kapsid tersusun dari lipoprotein dan materi genetik berupa kromosom
d. kapsid tersusun dari karbohidrat polisakarida dan materi genetik berupa plasmid
e. organisme non seluler dan memiliki kristal yang mengandung plasmid

2. Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh bakteri.



3. Berdasarkan daur hidup secara Litik virus Identifikasi pada huruf x, y, dan z secara berurutan adalah

A. penetrasi, perakitan , lisis
B. penetrsi, absorbsi, sintesis
C. lisis, penetrasi, absorbsi
D. absorbsi, penetrasi, sintesis
E. absorbsi, sintesis, lisis
4. Berikut ini ciri dari suatu protista !
1.unicellulair
2.bentuk sel tidak tetap
3.reproduksi dengan membelah diri
4.tidak memiliki dinding sel
5.bergerak dengan kaki semu
Ciri-ciri diatas adalah kelompok … .
a. Rhizopoda
b. Sporozoa
c. Ciliata
d. Flagelata
e. Mastigopora
5. Bakteri yang berperan mengubah alkohol menjadi asam cuka adalah …. .
a. Basilicus subtilis
b. Acetobacter aceti
c. Clostridium tetani
d. Lactobacillus bulgarius
e. Sacharomyces sereviceae
6. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!




Protozoa yang tergolong kelas Mastigophora (Flagellata) adalah .........
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 5
d. 2 dan 6
e. 3 dan 4
7. Hasil penelitian terhadap feses seorang pasien di laboratorium kesehatan terdapat mikroorganis- me seperti gambar berikut ini!Dari data orang tersebut menderita ....



a. malaria
b. disentri amuba
c. demam berdarah
d. anthrax
e. flue burung
8. Perhatikan tahapan reproduksi Plasmodium berikut ini :
1. tropozoit
2. sporozoit
3. merozoit
Urutan proses reproduksi Plasmodium yang tepat adalah .... .
a. 1 – 2 – 3
b. 1 – 2 – 3
c. 2 – 1 – 3
d. 2 – 3 – 1
e. 3 – 1 – 2
9. Perhatikan gambar berikut :




Urutan yang benar dari reproduksi Spyrogira sp adalah …. .
a. 1, 2, 3, 4, dan 5
b. 1, 3, 5, 4, dan 2
c. 2, 4, 1, 3, dan 5
d. 3, 5, 2, 4, dan 1
e. 5, 1, 3, 2, dan 4
10. Ditemukan jamur Phenicillium chrisogenum dengan hifa bersekat, spora tersimpan di dalam kantung askus, dapat dibedakan gametnya, jamur tersebut di masyarakat dapat digunakan untuk pembuatan …. .
a. kecap
b. antibiotik
c. minuman alkohol
d. tempe
e. oncom
11. Seorang siswa menemukan jamur menempel pada kayu lapuk, bentuknya seperti kuping, dapat dimakan, sebagai sumber protein. Jamur tersebut adalah ....
a. Auriculariab. Volvariela volvaceae
c. Ustilago
d. Pucinia
e. Shitake

12. Perhatikan gambar di bawah ini !




Secara berurutan, hifa dan basidio karp adalah …. .
a. A dan B
b. A dan C
c. C dan D
d. D dan A
e. E dan D

13. Bakteri ini bersahabat dengan kita karena membantu membusukkan makanan , mampu mensu-
lay kebutuhan vitamin K dan sering digunakan dalam riset riset dalam penelitian bioteknologi, genetika , Bakteri tersebut adalaha.
a. Rhizobium leguminosorum
b. Escherichia coly
c. Lactobacillus caseyd.
d. Nitrosomonas speciosa
e. Acetobacter xylinum
14. Perhatikan gambar




Manfaat organisme diatas adalah untuk pembuatan ....
a. Nata de Coco
b. Antibiotik
c. Yogurt
d. Tempe
e. Anggur


15. Perhatikan beberapa tahapan reproduksi plasmodium malaria berikut ini
1.oocyst
2.gametosit
3.ookinet
4.merozoit
5.sporozoit
6.tropozoit
Fase perkembangan plasmodium malaria yang terjadi didalam tubuh manusia secara urut adalah
a. 1,2 dan 4
b. 1,4 dan 5
c. 2,3 dan 6
d. 3,4 dan 5
e. 4,5 dan 6
PREDIKSI
1. Aspergillus wentii dipergunakan dalam pengolahan makanan karena dalam proses fermentasi memecah protein dan mengubah amilum. Di Indonesia digunakan dalam pembuatan .......
a, Tempeb.
b.Kecap
c. Rotid.
d.Oncom
e.Anggur
2. Bakteri banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk mengubah bahan makanan menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi. Hubungan antara jenis bakteri, bahan dan produk yang dihasilkan pada tabel berikut ini yang benar adalah …..



Jenis Bakteri
Bahan
Produk
a
Methanobacterium
Bungkil kacang
Gas metana
b
Lactobacillus bulgaricus
susu
yogurt
c
Aspergillus wentii
kedelai
tempe
d
Acetobacter xylinum
kelapa
kopra
e
Bacillus subtillis
susu
antibiotik





3. Perhatikan gambar ini !



Manfaat organisme diatas adalah untuk pembuatan
a. Nata de Coco
b. Antibiotik
c. Yogurt
d, Tempe
e. Tape
4. Pasangan mikroorganisme Bakteri dengan produk yang tidak sesuai adalah ...
a. Thiobacillus ferrosidans dapat memisahkan logam
b. Penicillium camemberti berperan dalam pembuatan keju
c. Sacharomyces cerevisae berperan dalam pembentukkan alkohol
d. Bacillus yhuringiensis berperan dalam bioinsektisida
e. Streptococcus thermophilus berperan dalam pembuatan nata de coco
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan daur hidup invertebrata
1. Cacing pita Taenia saginata dapat menginfeksi manusia melalui makan daging sapi yang kurang masak. Cacing pita ini di dalam daging sapi dalam bentuk ........
a. Onkosfer
b. Proglotid
c. Sporokist
d. Serkaria
e. sisteserkus
2. Suatu jenis cacing memiliki daur berikut : telur yang keluar bersama feses menetas pada tempat yang becek, larva menembus kulit kaki dan masuk peredaran darah manusia sampai di paru-paru kemudian keluar menuju trakea. Dari trakea ke faring kemudian tertelan masuk usus dan berkembang sampai dewasa. Cacing tersebut adalah ..........
a. Enterobius
b. Ascaris
c. Wuchereria
d. Ancylostoma
e. Fasciola
3. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang terjadi pada daur hidup cacing hati :
1. redia
2. serkaria
3. sporokis
4. telur
5. metaserkaria
6. mirasidium
urutan yang benar dari tahap-tahap tersebut adalah …. .
a. 4 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6
b. 4 – 1 – 6 – 3 – 5 – 2
c. 4 – 6 – 1 –3 – 5 – 2
d. 4 – 6 – 3 – 1 – 5 – 2
e. 4 – 6 – 3 – 1 – 2 – 5
4. Pada daur hidup cacing pita (Taenia solium), fase larva yang bersembunyi pada otot da-ging dapat masuk ke dalam tubuh manusia jika daging dimasak kurang sempurna larva ini disebut .... .
a. sistiserkus
b. serkaria
c. onkosfer
d. sporokist
e. heksakant
5. Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica!



Tahap yang terjadi pada (X) dan bagian (Y), (Z) adalah …. .
a. sporokis – redia dan serkaria
b. serkaria – metaserkaria dan mirasidium
c. redia – sprokis dan serkaria, metaserkaria
d. redia – serkaria dan larva bersilia
e. sporokis – mirasidium dan serkaria
6. Perhatian siklus hidup Obelia sp berikut ini Fase yang ditunjukkan oleh nomor 1,2 dan 3 secara urut adalah ....



a. Planula, medusa, polip
b. Planula, polip,medusa
c. Medusa, planula, polip
d. Medusa, polip, planula
e. Polip, medusa, planula
7. Perhatikan bagan daur hidup cacing hati ( Fasciola hepatica) berikut ini!
Yang merupakan fase mirasidium dan serkaria secara berurutan adalah
a. A dan B
b. A dan C
c. A dan D
d. B dan D
e. C dan E
PREDIKSI
Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp):



Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ....
a. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
b. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
c. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
d. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
e. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru
SKL:
Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
1. Ciri-ciri Aves yang tidak dimiliki oleh kelas lainnya dalam subfilum vertebrata adalah ........
a. jantung beruang empat
b. fertilisasi interna
c. ovipar (bertelur)
d. kulit berbulu
e. suhu tubuh tidak tetap
2. Dari tabel berikut ini yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakan hewan kelas Amfibia adalah ..

Fertilisasi
Perkembangan embrio
a.
internal
ovovivipar
b.
internal
vivipar
c.
internal
ovipar
d.
eksternal
ovipar
e.
eksternal
ovovivipar
PREDIKSI
1. Dari tabel berikut ini yang merupakan ciri-ciri kelas Reptil adalah ..

Suhiu Tubuh
Ruang Jantung
a.
Poikiloterm
2
b.
Homoioterm
3
c.
Poikiloterm
3
d.
Homoioterm
4
e.
Poikiloterm
4
2. Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut
a. populasi
b. komunitas
c. ekosistem
d. biosfeer
e. simbiosis
3. Komposisi udara dibumi sebagian besar terdiri dari gas nitrogen (N2) yang merupakan komponen utama penyusun protein. Keadaan ini mengakibatkan organisme dibumi....
a. tidak mungkin kekurangan protein karena setiap saat dapat mensintesis protein
b. mudah mendapatkan protein karena bisa langsung terbentuk di udara
c. mendapat ancaman tercemar protein karena kalau tidak dimanfaatkan jumlahnya bias berle-
bih
d. terancam kekurangan protein karena hanya sebagian kecil organisme yang dapat meman-
faatkan nitrogen bebas
e. Bisa terancam kekurangan protein apabila mengalami gangguan pernafasan
4. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, orgisme yang pertama kali meneri-ma dampak negatifnya adalah … .
a. herbivora
b. produsen
c. karnivora
d. konsumen
e. pengurai
SKL:
Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya
1. Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah .... .
a. menipisnya lapisan ozon
b. meningkatnya penggunaan CFC
c. meningkatnya pengeluaran CO2
d. meningkatnya suhu air laut
e. meningkatnya permukaan ir laut
2. Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari dise-
babkan oleh polutan .......
a. oksida sulfur
b. oksida karbon
c. oksida nitrogen
d. hidrokarbon
e. chhoroflurocarbons
3. Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....
a. oksigen
b. karbondioksida
c. busa detergen
d. nitrat dan posfat
e. garam mineral
4 . Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin terjadi di daerah tersebut adalah ...
a. CO2
b. CO
c. SO3
d. Asap
e. Freon
PREDIKSI
Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. zat pencemar yang diduga menyebabkan gangguan iklim berupa effek rumah kaca ini adalah ....
a. CO2
b. SO3­
c. NO3
d. Freon
e. Ozon
SKL:
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan
1. Gambar Respirasi sel dan pembentukan RNA secara berurutan berlangsung pada bagian sel nomor …. .



a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 2 dan 3
d. 5 dan 6
e. 3 dan 4
2. Yang tercantum di bawah ini adalah ciri yang dimiliki organel sel :
1. terdapat sitokrom
2. mengandung pigmen fotosintesis
3. memiliki membran rangkap
4. tempat respirsi sel
5. tempat berlangsung siklus Calvin
Yang merupakan ciri organel mitokondia adalah …. .
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 5
d. 2, 3 dan 4
e. 3, 4 dan 5
3. Perhatikan gambar perangkat percobaan ini




Proses transport zat yang menyebabkan perubaan seperti pada gambar karena peristiwa …. .
a. difusi dimana A hipertonis dan B hipotonis
b. difusi dimana A hipotonis dan B hipertonis
c. osmosis dimana A hipertonis dan B hipotonis
d. osmosis dimana A hipotonis dan B hipertonis
e. transport aktif karena ada perbedaan larutan A dan B
4. Perhatikan gambar sel berikut ini




Sel yang tertera pada gambar bila dimasukkan ke dalam larutan yang hipotonis maupun yang hipertonis bentuknya tidak akan berubah, sebab sel ini memiliki .....
a. platida
b. vakuola
c. dinding sel
d. membran sel
e. sitoplasma
5. Bagian sel yang bersifat selektif permeabel dan berfungsi mengatur transportasi zat ke luar dan ke dalam sel adalah .........
a. dinding sel
b. selaput plasma
c. retikulum endoplasma
d. vakuola konstraktil
e. badan golgi
6. Organel sel yang menyerap oksigen dan banyak terdapat pada sel sel yang aktif melakukan pergerakan adalah .........
a. mitokondria
b. lisosom
c. nukleus
d. sentriol
e. kloroplas
7. Berikut organel-organel sel :
1. lisosom
2. vakuola
3. kloroplas
4. kromatin
5. ribosom
6. sentrasom
Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel hewan yaitu nomor … .
a. 1 – 2 – 5
b. 1 – 4 – 6
c. 2 – 3 – 4
d. 2 – 4 – 6
e. 3 – 4 – 5
8. Perhatikan gambar !



Kentang x direndam dalam larutan garam 5%, kentang y direndam dalam larutan garam 10%. Berdasarkan gambar setelah kentang direndam 60 menit maka berat kentang …. .
a. x = y
b. x > y
c. x <>
d. x tetap, y berubah
e. x berubah, y tetap
9. Perhatikan gambar !



Berdasarkan gambar, subtansi genetik dan oksidasi sel secara berurutan ditunjuk oleh nomor …. .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 5
e. 3 dan 4
10. Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan strukturnya karena memiliki beberapa perbedaan. Ciri-ciri pada tabel tersebut yang menunjukkan perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan adalah ...

Sel Hewan
Sel Tumbuhan
a
Mempunyai membran sel
Mempunyai dinding sel, tidak mempunyai membran sel
b
Tidak mempunyai plastida
Mempunyai plastida
c
Vakuola ukuran besar
Vakuola ukuran kecil
d
Tidak memiliki sentriol
Memiliki sentriol
e
Mempunyai mitokondria
Tidak mempunyai mitokondria
11. Perhatikan organel-organel dalam tabel di bawah ini :
No.
Nama organel
No.
Nama organel
1
Nukleus
7.
Kloroplas
2
Dinding sel
8.
Mitokondria
3
Lisosom
9.
Leukoplas
4
Vakuola
10.
Kromatin
5
Sentrosom
11.
Ribosom
6.
Lamela tengah
12.
Retikulum endoplasma
Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel tumbuhan, yitu nomor ... .
a. 1, 3, 5, 6
b. 2, 4, 6, 7
c. 2, 5, 7, 10
d. 3, 6, 9, 12
e. 4, 8, 10, 11
12. Perhatikan percobaan osmosis pada sel-sel tumbuhan diletakkan dalam perlakuan larutan yang
berbeda!



Berdasarkan gambar hasil percobaan tersebut, secara berurutan (X), (Y), dan (Z) adalah larutan yang bersifat .... .
a. isotonis – hipotonis – hipertonis
b. hipotonis – hipertonis – isotonis
c. hipertonis – isotonis – hipotonis
d. isotonis – hipertonis – hipotonis
e. hipertonis – hipotonis – isotonis
13. Seorang peneliti sitologi mengamati sebuah sel, Dia memastikan bahwa sel yang diamati adalah sel tumbuhan karena memiliki ciri-ciri .........
a. eukariotik dan memiliki dinding sel serta plastida
b. eukariotik dan memiliki membran sel dan vakuola
c. eukariotik dan memiliki mitokondria dan nukleus
d. prokariotik dan memiliki plastida dan vakuola tengah
e. prokariotik dan memiliki bentuk tetap dan tidak terdapat lisosom
14. Berikut ini pernyataan tentang transportasi zat yang terdapat di dalam sel :
1. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi tinggi ke rendah
2. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi rendah ke tinggi
3. memerlukan energi berupa ATP
4. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan konsentrasi larutan di dalam dan luar sel
5. dipengaruhi oleh muatan listrik di luar dan di dalam sel
6. menggunakan protein karier sebagai pengangkut
Pernyataan yang benar tentang transport aktif adalah ........
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1, 3, 4 dan 6
c. 2, 3, 4 dan 5
d. 2, 3, 5 dan 6
e. 3, 4, 5 dan 60
PREDIKSI
1. Perhatikan gambar sel.






No.
Nama Organ
Fungsi Organ
a.
1.
Lisosom
Penghasil enzim
b.
1.
Benda golgi
Respirasi
c.
2.
ribosom
Sintesis protein
d.
2.
Mitokondria
Respirasi
e.
3.
Nukleus
Mengatur metabolisme
2. Apabila sel tumbuhan dan sel tumbuhan dimasukkan kedalam larutan garam 10% setelah beberapa jam yang akan terjadi adalah ...
a. keduanya plasmolisis
b. keduanya krenasi
c. keduanya pecah
d. sel hewan krenasi, sel tumbuhan plasmolisis
e. sel hewan plasmolisis, sel tumbuhan krenasi
SKL:
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
1. Perhatikan gambar !



Yang diberi label X adalah …. .
a. bulu akar, berfungsi menye-rap zat-zat mineral dari dalam tanah
b. tudung akar, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah
c. meristem apikal, berfungsi untuk menembus tanah
d. meristem apikal, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah
e. tudung akar, berfungsi untuk menutupi meristem apikal
2. Perhatikan gamabar mikroskopis dari salah satu jaringan tumbuhan, yang diberi label X mempunyai fungsi sebagai .... .



a. pengangkut makanan
b. penyimpan lemak
c. pengangkut air
d. jaringan pengiring
e. jaringan pelindung
3. Perhatikan gambar !
3. Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y, dan z secara berurutan adalah …. .



a. bunga karang, epidermis dan palisade
b. epidermis, bunga karang dan palisade
c. palisade, bunga karang dan epidermis
d. epidermis, palisade dan bunga karang
e. bunga karang, palisade dan epidermis
4. Seorang siswa melakukan pengamatan mikroskopis ujung akar bawang merah. Dia mendapatkan jaringan yang sel-selnya aktif membelah secara mitosis. Jaringan tersebut adalah jaringan .....
a. parenkim
b. sklerenkim
c. kolenkim
d. meristem
e. epidermis
5. Gambar penampang melintang tumbuhan dikotil.



Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosinsis adalah yang berlabel
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
6. Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam jonjot usus ditentukan oleh gambar …



a. A b. .B c. C d. D . e . E
7. Perhatikan gambar ini





Gambar diatas menunjukkan jaringan
a. Getah bening
b. Otot lurik
c. ikat longgar
d. tulang rawan
e. tulang sejati
8. Dari gambar 5 macam jaringan darah berikut ini, yang berfungsi pada saat proses pembekuan darah adalah .... .



9. Perhatikan Gambar Jaringan Epithel dibawah ini dan fungsi jaringan tersebut adalah ....



a. batang tenggorok, pergerakan zat melewati permukaan
b. saluran kencing, memungkinkan perubahan bentuk
c. saluran kelenjar keringat, sekresi dan pergerakan zat
d. kelenjar keringat, penyimpanan dan sekresi produknya
e. pembuluh darah, memungkinkan difusi atau filtrasi
10. Perhatikan gambar struktur otot berikut ini



Gambar yang menujukkan struktur otot polos dan otot rangka secara urut adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 1
e. 3 dan 2
11. Perhatikan gambar neuron. X, Y dan Z
secara berurutan adalah …




a. Dendrit, akson dan badan sel
b. Dendrit, akson dan sel shwan
c. Dendrit, badan sel damn akson
d. Inti sel, Nodus Renvier dan sel schwan
e. Inti sel. Selubung mielen dan sel schwan
12. Perhatikan gambar skematis jaringan epitel berikut ini



Struktur jaringan epitel tersebut banyak terdapat pada ....
a. pembuluh darah kapiler
b. pembuluh darah vena
c. selaput luar paru-paru
d. permukaan dalam usus halus
e. rongga mulut
PREDIKSI
1. Perhatikan struktur organ tumbuhan berikut ini
Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan unsur hara dari dalam atanah secara berturut-turut adalah ….



a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5
2. Perhatikan gambar!





1, 2, 3, dan 4 merupakan sel yang terdapat dalam sistem tubuh kita, sistem yang diwakili oleh 1, 2, 3, dan 4 adalah …. .
a. Transportasi Pencernaan Transportasi Ekskresi
b. Transportasi Transportasi Ekskresi Pencernaan
c. Ekskresi Transportasi Pencernaan Ekskresi
d. Pencernaan Transportasi Ekskres
i Transportasi
e. Ekskresi Transportasi Transportasi Pencernaan
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya
1. Seorang Ibu yang sedang hamil tua pada bagian betisnya nampak adanya guratan berwarna biru. Hal ini disebabkan karena terjadi pelebaran pembuluh vena kaki. Gangguan ini disebut .....
a. Thrombus
b. Embolus
c. Sclerosis
d. Varises
e. Hemoroid
2. Vena yang kembali ke jantung dan membawa CO2 adalah …. .
a. vena renalis dan vena pulmonalis
b. vena pulmonalis dan vena hepatika
c. vena kava superior dan inferior
d. vena kava superior dan vena pulmonalis
e. vena kava inferior dan vena pulmonalis
3. Urutan yang benar untuk nomor (1), (2) dan (3) adalah.........
A. tromboplastin, ion calsium dan fibrin
B. anti hemofilia faktor, fibrin dan tromboplastin
C. tromboplastin, fibrin dan antihemofilia faktor
D. anti hemofilia fktor, tromboplastine dan fibrin
E. fibrin, tromboplastin dan anti hemofilia factor
4. Hasil laboratorium Tuan Soni!



Dan hasil laboratorium, Tuan Soni diduga menderita penyakit ....
a. AIDS
b. tifus
c. hepatitis
d. flu burung
e. demam berdarah
5. Perhatikan gambar skema sistem peredaran darah manusia berikut ini



Pembuluh darah yang ditunjuk oleh X dan Y adalah ...
a. arteri pulmonalis dan vena kava
b. arteri pulmonalis dan aorta
c. vena pulmonalis dan aorta
d. vena pulmonalis dan vena kava
e. vena kava dan aorta
6. Seseorang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka yang tidak terlalu parah tetapi nyawanya tidak tertolong karena dokter kesulitan menghentikan pendarahan yang kelaur dari lukanya. Kelainan yang diderita korban adalah ....
a. hemofilia
b. anemia
c. leukemia
d. arteriosklerosis
e. arterisklerosis



7. Fungsi sel darah pada gambar berikut adalah ….
a. mengangkut O2 dan CO2
b. mengangkut hormon
c. membunuh kuman penyakit
d. menggumpalkan darah
e. menjaga suhu tubuh
PREDIKSI
1. Bagan yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....



a. B - 3 - A - 4 - D
b. B - 4 - A - 3 - D
c. C - 2 - B - 4 - A
d. B - 1 - C - 2 - D
e. B - 2 - C - 1 – 3
2. Perhatikan gambar jantung !




Bagian yang diberi no-mor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah
a. vena paru-paru, ventrikel kanan, vena cava
b. vena paru-paru, ventrikel kiri, atrium kanan
c. aorta, ventrikel kiri, vena paru-paru
d. aorta, ventrikel kanan, vena kava bawah
e. vena kanan atas, ventrikel kanan, vena paru-paru
SKL:
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia
1. Satuan-satuan konstraktil jaringan otot disebut sarkomer yang mengandung garis terang disebut zona-H dan garis gelap disebut zona-Z. Pada saat otot berkontraksi terjadi ......
a. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih gelap
b. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih terang
c. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih gelap
d. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih terang
e. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z tetap, otot menjadi lebih terang
2. Perhatikan gambar lengan manusia



Fungsi otot bisep dan trisep dalam kontraksi yang benar adalah .........

Bisep
Trisep
a.
b.
c.
d.
e.
abduktor
depresor
pronator
fleksor
abduktor
adduktor
elevator
suspinator
ekstensor
fleksor
3. Perhatikan gambar !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x adalah sendi …. .
a. putar
b. luncur
c. engsel
d. pelana
e. peluru



4. Perhatikan gambar
Yang berlabel X dan Y adalah tulang
a. hasta dan pergelangan
b. pengumpil dan pergela-ngan
c. hasta dan pengumpil
d. pengumpil dan hasta
e. hasta dan proksimal
5. Pengertian yang tepat dari macam artikulasi di bawah ini, adalah
a. diartrosis, jika gerakan yang terjadi sangat terbatas
b. sinartrosis adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak ada gerak
c. amfiartrosis jika gerakan yang terjadi sangat leluasa
d. sinartrosis, jika gerakan terbatas
e. amfiartrosis, adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak terjadi gerakan



6. Perhatikan gambar lengan manusia berikut ini
Gerakan yang terjadi akibta adanya..
a. otot bisep dan otot trisep kontraksi
b. otot bisep otot bisep relaksasi
c. otot bisep kontraksi otot trisep relaksasi
d. otot bisep relaksasi, otot trisep kontraksi
e. otor trisep kotraksi, otot bisep bisa kontraksi atau relaksasi
7. Adanya persendian memungkinkan munculnya gerak yang sangat bervariasi yang dapat dikontrol. Macam persendian dari hubungan antar tulang dibawah ini yang benar adalah … .

Sendi Engsel
Sendi Peluru
Sendi Pelana
a
Siku dan lutut
Tulang atlas dan tulang leher
Gerakan ibu jari kaki
b
Lutut dan ruas jari
Pangkal paha
Pergelangan tangan
c
Pangkal paha
Lutut dan siku
Tulang tengkorak
d
Ruas – ruas jari
Siku dan lutut
Gerakan ibu jari
e
Telapak tangan
Telapak kaki
Pergelangan tangan
PREDIKSI
1. Seseorang mengalami kelainan pada tulang
belakangnya seperti gambar
Kelainan tulang tersebut dinamakan ...
a. Skoliosis
b. Kofosis
c. Lordosis
d. Fraktura
e. Fisura
SKL:
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
1. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi hormon pada tumbuhan terdapat pada .... .

Auksin
Giberelin
a.
merangsang pertum-buhan akar lateral
menghambat pem-bentukan biji
b.
merangsang pembelahan sel
menghambat pertum-buhan tanaman
c.
mempengaruhi per-kembangan embrio
mempengaruhi peman-jangan dan pembelahan sel
d.
merangsang pemben-tukan bunga dan buah
menunda pengguguran daun
e.
menghambat pertum-buhan tanaman
menghambat pembentukan biji
2. Penggunaan praktis hormon auksin dalam pertanian adalah …. .
a. untuk perkembangan buah tanpa biji
b. dapat menghambat rumput liar
c. merangsang perkembangan buah secara polonasi
d. merangsang perkembangan buah secara fertilisasi
e. mempermudah buah jatuh dari pohon
3. Faktor luar yang menghambat laju pertumbuhan hipokotil dan mempercepat laju pertumbuhan epikotil dalam perkecambahan biji adalah ......
a. temperatur
b. unsur hara
c. kelembaban
d. kadar air
e. cahaya
4. Seorang siswa melakukan percobaan tentang kecepatan pemasakan buah mangga yang sudah tua tetapi masih hijau. Mangga tersebut dimasukkan ke dalam dua buah keranjang. Keranjang pertama dibiarkan terbuka sedangkan yang kedua ditutup dengan kertas. Ternyata mangga yang diletakan pada keranjang kedua lebih cepat matang, karena pengaruh ...........
a. gas etilen
b. asam absisat
c. asam traumalin
d. asam indol-asetat
e. gas hidrogen
PREDIKSI
Batang tanaman yang di stek atau dicangkok agar cepat tumbuh akar diberi hormon ...
a. Kaulokalin
b. Rhizokalin
c. Auksin
d. Giberelin
e. Sitokinin
SKL:
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menginterpretasikan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
1. Perhatikan tabel hasil pengamatan eksperimen pertumbuhan biji kacang hijau.
Hari ke
0
1
2
3
4
5
6
7
Panjang kecambah (cm)
0
0,4
1,6
2,8
4,0
5,2
6,4
7,6
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata pertumbuhan kecambah adalah....
a 0,09
b. 1,6
c 1,09
d. 7,6
e 1,2
2. Dalam percobaan pertumbuhan tanaman I, II, III

Luas lahan
Pemupukan
I
X
2 cc/liter
II
X + 2
2 cc/liter
III
X
2 cc/liter
Variabel bebas dan variabel terikat pada eks-perimen tersebut secara berurutan adalah …. .
a. jumlah tanaman, pemupukan
b. jumlah tanaman, luas lahan
c. luas lahan, pemupukan
d. luas lahan, rata-rata tumbuh pada hari ke 4
e. pemupukan, luas lahan
PREDIKSI
Perhatikan data pertumbuahn kecambah kacang hijau yang diberi perlakukan dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda berikut ini
No
Kondisi cahaya
Pertambahan tinggi pada hari ke..(cm)
1
2
3
4
5
6
7
1
Gelap
2.0
3.4
5.2
5.6
7,2
8.0
8.6
2
Remang - remang
1.2
1.8
2.2
2.3
2.6
3.1
4.5
3
terang
0.4
0.9
1.3
1.3
1.5
2.2
3.0
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah ..
a. tidak berpengaruh
b. menghambat
c. mempercepat
d. pada kondisi gelap berpengaruh tetapi
e. data eksperimen tidak dpat digunakan untuk menarik kesimpulan.
SKL:
Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
PREDIKSI :
Hasil percobaan enzim katalase sebagai berikut:
No.
Ekstrak hati dengan
Perlakuan
Nyala bara
Keterangan
1.
H2O2
Suhu 37oC
++
+ = banyak
++ = banyak sekali
2.
H2O2
Suhu 15oC
3.
H2O2
Suhu 60oC
4.
H2O2
pH 3
5.
H2O2
pH 7
++
6.
H2O2
pH 12
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa …. .
a. pada suhu dan pH rendah enzim aktif
b. enzim bekerja pada pH 7 dan suhu di atas 37oC
c. kerja enzim dipengaruhi oleh pH dan suhu
d. aktivitas enzim dipengaruhi suhu tetapi tidak dipengaruhi pH
e. pH dan suhu kurang berpengaruh pada kerja enzim
SKL:
Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya
1. Perhatikan diagram mutasi gen berikut
Jenis mutasi yang terjadi disebut ......
a. insersi
b. inversi
c. transversi
d. transisi
e. deaminasi
2. Seorang wanita yang bekerja di Badan Tenaga Atom, diindikasikan mengalami radiasi pada organ reproduksinya sehingga terjadi peristiwa gagal berpisah pada sel gametnya. Ternyata melahirkan anak Sindrom Klinefelter, hal ini disebabkan oleh ..
a. Non-disjunction XX pada waktu oogenesis
b. Adanya kelebihan autosom no.21
c. Adanya 45 kromosom
d. Adanya pindah silang
e. Kromosomnya 2n – 1
3. Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi kromosom seks (44 A + X0) pada manusia adalah kelainan fisik yang disebut .
a. Sindrom Klinefelter
b. Sindrom Turner
c. Sindrom Down
d. Sindrom Patau
e. Sindrom Imbisil
PREDIKSI :
Perhatikan skema berikut!



Pada skema mutasi tersebut, yang terjadi secara berurutan adalah peristiwa mutasi …. .
a. gen karena adanya inversi dan insersi
b. gen karena adanya insersi dan inversi
c. kromosom karena adanya insersi dan inversi
d. kromosom karena adanya delesi dan duplikasi
e. kromosom karena adanya defisiensi dan delesi
SKL:
Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya
1. Diketahui silsilah sebuah populasi 64 % orang dapat merasakan pahitnya kertas PTC (dominan). Maka kemungkinan jumlah ratio genotip orang yang perase PTC yang heterezigot adalah ....
a.6 %
b.36 %
c. 16 %
d.48 %
e.24 %
2. Di suatu kota yang berpenduduk 1 juta orang terdapat 9 % laki – laki buta warna. Maka jumlah perempuan yang menderita buta warna adalah ….
a. 9.000 orang
b. 9.100 orang
c. 8.281 orang
d. 8.100 orang
e. 300.000 orang
3. Di suatu kecamatan yang berpenduduk 90.000 jiwa menurut sensus penduduk terdapat penderita secle sel 3.600 jiwa, persentase penduduk yang karir secle cel berjumlah …. .
a.4%
b.32%
c. 6%
d.36%
e.16%
4. Pada masyarakat sebuah pulau terpencil terdapat 4 % laki-laki butawarna. Butawarna dikendalikan oleh gen resesif terpaut X. Berapa prosentase wanita carier dalam masyarakat tersebut?
a. 96 %
b. 92,16 %
c. 19,2 %
d. 16,24 %
e. 7, 68 %
PREDIKSI :
Disuatu pulau yang dihuni oleh 3000 orang penduduk terdapat 2730 orang yang berhesus positif.Gen rhesus positif (Rh) dominan terhadap gen rhesus negatif (rh). Berapa orang dalam pulau tersebut yang berhesus positif genotip heterozigot ?.......
a. 1740 orang
b. 1530 orang
c. 1470 orang
d. 1260 orang
e. 270 orang
SKL:
Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan
1. Rangkaian percobaan Spallanzani dan Louis Pasteur



Keterangan:
Labu I terbuka dan tidak dipanaskan labu II terbuka dan dipanaskan
Labu III tertutup dan dipanaskan labu IV terbuka dan dipanaskan
Pada hari pertama kaldu di dalam labu semua-nya jernih. Setelah 3 hari, hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa pada labu
I dan II tetap jernih
I dan III tetap jernih
II dan III tetap jernih
II dan IV tetap jernih
III dan IV tetap jernih
Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......
a. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi
b. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata
c. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup
d. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi
e. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni
2. Teori tentang asal usul kehidupan yang dapat dibuktikan secara eksperimental adalah teori .....
a.generatio spontanea
b.kosmozoan
c. evolusi biologi
d.evolusi kima
e.kreasi khas
4. Omne ovum ex vivo dikemukakan oleh
a. Aristoteles
b. Fransisco redi
c. Lazaro spalanzani
d. Louis pasteur
e. Harold urey
5. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah ......
a.rambut pada dada
b.tulang telapak tangan
c. umbai cacing (usus buntu)
d.gigi taring yang runcing
e.otot-otot (penggerak) telinga
PREDIKSI
Perhatikan rangkaian eksperimen Stanley Miller berikut ini

Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat mengungkap proses pembentukan maklhuk hidup karena ....
a. Dihasilkan molekul organik dari reaksi kimia zat anorganik purba
b. Terjadi penggabungan molekul-molekul organik menjadi calon sel
c. Dihasilkan calon sel seperti tubuh virus
d. Dihasilkan sel sederhana (sel prokariotik) dari molekul organik yang terbentuk
e. Dihasilkan sel hidup dari reaksi kimia zat anorganik purba
SKL:
Menjelaskan prinsip peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan ligkungan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkugan dan perkembangan bioteknologi beserta contohnya
1. Aplikasi pengetahuan tentang mutasi adalah untuk mendapatkan tanaman atau hewan jenis unggul. Pada hewan misalnya adalah … .
a.Ayam kalkun
b.Sapi Madura
c. Kambing kacang
d.Domba Doli
e.Lele Dumbo
2. Interferon yang merupakan senyawa yang mampu mengobati beberapa penyakit kanker dapat diproduksi secara rekayasa genetika melalui teknik ….
a. Kloning
b. Transplantasi gen
c. Plasmid e.
d. Transfer enzim
e. Hibridoma
3. Bakteri hasil rekayasa genetika bila terlepas dari laboratorium dan masuk ke dalam lingkungan di khawatirkan oleh para ahli akan dapat menyebabkan .................
a.membunuh bakteri lain yang bermanfaat
b.pembusukan sampah organik menjadi lambat
c. munculnya penyakit baru yang sulit diobati
d.semua bakteri menjadi resisten terhadap antibiotika
e.hama tanaman berkembang sangat pesat
4. Penggunaan bakteri Bacillus thuringensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk mempe roleh tumbuhan yang ......
a.menghasilkan asam amino yang lengkap
b.menghasilkan pestisida pembunuh hama
c. mampu memupuk dirinya sendiri
d.menguraikan senyawa yang bersifat racun
e.proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat
5. Teknik Pada Kultur jaringan dilandaskan pada sifat
a.deferensiasi
b.regenerasi
c. totipotensi
d.bioremediasi
e.transplantasi
6. Berikut ini adalah langkah-langkah Bioteknologi :
1. “Gen titipan” dimaksudkan kedalam plasmid
2. DNA yang mengandung gen titipan diberi Enzim Restriksi
3. Bakteri agen memperbanyak diri
4. Plasmid yang membawa “gen titipan” dimasukkan kedalam bakteri agen
Untuk langkah yang benar dari Biotektologi dengan teknik DNA Rekombinan pada teknik Plasmid adalah ....
a.2, 3, 4 dan 1
b.2, 1, 4 dan 3
c. 2, 1, 3 dan 4
d.1, 3, 4 dan 2
e.1, 2, 3 dan 4
PREDIKSI
1. Untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar yang digunakan untuk pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara .....
a. totipotensi jaringan
b teknologi hibridoma
c teknologi plasmid
d transplantasi gen
e transplantasi nukleus
2. Makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan transgenik diberi label GMO (genetically modified organisms) agar konsumen bebas untuk memilihnya. Sebab makanan tersebut ..........
a. kadar protein yang terkandung sangat rendah
b. menyebabkan alergi pada orang tertentu
c. menghambat pertumbuhan pada balita
d. mudah terkontaminasi bakteri-bakteri patogen
e. mengandung racun yang dapat menyebabkan mutasi gen
Mr. Jack

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar