Kamis, 24 Maret 2011

KISI-KISI UN BIO DAN PREDIKSI UN 2011

PREDIKSI
KERJAKAN LHO !

KISI-KISI PENULISAN SOAL UN BIOLOGI

Jenis : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Alokasi Waktu : 120 menit

Jumlah Soal : 40 butir

Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Tahun Ajaran : 2010 - 2011

No

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Kls/ sems

Kemampuan yang Diuji

Indikator

No soal

1

Menjelaskan kon sep-konsep kea- nekaragaman hayati, prinsip-rinsip klasifikasi, & pe-ranan serta man faat sumber daya alam bagi kehi-dupan

X/1

Menjelaskan kunci determinasi seder-hana dan tata nama binomial organisme pada keanekara-gaman hayati Indo-nesia

Mampu mendeskripsikan tata cara penulisan binomial nomenklatur yang benar dari Carolus Linnaeus

1

X/1

Menjabarkan kon-sep keanekaragam-an tingkat gen, je-nis, dan ekosistem

Mampu menentukan contoh-contoh kelompok organisme berdasarkan tingkat keanekaragaman hayati

2

2

Menjelaskan ciri-ciri virus, King-dom Protista, Mo nera, dan fungi serta pe-ranannya bagi kehidupan

X/1

Mengidentifikasi Vi- rus, Protista, Mone ra dan fungi serta peranannya bagi manusia

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri vi-rus dan /atau monera berdasarkan siklus hidup dan/atau peranannya bagi manusia

3

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri protista dan/atau fungi secara umum dan/atau peranannya bagi kehidupan

4

Mampu mendeskripsikan salah satu cara reproduksi dari satu anggota protista

5

3

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta pe rannya bagi kehi dupan

X/2

Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan plantae meliputi tum buhan lumut, tum- buhan paku dan tumbuhan berbiji

Mampu mendeskripsi daur hidup plantae pada tiap tahap yang terjadi

6

X/2

Mendeskripsikan daur hidup inverte-brata

Mampu mendeskripsikan daur hi-dup invertebrata pada setiap tahap yang terjadi

7

X/2

Membandingkan ci-ri-ciri hewan Chor-data



4

Menjelaskan hu-bungan antara komponen eko-sistem, aliran e-nergi, dan daur biogeokimia ser-ta mengkaitkan-nya dengan ke-setimbangan ling kungan dan pe-lestariannya

X/2

Mendeskripsikan komponen ekosis- tem, aliran energi, atau daur biogeoki mia

Mendeskripsikan aliran energi dan daur biogeokimia dalam ekosistem

8

X/2

Menjelaskan kon-sep kesetimbangan lingkungan dan pe-lestariannnya

Mampu menjelaskan/ mengambil kesimpulan /memprediksikan akibat dari kasus perubahan lingkungan yang tersedia

9

5

Menjelaskan struktur dan fung si sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sis tem organ tum-buhan, hewan, dan manusia

XI/1

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan

Mampu mendeskripsikan ciri-ciri sel tumbuhan atau dan/atau sel hewan

10

Mampu mengidentifikasi peristiwa transpor zat pada membran sel berdasarkan kasus/gambar pada sistem tubuh

11

XI/1

Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan be-serta fungsinya

Mampu menentukan fungsi sel /organ tumbuhan berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan

12

XI/1

Mengidentifikasi ja-ringan pada organ manusia beserta fungsinya

Mampu menentukan fungsi jaringan organ hewan berdasarkan ciri-ciri dan/atau gambar yang disajikan

13

6

Menjelaskan struktur dan fung si sistem organ pada organisme hewan dan ma-nusia serta ke-lainan/penyakit yang mungkin terjadi

XI/1

Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada ma nusia

Mampu mendeskripsikan sistem gerak pada tubuh manusia

14

XI/1

Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi ganggu-annya

Mampu mendeskripsikan proses pada sistem peredaran darah, kelainan/penyakit pada manusia

15

XI/2

Mendeskripsikan sistem pencernaan manusia dan identifi kasi gangguannya

Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pencernaan atau ke mungkinan gangguan yang terjadi pada manusia

16

XI/2

Mendeskripsikan sistem pernafasan manusia dan identifi kasi gangguannya

Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pernafasan yang terjadi melalui sajian gambar atau kelainannya pada manusia

17

XI/2

Mendeskripsikan sistem ekskresi ma-nusia dan identifika-si gangguannya

Mampu mndeskripsikan proses pa-da sistem ekskresi dan/atau meng-identifikasi jenis gangguan yang mungkin terjadi

18

XI/2

Mendeskripsikan sistem regulasi ma-nusia dan identifika-si gangguannya

Mampu mendeskripsikan proses pada sistem saraf dan/atau sistem endokrin

19

Mampu mendeskripsikan fungsi-fungsi dan/atau gangguan pada sistem indra indra melalui sajian gambar atau kasus yang disediakan

20

XI/2

Mendeskripsikan sistem reproduksi manusia dan identi-fikasi gangguannya

Mampu menjelaskan tahap-tahap yang terjadi pada sistem reproduksi pada manusia

21

7

Menjelaskan fak tor-faktor yang mempengaruhi proses pertum-buhan dan per-kembangan yang terjadi pada tum-buhan melalui pe ngamatan hasil percobaan

XII/1

Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mem pengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tum-buhan

Mampu menjelaskan pengaruh hormon terhadap pertumbuan/ perkembangan tanaman berdasar kan kasus yang terjadi

22

XII/1

Menginterpretasikan percobaan pertum-buhan dan perkem-bangan tanaman

Mampu menyimpulkan hasil per-cobaan pertumbuhan tanaman

23

8

Mendeskripsikan proses metabolis me pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabo-lisme lemak dan protein, dan me-mahami teknolo-gi yang berkaitan dengan metabo-lisme

XII/1

Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan pro-tein

Mampu menganalisis dan/atau menyimpulkan hasil percobaan re-aksi enzim

24

XII/1

Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, lemak dan protein)

Mampu mendeskripsikan rangkaian reaksi-reaksi katabolisme karbo-hidrat

25

Mampu mendeskripsikan reaksi anaerob

26

XII/1

Mendeskripsikan pe ristiwa fotosintesis pada tumbuhan be-serta tahap-tahap-nya

Mampu mendeskripsikan proses anabolisme berdasarkan sajian gambar atau skema yang tersedia

27

Mampu menganalisa /mengambil kesimpulan berdasarkan data dari percobaan adanya reaksi foto-sintesis

28

9

Menjelaskan kon sep dasar heredi tas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasi-nya pada saling-temas

XII/1

Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA, dan kro-mosom

Mampu mendeskripsikan susunan struktur DNA atau RNA

29

XII/1

Menjabarkan proses sintesis protein

Mampu mendeskripsikan tahap-tahap sintesis protein

30


Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan

Mampu menafsirkan perilaku kro-mosom pada setiap fase pem-belahan sel berdasarkan sajian gambar atau skema yang terjadi

31

Mampu mengidentifikasi peristiwa gametogenesis berdasarkan gam-bar yang disajikan

32

XII/1

Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum men del

Mampu mendeskripsikan kasus persilangan hukum Mendel/penyim pangan semu hukum mendel berdasarkan kasus yang disediakan

33

Mampu mendeskripsikan hukum hereditas berdasarkan kasus ada nya cacat/sakit menurun pada ke-luarga

34

XII/1

Mendeskripsikan peristiwa mutasi ber serta contoh-contoh nya

Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan kasus atau skema yang disajikan

35

10

Menjelaskan prinsip teori evo lusi dan im- plikasinya pada perkembangan sains

XII/2

Mendeskripsikan teori asal-usul kehi-dupan dan pembuk-tiannnya

Mampu mendeskripsikan tentang pembuktian asal-usul kehidupan berdasarkan sajian/gambar/ skema /kasus

36

XII/2

Menjelaskan fakta-fakta yang mendu kung teori evolusi

Mampu menjelaskan fakta-fakta yang mendukung dan/atau meka-nisme evolusi yang berlangsung

37

XII/2

Menjabarkan feno-mena evolusi dan hubungannnya de-ngan kesetimbang-an populasi

Mampu menjelaskan keseimbang-an populasi (hukum Hardy-Wein-berg)

38

11


XII/2


Mampu menjelaskan hubungan an-tara organisme, proses, produk dalam bioteknologi

39

XII/2


Mampu menjelsakn implikasi dan /atau dampak bioteknologi dalam kehidupan manusia

40


PREDIKSI SOAL BIOLOGI 2011

SKL:

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menjelaskan tata nama binomial , dasar klasifikasi dan kunci determinasi sederhana

1. Perhatikan gambar dibawah ini !




Meskipun gambar diatas itu berbeda beda namun menunjukkan kesamaan ciri yaitu

a. tubuh bilateral simetri

b. tubuhnya berkulit duri

c. ovipar dengan ferti;isasi eksternal

d. bergerak dengan cilia

e. pemakan plankton

2. Ikan gabus dan lele dalam pengelompokan berbada dibandingkan dengan ikan pari dan hiu hal pengelompokan ini didasarkan atas
a. makanannya
b. ruang jantungnya
c. kemampuan berenangnya
d, kerangkanya
e. habitatnya

3. Kacang tanah , kacang kedelai , kacang panjang , kacang hijau dan kacang kapri adalah satu kerabat karena
a. kelasnya sama , namun ordonya berbeda
b. Kelasnya berbeda , namun genusnya sama
c. Genusnya sama , speciesnya berbeda
d. Familinya sama , genusnya berbeda
e. Familynya berbeda , speciesnya sama

4. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, Gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .

a. divisio, kelas, familia, genus

b. divisio, familia, genus, spesies

c. subdivisio, klas, familia, genus

d. subdivisio, klas, ordo, spesies

e. subdivisio, ordo, familia, spesies

5. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. .

a. spesies sama, varietas sama

b. spesies beda, varietas sama

c. spesies sama, genus berbeda

d. genus sama, spesies berbeda

e. berbeda spesies maupun genus

6. Kunci dikotom filum Arthropoda :

1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ............. Insekta

1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................. 2

2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut .............. 3

2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas .............. 4

3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ................................. Arachnida

3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ........................ Crustacea

4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki....... Chilopoda

4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki........ Diplopoda

Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri .........

a. 1a, 2b, 3a, 4b

b. 1b, 2a, 3a, 4a

c. 1b, 2b, 3b, 4b

d. 1b, 2b, 4a

e. 1b, 2a, 3b

7. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan .......

a. nama spesies

b. nama genus

c. penunjuk spesies

d. penunjuk genus

e. keterangan genus

8. Jeruk nipis ( Citrus nobilis ) berbeda dengan Jeruk Bali (Citrus maxima ) Keduanya sama dalam tingkat

a. genus

b. species

c. Family

d. Ordo

e. Kelas

9. Menurut binomial nomenklatur penulisan nama ilmiah tumbuhan padi adalah ........

a. ORYZA SATIVA

b. Oryza Sativa

c. Oryza-Sativa

d. Oryza sativa

e. Oryza SATIVA

PREDIKSI

Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan .......

a. nama spesies

b. nama genus

c. penunjuk spesies

d. penunjuk genus

e. keterangan genus

SKL:

Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem

1. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. .

a. varietas

b. ekosistem

c. species

d. genus

e. gen

2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah …. .

a. lengkuas, jahe, salam

b. aren, kelapa, pinang

c. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras

d. bawang merah, daun sledri, bawang putih

e. ubi, singkong, talas

3. Salak bali yang ukurannya besar dan manis , Salak Banjar yang manis dan Salak pondoh yang teksturnya halus dan manis Tergolong dalam Keaneka ragaman

a. gen

b. spesies

c. ekosistem

d. gen dan spesies

e. gen dan eksosistem

4. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman …

a. varietas

b. gen

c. speises

d. ekosistem

e. habitat

5. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat beberapa burung yaitu :

1. Burung gelatik pemakan bulir padi

2. Burung kutilang pemakan serangga

3. Burung pelikan pemakan belut dan keong

Ketiga macam burung tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ......

a. genetik

b. spesies

c. ekosistem

d. populasi

e. habitat

6. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat …

a. gen

b. spesies

c. ekosistem

d. gen dan spesies

e. gen dan eksosistem

7. Perhatikan contoh mahkluk hidup dibawah ini

Vigna sinensis , Camelia sinensis dan Hibiscus rosa sinensis serta Chlonorsis sinensis . Dari jenis mahkluk hidup ini ada kemiripan namanya sama sama sinensis , maka ke empatnya merupakan Keanekaragaman

a. gen

b. spesies

c. ekosistem

d. genus

e. family

PREDIKSI

Dimas , Ditya , Danang , Dinda dan Denok serta Diah adalah nama seorang yang berbeda baik dari warna iris mata, bentuk rambut , kemancungan hidung dan tinggi badannya , namun tentu secara ana tomi ruang jantungnya , sistem respirasinya sama maka ke 6 anak itu digolongkan keaneka ragaman

a. varietas
b.
gen
c. speises
d. ekosistem
e.
habitat

SKL:

Menjelaskan ciri-ciri virus, Kingdom Protista, Monera, dan fungi serta peranannya bagi kehi-dupan
KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mengidentifikasi Virus, Protista Mendeskripsi peran Monera dan fungi bagi manusia

1. Pernyataan yang benar tentang susunan tubuh virus adalah .......

a. memiliki selubung dari protein dan materi genetik berupa DNA atau RNA

b. memiliki selubung dari lemak dan materi genetik berupa DNA atau RNA

c. kapsid tersusun dari lipoprotein dan materi genetik berupa kromosom

d. kapsid tersusun dari karbohidrat polisakarida dan materi genetik berupa plasmid

e. organisme non seluler dan memiliki kristal yang mengandung plasmid


2. Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh bakteri.




3. Berdasarkan daur hidup secara Litik virus Identifikasi pada huruf x, y, dan z secara berurutan adalah



A. penetrasi, perakitan , lisis

B. penetrsi, absorbsi, sintesis

C. lisis, penetrasi, absorbsi

D. absorbsi, penetrasi, sintesis

E. absorbsi, sintesis, lisis

4. Berikut ini ciri dari suatu protista !

1.unicellulair

2.bentuk sel tidak tetap

3.reproduksi dengan membelah diri

4.tidak memiliki dinding sel

5.bergerak dengan kaki semu

Ciri-ciri diatas adalah kelompok … .

a. Rhizopoda

b. Sporozoa

c. Ciliata

d. Flagelata

e. Mastigopora

5. Bakteri yang berperan mengubah alkohol menjadi asam cuka adalah …. .

a. Basilicus subtilis

b. Acetobacter aceti

c. Clostridium tetani

d. Lactobacillus bulgarius

e. Sacharomyces sereviceae

6. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini!






Protozoa yang tergolong kelas Mastigophora (Flagellata) adalah .........

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 1 dan 5

d. 2 dan 6

e. 3 dan 4

7. Hasil penelitian terhadap feses seorang pasien di laboratorium kesehatan terdapat mikroorganis- me seperti gambar berikut ini!Dari data orang tersebut menderita ....




a. malaria

b. disentri amuba

c. demam berdarah

d. anthrax

e. flue burung

8. Perhatikan tahapan reproduksi Plasmodium berikut ini :

1. tropozoit

2. sporozoit

3. merozoit

Urutan proses reproduksi Plasmodium yang tepat adalah .... .

a. 1 – 2 – 3

b. 1 – 2 – 3

c. 2 – 1 – 3

d. 2 – 3 – 1

e. 3 – 1 – 2

9. Perhatikan gambar berikut :





Urutan yang benar dari reproduksi Spyrogira sp adalah …. .

a. 1, 2, 3, 4, dan 5

b. 1, 3, 5, 4, dan 2

c. 2, 4, 1, 3, dan 5

d. 3, 5, 2, 4, dan 1

e. 5, 1, 3, 2, dan 4

10. Ditemukan jamur Phenicillium chrisogenum dengan hifa bersekat, spora tersimpan di dalam kantung askus, dapat dibedakan gametnya, jamur tersebut di masyarakat dapat digunakan untuk pembuatan …. .

a. kecap

b. antibiotik

c. minuman alkohol

d. tempe

e. oncom

11. Seorang siswa menemukan jamur menempel pada kayu lapuk, bentuknya seperti kuping, dapat dimakan, sebagai sumber protein. Jamur tersebut adalah ....

a. Auricularia
b. Volvariela volvaceae

c. Ustilago
d. Pucinia
e. Shitake


12. Perhatikan gambar di bawah ini !






Secara berurutan, hifa dan basidio karp adalah …. .

a. A dan B

b. A dan C

c. C dan D

d. D dan A

e. E dan D


13. Bakteri ini bersahabat dengan kita karena membantu membusukkan makanan , mampu mensu-

lay kebutuhan vitamin K dan sering digunakan dalam riset riset dalam penelitian bioteknologi, genetika , Bakteri tersebut adalaha.

a. Rhizobium leguminosorum

b. Escherichia coly

c. Lactobacillus caseyd.

d. Nitrosomonas speciosa

e. Acetobacter xylinum

14. Perhatikan gambar





Manfaat organisme diatas adalah untuk pembuatan ....
a. Nata de Coco
b. Antibiotik
c. Yogurt
d. Tempe
e. Anggur




15. Perhatikan beberapa tahapan reproduksi plasmodium malaria berikut ini

1.oocyst

2.gametosit

3.ookinet

4.merozoit

5.sporozoit

6.tropozoit

Fase perkembangan plasmodium malaria yang terjadi didalam tubuh manusia secara urut adalah

a. 1,2 dan 4

b. 1,4 dan 5

c. 2,3 dan 6

d. 3,4 dan 5

e. 4,5 dan 6

PREDIKSI

1. Aspergillus wentii dipergunakan dalam pengolahan makanan karena dalam proses fermentasi memecah protein dan mengubah amilum. Di Indonesia digunakan dalam pembuatan .......
a, Tempeb.

b.Kecap

c. Rotid.

d.Oncom

e.Anggur

2. Bakteri banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk mengubah bahan makanan menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi. Hubungan antara jenis bakteri, bahan dan produk yang dihasilkan pada tabel berikut ini yang benar adalah …..




Jenis Bakteri

Bahan

Produk

a

Methanobacterium

Bungkil kacang

Gas metana

b

Lactobacillus bulgaricus

susu

yogurt

c

Aspergillus wentii

kedelai

tempe

d

Acetobacter xylinum

kelapa

kopra

e

Bacillus subtillis

susu

antibiotik






3. Perhatikan gambar ini !




Manfaat organisme diatas adalah untuk pembuatan
a. Nata de Coco
b. Antibiotik
c. Yogurt
d, Tempe
e. Tape

4. Pasangan mikroorganisme Bakteri dengan produk yang tidak sesuai adalah ...
a. Thiobacillus ferrosidans dapat memisahkan logam
b. Penicillium camemberti berperan dalam pembuatan keju
c. Sacharomyces cerevisae berperan dalam pembentukkan alkohol
d. Bacillus yhuringiensis berperan dalam bioinsektisida
e. Streptococcus thermophilus berperan dalam pembuatan nata de coco

SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mendeskripsikan daur hidup invertebrata

1. Cacing pita Taenia saginata dapat menginfeksi manusia melalui makan daging sapi yang kurang masak. Cacing pita ini di dalam daging sapi dalam bentuk ........

a. Onkosfer

b. Proglotid

c. Sporokist

d. Serkaria

e. sisteserkus

2. Suatu jenis cacing memiliki daur berikut : telur yang keluar bersama feses menetas pada tempat yang becek, larva menembus kulit kaki dan masuk peredaran darah manusia sampai di paru-paru kemudian keluar menuju trakea. Dari trakea ke faring kemudian tertelan masuk usus dan berkembang sampai dewasa. Cacing tersebut adalah ..........

a. Enterobius

b. Ascaris

c. Wuchereria

d. Ancylostoma

e. Fasciola

3. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang terjadi pada daur hidup cacing hati :

1. redia

2. serkaria

3. sporokis

4. telur

5. metaserkaria

6. mirasidium

urutan yang benar dari tahap-tahap tersebut adalah …. .

a. 4 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6

b. 4 – 1 – 6 – 3 – 5 – 2

c. 4 – 6 – 1 –3 – 5 – 2

d. 4 – 6 – 3 – 1 – 5 – 2

e. 4 – 6 – 3 – 1 – 2 – 5

4. Pada daur hidup cacing pita (Taenia solium), fase larva yang bersembunyi pada otot da-ging dapat masuk ke dalam tubuh manusia jika daging dimasak kurang sempurna larva ini disebut .... .

a. sistiserkus

b. serkaria

c. onkosfer

d. sporokist

e. heksakant

5. Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica!




Tahap yang terjadi pada (X) dan bagian (Y), (Z) adalah …. .

a. sporokis – redia dan serkaria

b. serkaria – metaserkaria dan mirasidium

c. redia – sprokis dan serkaria, metaserkaria

d. redia – serkaria dan larva bersilia

e. sporokis – mirasidium dan serkaria

6. Perhatian siklus hidup Obelia sp berikut ini Fase yang ditunjukkan oleh nomor 1,2 dan 3 secara urut adalah ....




a. Planula, medusa, polip

b. Planula, polip,medusa

c. Medusa, planula, polip

d. Medusa, polip, planula

e. Polip, medusa, planula

7. Perhatikan bagan daur hidup cacing hati ( Fasciola hepatica) berikut ini!

Yang merupakan fase mirasidium dan serkaria secara berurutan adalah

a. A dan B

b. A dan C

c. A dan D

d. B dan D

e. C dan E

PREDIKSI

Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp):





Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ....

a. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot

b. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot

c. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula

d. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula

e. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru

SKL:

Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata

1. Ciri-ciri Aves yang tidak dimiliki oleh kelas lainnya dalam subfilum vertebrata adalah ........

a. jantung beruang empat

b. fertilisasi interna

c. ovipar (bertelur)

d. kulit berbulu

e. suhu tubuh tidak tetap

2. Dari tabel berikut ini yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakan hewan kelas Amfibia adalah ..


Fertilisasi

Perkembangan embrio

a.

internal

ovovivipar

b.

internal

vivipar

c.

internal

ovipar

d.

eksternal

ovipar

e.

eksternal

ovovivipar

PREDIKSI

1. Dari tabel berikut ini yang merupakan ciri-ciri kelas Reptil adalah ..


Suhiu Tubuh

Ruang Jantung

a.

Poikiloterm

2

b.

Homoioterm

3

c.

Poikiloterm

3

d.

Homoioterm

4

e.

Poikiloterm

4

2. Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut

a. populasi

b. komunitas

c. ekosistem

d. biosfeer

e. simbiosis

3. Komposisi udara dibumi sebagian besar terdiri dari gas nitrogen (N2) yang merupakan komponen utama penyusun protein. Keadaan ini mengakibatkan organisme dibumi....

a. tidak mungkin kekurangan protein karena setiap saat dapat mensintesis protein

b. mudah mendapatkan protein karena bisa langsung terbentuk di udara

c. mendapat ancaman tercemar protein karena kalau tidak dimanfaatkan jumlahnya bias berle-

bih

d. terancam kekurangan protein karena hanya sebagian kecil organisme yang dapat meman-

faatkan nitrogen bebas

e. Bisa terancam kekurangan protein apabila mengalami gangguan pernafasan

4. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, orgisme yang pertama kali meneri-ma dampak negatifnya adalah … .

a. herbivora

b. produsen

c. karnivora

d. konsumen

e. pengurai

SKL:

Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya

1. Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah .... .

a. menipisnya lapisan ozon

b. meningkatnya penggunaan CFC

c. meningkatnya pengeluaran CO2

d. meningkatnya suhu air laut

e. meningkatnya permukaan ir laut

2. Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari dise-

babkan oleh polutan .......

a. oksida sulfur

b. oksida karbon

c. oksida nitrogen

d. hidrokarbon

e. chhoroflurocarbons

3. Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....

a. oksigen

b. karbondioksida

c. busa detergen

d. nitrat dan posfat

e. garam mineral

4 . Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin terjadi di daerah tersebut adalah ...

a. CO2

b. CO

c. SO3

d. Asap

e. Freon

PREDIKSI

Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. zat pencemar yang diduga menyebabkan gangguan iklim berupa effek rumah kaca ini adalah ....

a. CO2

b. SO3­

c. NO3

d. Freon

e. Ozon

SKL:

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan

1. Gambar Respirasi sel dan pembentukan RNA secara berurutan berlangsung pada bagian sel nomor …. .




a. 1 dan 2

b. 4 dan 5

c. 2 dan 3

d. 5 dan 6

e. 3 dan 4

2. Yang tercantum di bawah ini adalah ciri yang dimiliki organel sel :

1. terdapat sitokrom

2. mengandung pigmen fotosintesis

3. memiliki membran rangkap

4. tempat respirsi sel

5. tempat berlangsung siklus Calvin

Yang merupakan ciri organel mitokondia adalah …. .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 3 dan 4

c. 1, 3 dan 5

d. 2, 3 dan 4

e. 3, 4 dan 5

3. Perhatikan gambar perangkat percobaan ini






Proses transport zat yang menyebabkan perubaan seperti pada gambar karena peristiwa …. .

a. difusi dimana A hipertonis dan B hipotonis

b. difusi dimana A hipotonis dan B hipertonis

c. osmosis dimana A hipertonis dan B hipotonis

d. osmosis dimana A hipotonis dan B hipertonis

e. transport aktif karena ada perbedaan larutan A dan B

4. Perhatikan gambar sel berikut ini





Sel yang tertera pada gambar bila dimasukkan ke dalam larutan yang hipotonis maupun yang hipertonis bentuknya tidak akan berubah, sebab sel ini memiliki .....

a. platida

b. vakuola

c. dinding sel

d. membran sel

e. sitoplasma

5. Bagian sel yang bersifat selektif permeabel dan berfungsi mengatur transportasi zat ke luar dan ke dalam sel adalah .........

a. dinding sel

b. selaput plasma

c. retikulum endoplasma

d. vakuola konstraktil

e. badan golgi

6. Organel sel yang menyerap oksigen dan banyak terdapat pada sel sel yang aktif melakukan pergerakan adalah .........

a. mitokondria

b. lisosom

c. nukleus

d. sentriol

e. kloroplas

7. Berikut organel-organel sel :

1. lisosom

2. vakuola

3. kloroplas

4. kromatin

5. ribosom

6. sentrasom

Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel hewan yaitu nomor … .

a. 1 – 2 – 5

b. 1 – 4 – 6

c. 2 – 3 – 4

d. 2 – 4 – 6

e. 3 – 4 – 5

8. Perhatikan gambar !




Kentang x direndam dalam larutan garam 5%, kentang y direndam dalam larutan garam 10%. Berdasarkan gambar setelah kentang direndam 60 menit maka berat kentang …. .

a. x = y

b. x > y

c. x <>

d. x tetap, y berubah

e. x berubah, y tetap

9. Perhatikan gambar !




Berdasarkan gambar, subtansi genetik dan oksidasi sel secara berurutan ditunjuk oleh nomor …. .

a. 1 dan 2

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 2 dan 5

e. 3 dan 4

10. Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan strukturnya karena memiliki beberapa perbedaan. Ciri-ciri pada tabel tersebut yang menunjukkan perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan adalah ...


Sel Hewan

Sel Tumbuhan

a

Mempunyai membran sel

Mempunyai dinding sel, tidak mempunyai membran sel

b

Tidak mempunyai plastida

Mempunyai plastida

c

Vakuola ukuran besar

Vakuola ukuran kecil

d

Tidak memiliki sentriol

Memiliki sentriol

e

Mempunyai mitokondria

Tidak mempunyai mitokondria

11. Perhatikan organel-organel dalam tabel di bawah ini :

No.

Nama organel

No.

Nama organel

1

Nukleus

7.

Kloroplas

2

Dinding sel

8.

Mitokondria

3

Lisosom

9.

Leukoplas

4

Vakuola

10.

Kromatin

5

Sentrosom

11.

Ribosom

6.

Lamela tengah

12.

Retikulum endoplasma

Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel tumbuhan, yitu nomor ... .

a. 1, 3, 5, 6

b. 2, 4, 6, 7

c. 2, 5, 7, 10

d. 3, 6, 9, 12

e. 4, 8, 10, 11

12. Perhatikan percobaan osmosis pada sel-sel tumbuhan diletakkan dalam perlakuan larutan yang

berbeda!




Berdasarkan gambar hasil percobaan tersebut, secara berurutan (X), (Y), dan (Z) adalah larutan yang bersifat .... .

a. isotonis – hipotonis – hipertonis

b. hipotonis – hipertonis – isotonis

c. hipertonis – isotonis – hipotonis

d. isotonis – hipertonis – hipotonis

e. hipertonis – hipotonis – isotonis

13. Seorang peneliti sitologi mengamati sebuah sel, Dia memastikan bahwa sel yang diamati adalah sel tumbuhan karena memiliki ciri-ciri .........

a. eukariotik dan memiliki dinding sel serta plastida

b. eukariotik dan memiliki membran sel dan vakuola

c. eukariotik dan memiliki mitokondria dan nukleus

d. prokariotik dan memiliki plastida dan vakuola tengah

e. prokariotik dan memiliki bentuk tetap dan tidak terdapat lisosom

14. Berikut ini pernyataan tentang transportasi zat yang terdapat di dalam sel :

1. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi tinggi ke rendah

2. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi rendah ke tinggi

3. memerlukan energi berupa ATP

4. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan konsentrasi larutan di dalam dan luar sel

5. dipengaruhi oleh muatan listrik di luar dan di dalam sel

6. menggunakan protein karier sebagai pengangkut

Pernyataan yang benar tentang transport aktif adalah ........

a. 1, 2, 3 dan 4

b. 1, 3, 4 dan 6

c. 2, 3, 4 dan 5

d. 2, 3, 5 dan 6

e. 3, 4, 5 dan 60

PREDIKSI

1. Perhatikan gambar sel.









No.

Nama Organ

Fungsi Organ

a.

1.

Lisosom

Penghasil enzim

b.

1.

Benda golgi

Respirasi

c.

2.

ribosom

Sintesis protein

d.

2.

Mitokondria

Respirasi

e.

3.

Nukleus

Mengatur metabolisme

2. Apabila sel tumbuhan dan sel tumbuhan dimasukkan kedalam larutan garam 10% setelah beberapa jam yang akan terjadi adalah ...

a. keduanya plasmolisis

b. keduanya krenasi

c. keduanya pecah

d. sel hewan krenasi, sel tumbuhan plasmolisis

e. sel hewan plasmolisis, sel tumbuhan krenasi

SKL:

Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya

1. Perhatikan gambar !




Yang diberi label X adalah …. .

a. bulu akar, berfungsi menye-rap zat-zat mineral dari dalam tanah

b. tudung akar, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah

c. meristem apikal, berfungsi untuk menembus tanah

d. meristem apikal, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah

e. tudung akar, berfungsi untuk menutupi meristem apikal

2. Perhatikan gamabar mikroskopis dari salah satu jaringan tumbuhan, yang diberi label X mempunyai fungsi sebagai .... .




a. pengangkut makanan

b. penyimpan lemak

c. pengangkut air

d. jaringan pengiring

e. jaringan pelindung

3. Perhatikan gambar !

3. Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y, dan z secara berurutan adalah …. .




a. bunga karang, epidermis dan palisade

b. epidermis, bunga karang dan palisade

c. palisade, bunga karang dan epidermis

d. epidermis, palisade dan bunga karang

e. bunga karang, palisade dan epidermis

4. Seorang siswa melakukan pengamatan mikroskopis ujung akar bawang merah. Dia mendapatkan jaringan yang sel-selnya aktif membelah secara mitosis. Jaringan tersebut adalah jaringan .....

a. parenkim

b. sklerenkim

c. kolenkim

d. meristem

e. epidermis

5. Gambar penampang melintang tumbuhan dikotil.




Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosinsis adalah yang berlabel

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5

6. Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam jonjot usus ditentukan oleh gambar …




a. A b. .B c. C d. D . e . E

7. Perhatikan gambar ini






Gambar diatas menunjukkan jaringan
a. Getah bening
b. Otot lurik
c. ikat longgar
d. tulang rawan
e. tulang sejati

8. Dari gambar 5 macam jaringan darah berikut ini, yang berfungsi pada saat proses pembekuan darah adalah .... .




9. Perhatikan Gambar Jaringan Epithel dibawah ini dan fungsi jaringan tersebut adalah ....




a. batang tenggorok, pergerakan zat melewati permukaan

b. saluran kencing, memungkinkan perubahan bentuk

c. saluran kelenjar keringat, sekresi dan pergerakan zat

d. kelenjar keringat, penyimpanan dan sekresi produknya

e. pembuluh darah, memungkinkan difusi atau filtrasi

10. Perhatikan gambar struktur otot berikut ini




Gambar yang menujukkan struktur otot polos dan otot rangka secara urut adalah ...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 1

e. 3 dan 2

11. Perhatikan gambar neuron. X, Y dan Z

secara berurutan adalah …






a. Dendrit, akson dan badan sel

b. Dendrit, akson dan sel shwan

c. Dendrit, badan sel damn akson

d. Inti sel, Nodus Renvier dan sel schwan

e. Inti sel. Selubung mielen dan sel schwan

12. Perhatikan gambar skematis jaringan epitel berikut ini




Struktur jaringan epitel tersebut banyak terdapat pada ....

a. pembuluh darah kapiler

b. pembuluh darah vena

c. selaput luar paru-paru

d. permukaan dalam usus halus

e. rongga mulut

PREDIKSI

1. Perhatikan struktur organ tumbuhan berikut ini

Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan unsur hara dari dalam atanah secara berturut-turut adalah ….




a. 1 dan 2

b. 2 dan 4

c. 2 dan 5

d. 3 dan 4

e. 4 dan 5

2. Perhatikan gambar!






1, 2, 3, dan 4 merupakan sel yang terdapat dalam sistem tubuh kita, sistem yang diwakili oleh 1, 2, 3, dan 4 adalah …. .
a. Transportasi Pencernaan Transportasi Ekskresi
b. Transportasi Transportasi Ekskresi Pencernaan
c. Ekskresi Transportasi Pencernaan Ekskresi
d. Pencernaan Transportasi Ekskres
i Transportasi

e. Ekskresi Transportasi Transportasi Pencernaan

SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya

1. Seorang Ibu yang sedang hamil tua pada bagian betisnya nampak adanya guratan berwarna biru. Hal ini disebabkan karena terjadi pelebaran pembuluh vena kaki. Gangguan ini disebut .....

a. Thrombus

b. Embolus

c. Sclerosis

d. Varises

e. Hemoroid

2. Vena yang kembali ke jantung dan membawa CO2 adalah …. .

a. vena renalis dan vena pulmonalis

b. vena pulmonalis dan vena hepatika

c. vena kava superior dan inferior

d. vena kava superior dan vena pulmonalis

e. vena kava inferior dan vena pulmonalis

3. Urutan yang benar untuk nomor (1), (2) dan (3) adalah.........

A. tromboplastin, ion calsium dan fibrin

B. anti hemofilia faktor, fibrin dan tromboplastin

C. tromboplastin, fibrin dan antihemofilia faktor

D. anti hemofilia fktor, tromboplastine dan fibrin

E. fibrin, tromboplastin dan anti hemofilia factor

4. Hasil laboratorium Tuan Soni!




Dan hasil laboratorium, Tuan Soni diduga menderita penyakit ....

a. AIDS

b. tifus

c. hepatitis

d. flu burung

e. demam berdarah

5. Perhatikan gambar skema sistem peredaran darah manusia berikut ini




Pembuluh darah yang ditunjuk oleh X dan Y adalah ...

a. arteri pulmonalis dan vena kava

b. arteri pulmonalis dan aorta

c. vena pulmonalis dan aorta

d. vena pulmonalis dan vena kava

e. vena kava dan aorta

6. Seseorang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka yang tidak terlalu parah tetapi nyawanya tidak tertolong karena dokter kesulitan menghentikan pendarahan yang kelaur dari lukanya. Kelainan yang diderita korban adalah ....

a. hemofilia

b. anemia

c. leukemia

d. arteriosklerosis

e. arterisklerosis




7. Fungsi sel darah pada gambar berikut adalah ….

a. mengangkut O2 dan CO2

b. mengangkut hormon

c. membunuh kuman penyakit

d. menggumpalkan darah

e. menjaga suhu tubuh

PREDIKSI

1. Bagan yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....




a. B - 3 - A - 4 - D

b. B - 4 - A - 3 - D

c. C - 2 - B - 4 - A

d. B - 1 - C - 2 - D

e. B - 2 - C - 1 – 3

2. Perhatikan gambar jantung !






Bagian yang diberi no-mor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah

a. vena paru-paru, ventrikel kanan, vena cava

b. vena paru-paru, ventrikel kiri, atrium kanan

c. aorta, ventrikel kiri, vena paru-paru

d. aorta, ventrikel kanan, vena kava bawah

e. vena kanan atas, ventrikel kanan, vena paru-paru

SKL:

Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia

1. Satuan-satuan konstraktil jaringan otot disebut sarkomer yang mengandung garis terang disebut zona-H dan garis gelap disebut zona-Z. Pada saat otot berkontraksi terjadi ......

a. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih gelap

b. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih terang

c. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih gelap

d. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih terang

e. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z tetap, otot menjadi lebih terang

2. Perhatikan gambar lengan manusia




Fungsi otot bisep dan trisep dalam kontraksi yang benar adalah .........


Bisep

Trisep

a.

b.

c.

d.

e.

abduktor

depresor

pronator

fleksor

abduktor

adduktor

elevator

suspinator

ekstensor

fleksor

3. Perhatikan gambar !

Berdasarkan gambar yang ditunjuk x adalah sendi …. .

a. putar

b. luncur

c. engsel

d. pelana

e. peluru




4. Perhatikan gambar

Yang berlabel X dan Y adalah tulang

a. hasta dan pergelangan

b. pengumpil dan pergela-ngan

c. hasta dan pengumpil

d. pengumpil dan hasta

e. hasta dan proksimal

5. Pengertian yang tepat dari macam artikulasi di bawah ini, adalah

a. diartrosis, jika gerakan yang terjadi sangat terbatas

b. sinartrosis adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak ada gerak

c. amfiartrosis jika gerakan yang terjadi sangat leluasa

d. sinartrosis, jika gerakan terbatas

e. amfiartrosis, adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak terjadi gerakan




6. Perhatikan gambar lengan manusia berikut ini

Gerakan yang terjadi akibta adanya..

a. otot bisep dan otot trisep kontraksi

b. otot bisep otot bisep relaksasi

c. otot bisep kontraksi otot trisep relaksasi

d. otot bisep relaksasi, otot trisep kontraksi

e. otor trisep kotraksi, otot bisep bisa kontraksi atau relaksasi

7. Adanya persendian memungkinkan munculnya gerak yang sangat bervariasi yang dapat dikontrol. Macam persendian dari hubungan antar tulang dibawah ini yang benar adalah … .


Sendi Engsel

Sendi Peluru

Sendi Pelana

a

Siku dan lutut

Tulang atlas dan tulang leher

Gerakan ibu jari kaki

b

Lutut dan ruas jari

Pangkal paha

Pergelangan tangan

c

Pangkal paha

Lutut dan siku

Tulang tengkorak

d

Ruas – ruas jari

Siku dan lutut

Gerakan ibu jari

e

Telapak tangan

Telapak kaki

Pergelangan tangan

PREDIKSI

1. Seseorang mengalami kelainan pada tulang

belakangnya seperti gambar

Kelainan tulang tersebut dinamakan ...

a. Skoliosis

b. Kofosis

c. Lordosis

d. Fraktura

e. Fisura

SKL:

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

1. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi hormon pada tumbuhan terdapat pada .... .


Auksin

Giberelin

a.

merangsang pertum-buhan akar lateral

menghambat pem-bentukan biji

b.

merangsang pembelahan sel

menghambat pertum-buhan tanaman

c.

mempengaruhi per-kembangan embrio

mempengaruhi peman-jangan dan pembelahan sel

d.

merangsang pemben-tukan bunga dan buah

menunda pengguguran daun

e.

menghambat pertum-buhan tanaman

menghambat pembentukan biji

2. Penggunaan praktis hormon auksin dalam pertanian adalah …. .

a. untuk perkembangan buah tanpa biji

b. dapat menghambat rumput liar

c. merangsang perkembangan buah secara polonasi

d. merangsang perkembangan buah secara fertilisasi

e. mempermudah buah jatuh dari pohon

3. Faktor luar yang menghambat laju pertumbuhan hipokotil dan mempercepat laju pertumbuhan epikotil dalam perkecambahan biji adalah ......

a. temperatur

b. unsur hara

c. kelembaban

d. kadar air

e. cahaya

4. Seorang siswa melakukan percobaan tentang kecepatan pemasakan buah mangga yang sudah tua tetapi masih hijau. Mangga tersebut dimasukkan ke dalam dua buah keranjang. Keranjang pertama dibiarkan terbuka sedangkan yang kedua ditutup dengan kertas. Ternyata mangga yang diletakan pada keranjang kedua lebih cepat matang, karena pengaruh ...........

a. gas etilen

b. asam absisat

c. asam traumalin

d. asam indol-asetat

e. gas hidrogen

PREDIKSI

Batang tanaman yang di stek atau dicangkok agar cepat tumbuh akar diberi hormon ...

a. Kaulokalin

b. Rhizokalin

c. Auksin

d. Giberelin

e. Sitokinin

SKL:

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menginterpretasikan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman

1. Perhatikan tabel hasil pengamatan eksperimen pertumbuhan biji kacang hijau.

Hari ke

0

1

2

3

4

5

6

7

Panjang kecambah (cm)

0

0,4

1,6

2,8

4,0

5,2

6,4

7,6

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata pertumbuhan kecambah adalah....

a 0,09

b. 1,6

c 1,09

d. 7,6

e 1,2

2. Dalam percobaan pertumbuhan tanaman I, II, III


Luas lahan

Pemupukan

I

X

2 cc/liter

II

X + 2

2 cc/liter

III

X

2 cc/liter

Variabel bebas dan variabel terikat pada eks-perimen tersebut secara berurutan adalah …. .

a. jumlah tanaman, pemupukan

b. jumlah tanaman, luas lahan

c. luas lahan, pemupukan

d. luas lahan, rata-rata tumbuh pada hari ke 4

e. pemupukan, luas lahan

PREDIKSI

Perhatikan data pertumbuahn kecambah kacang hijau yang diberi perlakukan dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda berikut ini

No

Kondisi cahaya

Pertambahan tinggi pada hari ke..(cm)

1

2

3

4

5

6

7

1

Gelap

2.0

3.4

5.2

5.6

7,2

8.0

8.6

2

Remang - remang

1.2

1.8

2.2

2.3

2.6

3.1

4.5

3

terang

0.4

0.9

1.3

1.3

1.5

2.2

3.0

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah ..

a. tidak berpengaruh

b. menghambat

c. mempercepat

d. pada kondisi gelap berpengaruh tetapi

e. data eksperimen tidak dpat digunakan untuk menarik kesimpulan.

SKL:

Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menginterpretasikan percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein

PREDIKSI :

Hasil percobaan enzim katalase sebagai berikut:

No.

Ekstrak hati dengan

Perlakuan

Nyala bara

Keterangan

1.

H2O2

Suhu 37oC

++

+ = banyak

++ = banyak sekali

2.

H2O2

Suhu 15oC

3.

H2O2

Suhu 60oC

4.

H2O2

pH 3

5.

H2O2

pH 7

++

6.

H2O2

pH 12

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa …. .

a. pada suhu dan pH rendah enzim aktif

b. enzim bekerja pada pH 7 dan suhu di atas 37oC

c. kerja enzim dipengaruhi oleh pH dan suhu

d. aktivitas enzim dipengaruhi suhu tetapi tidak dipengaruhi pH

e. pH dan suhu kurang berpengaruh pada kerja enzim

SKL:

Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya

1. Perhatikan diagram mutasi gen berikut

Jenis mutasi yang terjadi disebut ......

a. insersi

b. inversi

c. transversi

d. transisi

e. deaminasi

2. Seorang wanita yang bekerja di Badan Tenaga Atom, diindikasikan mengalami radiasi pada organ reproduksinya sehingga terjadi peristiwa gagal berpisah pada sel gametnya. Ternyata melahirkan anak Sindrom Klinefelter, hal ini disebabkan oleh ..

a. Non-disjunction XX pada waktu oogenesis

b. Adanya kelebihan autosom no.21

c. Adanya 45 kromosom

d. Adanya pindah silang

e. Kromosomnya 2n – 1

3. Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi kromosom seks (44 A + X0) pada manusia adalah kelainan fisik yang disebut .

a. Sindrom Klinefelter

b. Sindrom Turner

c. Sindrom Down

d. Sindrom Patau

e. Sindrom Imbisil

PREDIKSI :

Perhatikan skema berikut!




Pada skema mutasi tersebut, yang terjadi secara berurutan adalah peristiwa mutasi …. .

a. gen karena adanya inversi dan insersi

b. gen karena adanya insersi dan inversi

c. kromosom karena adanya insersi dan inversi

d. kromosom karena adanya delesi dan duplikasi

e. kromosom karena adanya defisiensi dan delesi

SKL:

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mendeskripsikan peristiwa mutasi berserta contoh-contohnya

1. Diketahui silsilah sebuah populasi 64 % orang dapat merasakan pahitnya kertas PTC (dominan). Maka kemungkinan jumlah ratio genotip orang yang perase PTC yang heterezigot adalah ....

a.6 %

b.36 %

c. 16 %

d.48 %

e.24 %

2. Di suatu kota yang berpenduduk 1 juta orang terdapat 9 % laki – laki buta warna. Maka jumlah perempuan yang menderita buta warna adalah ….

a. 9.000 orang

b. 9.100 orang

c. 8.281 orang

d. 8.100 orang

e. 300.000 orang

3. Di suatu kecamatan yang berpenduduk 90.000 jiwa menurut sensus penduduk terdapat penderita secle sel 3.600 jiwa, persentase penduduk yang karir secle cel berjumlah …. .

a.4%

b.32%

c. 6%

d.36%

e.16%

4. Pada masyarakat sebuah pulau terpencil terdapat 4 % laki-laki butawarna. Butawarna dikendalikan oleh gen resesif terpaut X. Berapa prosentase wanita carier dalam masyarakat tersebut?

a. 96 %

b. 92,16 %

c. 19,2 %

d. 16,24 %

e. 7, 68 %

PREDIKSI :

Disuatu pulau yang dihuni oleh 3000 orang penduduk terdapat 2730 orang yang berhesus positif.Gen rhesus positif (Rh) dominan terhadap gen rhesus negatif (rh). Berapa orang dalam pulau tersebut yang berhesus positif genotip heterozigot ?.......

a. 1740 orang

b. 1530 orang

c. 1470 orang

d. 1260 orang

e. 270 orang

SKL:

Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan

1. Rangkaian percobaan Spallanzani dan Louis Pasteur




Keterangan:

Labu I terbuka dan tidak dipanaskan labu II terbuka dan dipanaskan

Labu III tertutup dan dipanaskan labu IV terbuka dan dipanaskan

Pada hari pertama kaldu di dalam labu semua-nya jernih. Setelah 3 hari, hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa pada labu

I dan II tetap jernih

I dan III tetap jernih

II dan III tetap jernih

II dan IV tetap jernih

III dan IV tetap jernih

Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......

a. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi

b. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata

c. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup

d. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi

e. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni

2. Teori tentang asal usul kehidupan yang dapat dibuktikan secara eksperimental adalah teori .....

a.generatio spontanea

b.kosmozoan

c. evolusi biologi

d.evolusi kima

e.kreasi khas

4. Omne ovum ex vivo dikemukakan oleh

a. Aristoteles

b. Fransisco redi

c. Lazaro spalanzani

d. Louis pasteur

e. Harold urey

5. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah ......

a.rambut pada dada

b.tulang telapak tangan

c. umbai cacing (usus buntu)

d.gigi taring yang runcing

e.otot-otot (penggerak) telinga

PREDIKSI

Perhatikan rangkaian eksperimen Stanley Miller berikut ini


Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat mengungkap proses pembentukan maklhuk hidup karena ....

a. Dihasilkan molekul organik dari reaksi kimia zat anorganik purba

b. Terjadi penggabungan molekul-molekul organik menjadi calon sel

c. Dihasilkan calon sel seperti tubuh virus

d. Dihasilkan sel sederhana (sel prokariotik) dari molekul organik yang terbentuk

e. Dihasilkan sel hidup dari reaksi kimia zat anorganik purba

SKL:

Menjelaskan prinsip peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan ligkungan

KEMAMPUAN YANG DIUJI:

Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkugan dan perkembangan bioteknologi beserta contohnya

1. Aplikasi pengetahuan tentang mutasi adalah untuk mendapatkan tanaman atau hewan jenis unggul. Pada hewan misalnya adalah … .

a.Ayam kalkun

b.Sapi Madura

c. Kambing kacang

d.Domba Doli

e.Lele Dumbo

2. Interferon yang merupakan senyawa yang mampu mengobati beberapa penyakit kanker dapat diproduksi secara rekayasa genetika melalui teknik ….

a. Kloning

b. Transplantasi gen

c. Plasmid e.

d. Transfer enzim

e. Hibridoma

3. Bakteri hasil rekayasa genetika bila terlepas dari laboratorium dan masuk ke dalam lingkungan di khawatirkan oleh para ahli akan dapat menyebabkan .................

a.membunuh bakteri lain yang bermanfaat

b.pembusukan sampah organik menjadi lambat

c. munculnya penyakit baru yang sulit diobati

d.semua bakteri menjadi resisten terhadap antibiotika

e.hama tanaman berkembang sangat pesat

4. Penggunaan bakteri Bacillus thuringensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk mempe roleh tumbuhan yang ......

a.menghasilkan asam amino yang lengkap

b.menghasilkan pestisida pembunuh hama

c. mampu memupuk dirinya sendiri

d.menguraikan senyawa yang bersifat racun

e.proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat

5. Teknik Pada Kultur jaringan dilandaskan pada sifat

a.deferensiasi

b.regenerasi

c. totipotensi

d.bioremediasi

e.transplantasi

6. Berikut ini adalah langkah-langkah Bioteknologi :

1. “Gen titipan” dimaksudkan kedalam plasmid

2. DNA yang mengandung gen titipan diberi Enzim Restriksi

3. Bakteri agen memperbanyak diri

4. Plasmid yang membawa “gen titipan” dimasukkan kedalam bakteri agen

Untuk langkah yang benar dari Biotektologi dengan teknik DNA Rekombinan pada teknik Plasmid adalah ....

a.2, 3, 4 dan 1

b.2, 1, 4 dan 3

c. 2, 1, 3 dan 4

d.1, 3, 4 dan 2

e.1, 2, 3 dan 4

PREDIKSI

1. Untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar yang digunakan untuk pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara .....

a. totipotensi jaringan

b teknologi hibridoma

c teknologi plasmid

d transplantasi gen

e transplantasi nukleus

2. Makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan transgenik diberi label GMO (genetically modified organisms) agar konsumen bebas untuk memilihnya. Sebab makanan tersebut ..........

a. kadar protein yang terkandung sangat rendah

b. menyebabkan alergi pada orang tertentu

c. menghambat pertumbuhan pada balita

d. mudah terkontaminasi bakteri-bakteri patogen

e. mengandung racun yang dapat menyebabkan mutasi gen

Mr. Jack

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar