``
ILMUWAN DUNIA
ILMUWAN DUNIA
Baron Karl Von Drais -
Penemu Sepeda
Profil dan Biografi Baron Karl Von Drais, ia dikenal
sebagai Penemu Sepeda. Nama lengkapnya Baron Karls Drais
von Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April
1785 di Karlsruhe, Jerman.
Dia adalah seorang penemu dari Jerman dan menemukan Laufmaschine
juga kemudian disebut sepeda beroda tiga, atau draisienne.
Ini kemudian dimasukkan sebagai prinsip roda dua yang kemudian
menjadi dasar untuk sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari
transportasi pribadi mekanik. Drais juga menemukan mesin ketik awal dengan
keyboard pada tahun 1821. Dari 1803-1805, Drais belajar arsitektur, pertanian
dan fisika di University of Heidelberg.
Ia bergabung sebagai pejabat kehutanan, bekerja sebagai guru di
lembaga kehutanan pribadi milik pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar
kepala rimbawan, tetapi posisinya belum ditentukan. Satu tahun kemudian ia
diskors dari dinasnya, tapi terus menerima gaji sehingga dia bisa mencurahkan
lebih banyak waktu untuk penemuannya.
Drais berhasil melakukan terobosan penting,yang ternyata
merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby
Horse dimodifikasi hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda
depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa
pedal. Perjalanannya yang pertama dilaporkan, dari Mannheim ke Schwetzinger
Relaishaus berlangsung pada tanggal 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia
melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden, dan lain-lain. Dengan
mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat
saat berkeliling. Dia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama Draisienne.
Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Pada 1839,
Kirkpatrick Macmillan menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara
roda belakang dan ban depan Draisienne.
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai
muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya
ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna
seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini
tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya
sepeda-sepeda modern di dunia.
Pada tanggal 12 Januari
1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan
atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemu-annya pada waktu
itu.
Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor
Mekanika. Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan
universitas atau lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus
menerima gaji sebagai atas penemuannya. Bencana mendekati Drais ketika sebuah
pembunuhan dan pemenggalan terjadi atas Ludwig Sand, pada tahun 1820. Ayah
Drais sebagai hakim tertinggi Baden, menolak meminta maaf, dan anaknya kemudian
di kepung oleh mahasiswa mahasiswa di jerman. Oleh karena itu, 1822-1827, Drais
kemudian pindah ke Brasil sebagai pengawas tanah di Fazenda milik Georg
Heinrich von Langsdorff, namun kembali ke Mannheim.
Sebab dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun
tanpa musim panas di sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di
Indonesia menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen
dan kelaparan kuda, dan inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda
tiga tersebut. Drais kemudian meninggal di kota kelahirannya, Karlsruhe pada
tanggal 10 Desember 1851, tanpa uang sepeser pun setelah Prusia melakukan
revolusi di Baden dan menyita uang pensiun drais sepenuhnya untuk membayar
biaya revolusi.
Jenis-jenis sepeda
sekarang ini:
Kini sepeda mempunyai beragam nama dan model. Pengelompokan
biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya.
1.
Sepeda gunung-digunakan untuk
lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi
kecepatan sampai 27.
2.
Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap
jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan
dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27
4.
Sepeda kota (citybike) adalah sepeda yang biasa dipakai di
perkotaan dengan kondisi jalan yang baik. Sepeda jenis sangat menekankan aspek
funsional. Biasanya memiliki sebuah boncengan dan keranjang.
5.
Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak,
baik beroda dua maupun beroda tiga
6.
Sepeda angkut atau sepeda yang berdesain klasik (tua) termasuk
dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos dan sepeda ontel yang
memiliki besi kuat dan diameter roda yang besar mampu untuk keperluan
berboncengan dan membawa barang.
7.
Sepeda lipat-merupakan jenis sepeda
yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan
mudah
8.
Sepeda Balap – Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran
dan digunakan untuk balapan.
9.
Sepeda Motor – bertenaga mesin
dengan mengunakan bahan bakar berjenisbensin sebagai sumber daya utamanya. Dengan
semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua ini, sepeda motor injeksi pun kini mulai di
produksi sebagaian besar produ-sen otomotif di Indonesia.
Orville dan
Wilbur Wright tahun 1905.
Penemu pesawat terbang
Orville Wilbur Wright
Wright
Bersaudara yang terdiri
dari dua orang adik beradik, Orville
Wright (19
Agustus 1871 - 30
Januari 1948) dan Wilbur Wright (16
April 1867 - 30 Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat
terbang efektif
pertama, dan membuat pener-bangan terkendali pertama menggunakan pesawat
terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang
era dirgantara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di
Dayton, Ohio.
Toko
tersebut menjual dan memperbaiki sepedamotor.
Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka
mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di
pantai Kitty Hawk, North Carolina.
Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata
berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin
tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.
Pada
pukul 10:35 pagi (10:35 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17
Desember 1903,
Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali
sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina.
Mereka
menyaksikan pesawat Wright
Flyer dikemudikan
oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun
kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan
penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya
dinamaiWright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama
"Kitty Hawk". Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum
Dirgantara di Washington DC,Amerika
Serikat.
Charles Babbage, Penemu Komputer
Charles
Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang
tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya
pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung
(Difference Engine no.1) yang ditemu-kan oleh Charles Babbage
(1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah
perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama.
Babbage juga terkenal dengan julukan bapak
komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai
kontribusinya terhadap dunia komputer.
Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang
dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin
Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat
memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan
matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.
Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai
seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, dia
terpilih sebagai anggota "Royal Society" (organisasi sains dan
akademis independen Inggris Raya, masih aktif hingga kini) dan memainkan peran
penting di yayasan "Astronomical Society" (organisasi Astronomi dan
geofisika Inggris raya, masih aktif hingga kini) pada tahun 1820. Pada masa ini
Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.
Martin Cooper, penemu handphone
Martin Cooper tercatat sebagai penemu handphone
pertama, sendiri tidak membayangkan bahwa telepon selular bisa sekecil sekarang
ini sehingga dapat dibawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di
zaman nirkabel sekarang ini. Martin Marty Cooper lahir 26 Desember 1928 di
Chicago, Illinois, USA, dia merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang
mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car
Phone).
Kalimat pertama yang diucapkan adalah "Joel,
I'm calling you from a 'real' cellular telephone. A portable handheld
telephone."
Meskipun digelari sebagai ‘Bapak Telepon
Selular (Ponsel)’, dengan rendah hati Martin Cooper mengatakan “Meskipun aku
bagian dari penemuan tersebut, tapi karya tersebut adalah hasil kerja tim dan
ratusan literatur orang orang yang menciptakan visi tentang bagaimana selular
seperti hari ini, yang tentu belum sempurna. Kami masih terus bekerja dan
berusaha untuk membuatnya lebih baik”.
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta
atau
Alessandro Volta, penemu Baterai
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta atauAlessandro
Volta Tercatat sebagai Penemu Baterai pertama kali, lahir di Como,
Italia, dan mengajar di sekolah-sekolah umum di sana. Pada 1774 ia menjadi
profesor fisika di Sekolah Royal di Como. Setahun kemudian, ia memperbaiki dan
mempopulerkan electrophorus, sebuah alat yang menghasilkan muatan listrik
statis. promosinya itu begitu luas sehingga ia sering dikreditkan dengan
penemuannya, meskipun mesin yang beroperasi dalam prinsip yang sama pada tahun
1762 digambarkan oleh profesor Swedia Johan Wilcke.
Volta merupakan seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800. Dia meninggal pada 5 Maret 1827. Ia dimakamkan di Camnago Volta.
Warisan Volta dirayakan oleh Temple di tepi
Danau Como di pusat kota. Sebuah museum di Como, Gedung Voltian, telah dibangun
untuk menghormatinya dan pameran beberapa peralatan asli ia digunakan untuk
melakukan percobaan.
Guglielmo Marconi, penemu Radio
Guglielmo Marconi lahir di tahun 1874 di Bologna, Dia
tercatat sebagai Penemu radio Pertama kali. Tahun 1894 tatkala usianya
menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh
Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan
gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak
oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Marconi lantas tergugah
dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi
jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya
komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram.
Makna penting dari penemuan barunya secara
dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat
tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua
penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi
berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia
berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang
lebih dari 6000 mil.
Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda
sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat
radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio
dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan
arti pentingnya tumbuh dengan amat cepatnya.
John Logie Baird, penemu Telivisi
John Logie Baird Tercatat sebagi orang yang pertama
kali menemukan televisi. lahir tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia,
Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow.
Diganggu oleh kesehatan yang buruk, dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I
dan akhirnya ia memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dia
kemudian memutuskan untuk menjadi seorang "amatir profesional," dan
mengejar kepentingan-kepentingan yang berbeda dan menguntungkan.
setelah kelelahan menyebabkan gangguan saraf, Baird memilih untuk berkonsentrasi pada elektronik, terutama setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat digunakan untuk membawa sinyal audio. Baird yakin bahwa proses yang sama dapat mengirimkan sinyal visual, dan ia mulai bekerja dan melakukannya pada sebuah desain. desain Baird adalah sebuah perangkat yang disebut Nipkow disk, disk scanning diciptakan pada tahun 1884 oleh ilmuwan Paul Nipkow Jerman. Pada dasarnya, perangkat ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi, terletak dalam posisi spiral.
Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow
disk mampu memindai area terang dan gelap dan mengkonversi informasi yang
menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan seconddisk, disinkronkan dengan yang
pertama, Nipkow mampu menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif.
Baird mengambil ide Nipkow satu langkah lebih
jauh, mengembangkan sistem dengan mana sinyal dapat dikirim melalui gelombang
elektromagnetik, bukan kabel. Sementara masih dalam tahap perkem-bangan,
penemuan Baird menemukan sedikit dukungan keuangan, karena sebagian besar
investor menganggap ide baird sebagai hal yang kurang menguntungkan.
Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam
kondisi serba kekurangan. Selama waktu ini Baird bekerja sebagai perjual sepatu
dan seorang salesman silet, mendapatkan uang hanya cukup untuk membayar
makanan, tempat tinggal, dan perlengkapan mekanik. Banyak dari prototipe untuk
penemuan di buat barang barang keperluan rumah tangga seperti kue kaleng, jarum
rajut, lampu sepeda, dan string. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha
mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio.
Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter
tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. Gembira, dia
berlari ke lantai bawah toko dan membujuk seorang anak muda untuk menjadi orang
pertama yang gambarnya di transmisikan oleh televisi. Baird menjadi terkenal
hampir dalam semalam, dan segera investor memberinya cukup uang untuk mengejar
tujuan yang lebih ambisius. Pada 1927 ia mengirim sinyal televisi dari London
ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke New York.
Charles Goodyear, penemu Ban Karet
Charles Goodyear di
tercatat seba-gai penemu pertama ban karet. lahir di New Haven pada
tanggal 29 Desember 1800. Dia seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang
menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mempatenkan
penemuannya itu pada tahun 1844.
Pada mulanya Charles Goodyear adalah seorang
mantan pedagang yang bangkrut dan sempat dipenjara akibat terlilit utang. Pada
tahun 1830 dunia sedang mengalami demam karet dan Charles Goodyear pun tertarik
menggeluti dunia karet.
Bahan karet memang bagus tetapi bahan tersebut
berbau busuk yang sangit, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika
hangat dan nampak tidak bisa dipergunakan untuk tujuan-tujuan praktis. Charles
Goodyear mendirikan perusahaannya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan
berguna. Sebelumnya selama tujuh tahun, ia mencoba mengolah bahan karet dengan
magnesium oksida, tepung perunggu, asam nitrat dan kapur perekat, namun tetap
tanpa hasil.
Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta.
Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta.
Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan
cuaca. Kemudian ia pun terobsesi untuk membuat beragam barang dari bahan
material buatannya dan mematenkan ciptaanya itu. Niat langkah Goodyear
mempatenkan temuannya itu didahului oleh pionir karet asal Inggris bernama
Thomas Hancock yang ironisnya metode vulkanisir yang digunakanya diinspirasi
dari contoh karet tahan cuaca ciptaan Goodyear. Ia pun mencoba melawan lewat
jalur hukum, tapi akhirnya kalah dan kemudian kehilangan paten Prancis
miliknya, dan tak hanya itu, royaltinya pun dibatalkan.
Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear. Charles Goodyear meninggal di New York pada tanggal 1 Juli 1860 dengan meninggalkan hutang sebesar USD 200.000. Namun akhirnya pengorbanan dan kerja keras Goodyear tidak sia-sia, karena keluarganya bisa menikmati itu semua melalui akumulasi royalti temuanya itu, dan yang lebih berarti lagi, namanya telah terpatri sebagai perintis industri karet modern dunia.
Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear. Charles Goodyear meninggal di New York pada tanggal 1 Juli 1860 dengan meninggalkan hutang sebesar USD 200.000. Namun akhirnya pengorbanan dan kerja keras Goodyear tidak sia-sia, karena keluarganya bisa menikmati itu semua melalui akumulasi royalti temuanya itu, dan yang lebih berarti lagi, namanya telah terpatri sebagai perintis industri karet modern dunia.
Ray Kurzweil. penemu Scanner
Scanner merupakan benda yang paling banyak digunakan di per-kantoran
sekolah ataupun di labo-ratorium. Penemu Scanner adalah Ray Kurzweil.
Scanner (pemindai) merupakan salah satu benda elek-tronik yang memiliki fungsi
sama seperti mesin Fotokopi.
perbedaan mendasar antar mesin fotokopi dan scanner hanyalah
pada hasil ce-takannya dimana mesin fotokopi hasil cetakannya dapat dilihat
pada kertas sedangkan scanner hasilnya berupa hasil digital yang dapat dilihat
di layar monitor namun dapat di modifikasi atau disimpan ataupun juga dicetak.
Sejarah scanner dimulai dari seseorang bernama Ray Kurzweil yang
kemudian dikenal sebagai penemu dari Scanner (alat pemindai). Ray Kurzweil
merupakan seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang menciptakan sebuah alat
pemindai yang diberi nama Omni-Font OCR (Optical Character Recognation)
Technology. Dengan alat buatannya beserta perangkat lunaknya, teks yang ada
dalam sebuah dokumen atau objek dapat dikenali kemudian diubah menjadi data
dalam bentuk teks.
Banyaknya hasil penemuannya kemudian Ray Kurzweil banyak
menerima penghargaan, seperti National Medal of Technology and Innovation pada
tahun 1999 atas jasanya dalam bidang teknologi dan inovasi serta Medali
kehormatan tertinggi dalam bidang teknologi yang diberikan oleh Presiden Bill
Clinton di Gedung Putih, dan juga penerima dana $500.000 dari Lemelson-MIT
Prize. Beberapa media bahkan menjulukinya sebai seorang jenius yang gelisah, si
mesin berfikir, bahkan majalah bernama Inc menjulukinya sebagai pewaris sah
Thomas Alva Edison.
Adam
Osborne, penemu Laptop
Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang dapat dibawa
kemana-mana dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penemu Laptop
yaitu Adam Osborne. Dia merupakan alumni Universitas Birmingham, Inggris yang
lahir pada tanggal 6 Maret 1939. Adam Osborne merupakan salah satu tokoh
penting dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam pene-muan laptop atau
komputer portabel.
Ia mendapatkan gelar doktornya di Univeristy of Delawar. Saat
lulus kuliah ai berprofesi sebagai pembuat aplikasi atau software dan juga
aktif dalam menulis berbagai buku.
Adam Osborne sejak kecil memang sangat memang sangat menyukai
hal yang berbau teknologi. Ia juga tak pernah mengira bahwa produk ciptaannya
akan mempengaruhi perkembanggan teknologi saat ini. Penemuan laptop atau
komputer portabel oleh Adam Osborne pertama kali bermula dari ide seseorang
bernama Alan Kay yang memiliki konsep tentang Komputer Jinjing atau cikal bakal
dari Laptop. Sebelum menciptakan laptop, ia bekerja sebagai penulis buku
komputer dan mendirikan perusahaan buku.
Ide dari Alan Kay kemudian mulai diadopsi oleh Adam Osborne
dengan membuat sebuah komputer portabel pertama yang kemudian diberi nama
Osborne 1. Dalam mendesain komputer portabel yang diberi nama Osborne I, ia
bekerja sama dengan Felsenstein yang memiliki perusahaan produsen perangkat
keras dan juga dikenal ahli dalam mendesain papan sirkuit processor.
Al Jazari, Penemu Robot
Robot adalah sebuah mahakarya yang sangat brilian. Tentunya
kalian semua pernah melihat film film yang bertemakan tentang robot bukan? Apa
film robot yang suka kamu tonton? Iam Robot? Chappie? Robocop? Wall-E? Wah
tentunya banyak sekali ya film-film robot dan juga sangat berkualitas filmnya.
Namun perlu diketahui, tanpa adanya penemu robot yang bernama Al-Jazari, maka
film-film tentang robot itu mungkin tidak ada.
Al-Jazari ini adalah seorang jenius yang berasal dari Arab. Dia
adalah seoran Muslim tentunya. Orang yang bernama lengkap Abū al-'Iz Ibn
Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī ini adalah seorang ilmuwan asal Al-Jazira,
Mesopotamia yang hidup di abad pertengahan masehi.
Al-Jazari adalah seorang insinyur yang sangat cerdas, dia ahli
di bidang Matematika dan juga ilmu kerajinan atau kesenian. Al-Jazari adalah
seorang penulis buku Kitab fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya, atau dalam
bahasa Indonesia adalah Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik.
Berkat buku yang di tulis oleh Al-Jazari yang berjudul The Book
of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices, Al-Jazari ini memperkenalkan
sekitar 100 alat yang berbasis teknologi mekanik serta ada juga tata cara untuk
membuatnya. Sehingga banyak orang-orang barat dan juga orang Eropa yang
mempelajari buku ini sehingga ini adalah awal atau cikal bakal dari pembuatan
sebuah robot.
Sampai saat ini, para ahli masih meyakini bahwa buku Al-Jazari
inilah yang paling lengkap atau terlengkap dan juga mempunyai informasi yang
penting, baik dari seni desain, manufaktur, hingga perakitan. Ini adalah bukti
bahwa karya Al-Jazari ini tidak hanya menggabungkan dari ilmu Arab saja,
melainkan juga mencampur dengan ilmu non-arab.
Josep dan
J. Montgolfier, Penemu Balon
Setiap manusia ingin menjelajahi dunia untuk melihat keindahan
alam dan pemandangan, terma-suk juga melihat keindahan dari atas awan.
Mengudara dilangit kini bukan hal yang aneh lagi, kita dapat menggunakan
helikopter maupun pesawat terbang.
Tetapi nenek moyang kita terdahulu dapat melihat dan merasakan
ketegangan di atas udara, menggunakan balon udara yang terbuat dari karet. Kita
akan membahas tentang penemu balon udara yaitu Josep dan J. Montgolfier.
Balon udara yang terbuat dari karet ditemukan oleh Josep dan J.
Montgolfier, mereka adalah kakak beradik yang telah berhasil menemukan balon udara
gaya panas. Josep Montgolfier lahir pada 26 Agustus 1740, sedangkan Jacques
Montgolfier lahir pada 6 Januari 1799, keduanya lahir di Perancis. Montgolfier
bersaudara merupakan ilmuwan yang hidup pada abad ke-18, mereka berasal dari
keluarga pembuat kertas.
Pada tahun 1782 Montgolfier bersaudara membuat eksperimen yang unik dan menarik, mereka mengamati potongan kertas yang ada di perapian yang telah terbakar, dapat terbang ke atas cerobong karena terbawa asap. Melihat hal tersebut mereka berfikir bila asap dapat mengangkat benda maupun orang ke atas langit. Mereka mulai melakukan eksperimen dengan menggunakan tas yang terbuat dari kain sutera halus yang diletakkan dibawah kertas yang dibakar pada sebuah lubang, sehingga tas tersebut mengeluarkan banyak asap. Tas tersebut berhasil mengeluarkan asap hingga ke langit-langit ruangan.
Eksperimen tersebut mereka ulangi kembali di luar ruangan, dan
hasilnya tas tersebut dapat naik keatas sekitar 7 m sebelum akhirnya terjatuh
ke tanah. Setelah eksperimen tersebut, mereka mulai menggunakan bahan wol dan
jerami untuk dibakar supaya dapat menghasilkan asap yang banyak, karena menurut
mereka asap mengandung gas yang lebih ringan dibanding udara, dan mereka
mengetahui bila udara panas dapat memberikan tekanan ke atas.
Mereka berhasil menciptakan balon udara yang dapat mencapai
ketinggian hingga 6.000 kaki dan mendarat sejauh satu mil pada tahun 1783.
Setelah sukses dengan balon udara tersebut, selanjutnya mereka mengundang
saudara-saudaranya untuk datang ke Paris. Pada akhir September 1782 Montgolfier
berhasil menerbangkan Jean-Francois Pilatre de Rozler, Francois Laurent dan
Marquis d’Arlandes menggunakan balon udara tersebut di langit Paris, untuk
melihat pemandangan dari atas. Penerbangan tersebut berlangsung selama delapan
menit dan mendarat dengan sempurna.
Setelah keberhasilannya tersebut, Montgolfier bersaudara
merencanakan membuat balon udara yang dilengkapi dengan awak penerbangan. Ada
beberapa orang yang mengatakan bila penerbangan tersebut dapat berbahaya, namun
ada sebagian orang yang percaya bila penerbangan dengan balon udara tersebut
aman, sehingga harus dilanjutkan. Setelah mereka berhasil membuat balon udara
berawak, pilot pertama yang mengendalikan balon udara tersebut adalah seorang
dokter muda yang memiliki rasa ingin tahu tinggi bernama Jean Francois Pilatre
de Rozier dan Pilatreand Marquis d’Arlandes, infanteri utama yang berlayar
tinggi selama dua puluh lima menit, pada 20 November 1783.
Karena Montgolfier bersaudara telah sukses menemukan balon udara
tersebut, kerajaan Perancis memberikan gelar bangsawan secara turun-temurun
dengan sebutan de Montgolfier. Penghargaan tersebut diberikan kepada
Montgoldier bersaudara melalui Raja Louis XVI. Namun karena Pilatre tewas dalam
kecelakaan balon udara, maka kepercayaan banyak orang tentang Montgolfier
bersaudara menjadi berkurang.
Josep Montgolfier meninggal pada 26 Juni 1810, pada usia 69
tahun di Balaruc les Bains, Perancis. Sedangkan Jacques Montgolfier meninggal
pada 2 Agustus 1799, pada usia 54 tahun di Neuchatel, Swiss. Demikian
penjelasan tentang sejarah penemu balon udara yaitu Josep dan J.
Montgolfier. Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat.
Igor
Sikorsky, Penemu Helikopter
Helikopter merupakan salah satu jenis dari alat transportasi
selain pesawat terbang biasa. ia merupakan jenis pesawat udara dengan sayap
berputar dimana rotor penggeraknya digerakkan oleh mesin. Mengenai asal kata
helikopter, kata helikopter ini berasal dari bahasa Yunani helix yang
berarti spiral dan pteron yang berarti sayap. Igor Sikorsky lahir di
Rusia pada 25 Mei 1889. Ia adalah penemu helikopter pertama yang sukses. Igor
dianggap sebagai “Bapak Helikopter” karena telah sukses membuat helikopter
dengan desain karyanya sendiri. Pada tahun 1910, ia merupakan satu-satunya
desainer yang bekerja di penerbangan helikopter terbesar.
Pada tahun 1912, Igor bekerja sebagai chief engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh. Pada tahun 1923, Igor mendirikan Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Ia di bantu oleh beberapa mantan anggota militer Rusia, ia mendapatkan dana dari Sergei Rachmaninoff sebesar US$ 5.000. dengan tambahan dana akhirnya ia dapat membuat S-29, sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama yang dapat menampung penumpang sebanyak 14 orang dengan kecepatan 115 mph dan perupakan satu-satunya pesawat bermesin ganda di Amerika Serikat.
Pada tahun 1912, Igor bekerja sebagai chief engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh. Pada tahun 1923, Igor mendirikan Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Ia di bantu oleh beberapa mantan anggota militer Rusia, ia mendapatkan dana dari Sergei Rachmaninoff sebesar US$ 5.000. dengan tambahan dana akhirnya ia dapat membuat S-29, sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama yang dapat menampung penumpang sebanyak 14 orang dengan kecepatan 115 mph dan perupakan satu-satunya pesawat bermesin ganda di Amerika Serikat.
Kinerja pesawat
terbang buatannya
ini lebih lambat bila dibandingkan dengan pesawat militer pada tahun 1918, hal
tersebut membuat para investor tidak mau mendanai Igor lagi. Pada tahun 1929,
Manufacturing Company Sikorsky berubah menjadi United Aircraft Corporation dan
mulai mengembangkan Pan American Airways. Pada tahun 1929, ia mengajukan
permohonan hak paten untuk penemuannya pesawat amfibi yang menggunakan udara
untuk daya angkat baling-naling dan dua baling-baling kecil sebagai pendorong.
Pada tahun 1931, ia mengajukan hak paten atas karyanya yang lain
dan di berikan hak paten pada tahun 1935. Pada tahun 1940, Igor telah berhasil
membuat helikopter VS-300 dengan penerbangan bebas yang dilakukan pada 24 Mei
1940, yang mempelopori konfugurasi rotor yang banyak digunakan pada helicopter
sekarang. keberhasilan Igor tersebut telah merubah desain R-4 , yang
selanjutnya menjadi helikopter pertama di dunia yang diproduksi secara
besar-besaran pada tahun 1942. Helikopter tersebut telah menjadi model
helikopter modern untuk jenis single rotor.
Ia juga telah membuat rancangan dan membangun helikopter untuk militer yang pertama, XR-4, yang akan ia kirim untuk Kolonel Franklin Gregory dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ciptaan Igor telah dilengkapi dengan kontrol penerbangan yang dioperasikan dengan maju, mundur, atas, bawah dan samping.
Ia juga telah membuat rancangan dan membangun helikopter untuk militer yang pertama, XR-4, yang akan ia kirim untuk Kolonel Franklin Gregory dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ciptaan Igor telah dilengkapi dengan kontrol penerbangan yang dioperasikan dengan maju, mundur, atas, bawah dan samping.
Pada tahun 1958, Perusahaan pesawat rotor mengadakan kerjasama
dengan Igor. Perusahaan tersebut meminta supaya Igor membuat helikopter yang
memiliki lambung perahu, dapat lepas landas dan mendarat di air serta dapat
mengapung di atas air. Perusahaan tersebut menginginkan Igor membuat helikopter
yang sangat unik dan belum ada di dunia. Igor sempat menjabat sebagai Dewan
Direksi Yayasan Tolstoy Center di New York.
Igor menikah dengan Olga Fyodorovna di Rusia, namun mereka
bercerai. Igor kembali menikah dengan Elisabeth pada tahun 1924 di New York dan
dianugerahi 4 anak. Igor meninggal di Easton, Connecticut, pada 26 Oktober 1972
dan dimakamkan di Saint John the Baptis Yunani, sebuah pemakaman Katolik yang
terletak di Stratford. Demikian penjelasan tentang sejarah dari helikopter dan
juga profil dari penemu helikopter yaitu Igor Sikorsky.
Peter
Henlein, Penemu Jam
Peter Henlein dulunya memiliki profesi sebagai tukang kunci dan
juga pembuat jam dari Nuremberg, Jerman. Peter Henlein ini sering sekali
dianggap sebagai penemu jam, tapi ada juga yang mengatakan kalau ada orang lain
yang menemukan jam terlebih dulu, namun Peter Henlein yang sudah terbukti.
Peter Henlein lahir pada tahun 1485 dan wafat pada Agustus 1542.
Pada tahun 1509 Peter Henlein menjadi seorang guru di The City's Locksmith
Guild. Peter Henlein menjadi terkenal sebagai pembuat jam hias portabel kecil
musim semi yang memiliki tenaga kuningan, jam tersebut sangat langka dan juga
sangat mahal dan merupakan persiasan yang sangat modis untuk dipakai di
kalangan bangsawan waktu itu.
Peter Henlein juga membangun sebuah menara jam untuk Lichtenau
castle pada tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah. Sebagai
penghargaan kemudian kota tersebut membangun patung Peter Henlein sebagai
penemu dari jam tangan Mungkin tanpa adanya Peter Henlein di dunia ini
tak ada yang namanya jam yang sangat membantu kita untuk mengetahui waktu.
Semenjak penemuan jam oleh Peter Henlein, model jam dari dulu sampai sekarang
terus menerus mengalami perkembangan, ada model jam analog dan model jam
digital disertai dengan penambahan fungsi sesuai kebutuhan pengguna.
William
Murdoch, penemu Kereta Api
Kereta api ditemukan pada tahun 1784 oleh William Murdoch,
seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar,
Skotlandia.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan.
Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan.
Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda
ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.
Jalur rel pertama kali tercipta pada tahun 1630 di Inggris,
dengan adanya kegiatan pengangkutan batu bara. Pada mulanya semua hasil
pertambangan batu bara di angkut menggunakan kereta yang ditarik oleh kuda.
Kereta uap ciptaan Murdock awalnya berbentuk kendaraan roda tiga yang
menggunakan mesin dan boiler yang diletakkan diantara dua roda yang lebih
besar, dan bagian depan terdapat roda yang lebih kecil. Mekanisme lokomotif
tersebut memasukkan beberapa inovasi seperti katup pengaman serta menggunakan
sistem katup abru pada katup D-slide.
Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif , memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.
Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru mulai diperkenalkan pada tahun 1895.
Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif , memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.
Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru mulai diperkenalkan pada tahun 1895.
Pada tahun 1925, kereta bermesin diesel untuk yang pertama mulai
dioperasikan. Kereta bermesin diesel tersebut adalah hasil karya Rudolft
Diesel. Kereta tersebut memiliki tenaga yang lebih besar dan sangat efisien
bila dibandingkan dengan lokomotif uap. Awal abad ke-19, kereta diatas rel sedah
mulai ditarik oleh kereta yang dijalankan menggunakan mesin uap. Perkembangan
kereta api mulai dari sarana dan prasarana mulai mengalami banyak perkembangan
dari tahun ke tahun.
Perkembangan kereta api yang semakin berkembang secara pesat
seperti munculnya kereta api yang super cepat, kereta api monorail (hanya
dengan satu rel), kereta api levitas magnetic dan lain sebagainya. Selain itu
teknologi persinyalan kereta api tidak lagi menggunakan sinyal mekanis saja,
namun juga menggunakan sinyal elektris. William Murdoch meninggal pada 15
November 1839, pada usia 85 tahun dan dimakamkan di kota Birmingham, Inggris.
Demikian ulasan tentang sejarah perkembangan dan juga penemu kereta api
yaitu William Murdoch. Semoga semangat dan kegigihannya dapat kita contoh dalam
melakukan sesuatu yang dapat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.
Anthony Van
Leuwenhook, Penemu Lensa
ia lahir di Delft, Belanda , pada 24 Oktober 1632. Anthony
disebut sebagai “ Bapak Mikrobiologi” karena menjadi orang pertama yang
menekuni ilmu mikrobiologi.
Anthony dibesarkan di Delft, kota kelahirannya. Sejak muda ia
sudah bekerja sebagai pedagang kain, tahun 1654 ia sudah memiliki toko sendiri.
Ayah Anthony bernama Philips Anthonys Van Leewenhook bekerja
sebagai pembuat keranjang. Anthony menggosokkan lensa yang memiliki ukuran
kecil, sehingga ia mampu menghasilkan mikroskop yang memiliki daya kekuatan
pengamatan yang lebih baik di banding dengan mikroskop yang telah ada
sebelumnya. Mikroskop temuannya dilengkapi dengan lensa yang memiliki kapasitas
membesarkan hingga 270 kali.
Penemuan tersebut menandakan bila ia berhasil menemukan
mikroskop yang lebih sempurna. Anthony telah berhasil membuat lebih dari 500
lensa optik dan menciptakan lebih dari 25 mikroskop dengan jenis yang
berbeda-beda, namun yang mampu bertahan hanya Sembilan jenis saja. Mikroskop
buatan Anthony terbuat dari frame perak atau tembaga dengan menggunakan lensa
buatan tangan. Ia mampu mampu membuat pembesaran hingga mencapai 275 kali.
Kemungkinan Anthony memiliki mikroskop yang mampu
memperbesar hingga 500 kali.
Michael
Faraday, Penemu Listrik
Penemu
Listrik adalah Michael Faraday. Fenomena tentang kelistrikan pada
awalnya telah ada sejak zaman Yunani, sejak Thales seorang Cendekiawan yang menemukan
fenomena dari batu ambar yang digosok-gosok akan bisa menarik bulu. Seja saat
itu kemudian bermunculanlah teori mengenai kelistrikan yang dikemukakan oleh
Ampere, Michael Faraday, Oersted, Willian Gilbert, Charles De Coulomb, Joseph
Priestley, dan lain-lain.
Dari banyak nama tersebut, ada satu nama Michael
Faraday memiliki peran atau jasa paling besar dibidang kelistrikan dan
magnet, Dari sinilah kemudian cikal bakal teori mengenai Listrik. Ia Bisa
disebut sebagai penemu listrik pertama di dunia dan juga dikenal
sebagai “Bapak Listrik”. Michael Faraday lahir di Inggris pada tanggal 22
September 1719, Memiliki seorang ayah tukang besi yang harus menafkahi
kesepuluh anaknya. Karena itu tak heran ayahnya tidak bisa menyekolahkan
anak-anaknya termasuk juga Faraday. Di umur 14 th Faraday sudah membantu
keluarganya dengan berkerja penjilidan buku serta menjual buku. Di saat
senggang ia pun sempatkan untuk membaca bermacam macam buku, terutama buku
tentang IPA, Kimia dan Fisika.
Diumur 20 tahun, ia pun ikut mendengarkan sejumlah ceramah oleh
ilmuwan inggris terkenal. Diantaranya ialah oleh Sir Humphry Davy yang
merupakan ahli kimia dan juga seorang kepala laboratorium dari Royal
Institution. Setiap ceramah yang diikutinya, Faraday selalu membuat suatu catatan
dgn teliti kemudian menyalinnya lagi. Salinan catatan yang telah ia buat dengan
rapi sedemekian rupa itulah yang ia kirim ke Humphry Davy dan dilampiri pula
surat lemaran pekerjaan. Tertarik dengan hasil kerjanya, sang dosenpun
mengangkat Faraday menjadi asistennya di Lab Universitas yang terkenal di kota
London. Usianya pada saat itu baru 21 tahun.
Berada dibawah bimbingannya Davy, Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat. Pada mulanya dia bekerja sbg pencuci botol saja, tapi karena gigihnya dalam belajar ia dalam waktu yang singkat membuat suatu penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyama kloro-karbon serta sukses membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. Karena kepandaianya itu, ia bisa berhubungan dgn ahli-ahli ternama seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, dimana dikesempatan itu ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan yang teoritis dan praktis.
Berada dibawah bimbingannya Davy, Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat. Pada mulanya dia bekerja sbg pencuci botol saja, tapi karena gigihnya dalam belajar ia dalam waktu yang singkat membuat suatu penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyama kloro-karbon serta sukses membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. Karena kepandaianya itu, ia bisa berhubungan dgn ahli-ahli ternama seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, dimana dikesempatan itu ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan yang teoritis dan praktis.
Davy merupakan sosok yang memiliki pengaruh besar pada
pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan-penemuan listrik. Pada
tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertamana yang penting didunia
kelistrikan. 2 th sebelum tahun itu, Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari
kompas magnet umumnya bisa beralih bila aliran listrik mengalir dikawat yang
tak saling menjauhi. Atas temuan tersebut, Faraday membuat doktrin, bila magnet
didekatkan, yang berjalan malah sang kawat. Bereaksi pada permikiran awal ini,
ia sukses membangun sebuak rangkaian yang kentara dimana kawat bakal secara
berkelanjutan memutar berapit dgn magnet selama aliran listrik masih mengalir
dikawat.
Dalam kenyataan tersebut Faraday telah menciptakan motor listrik
yang pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yang memakai aliran
listrik sebagai sumber penggerak benda. Bagaimanapun anggapan bahwa penemuannya
primitif, tetapi tidak dapat dipungkiri merupakan cikal bakal atas seluruh
motor listrik yang dipakai pada zaman sekarang. Semenjak temuannya yang pertama
di tahun 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai
dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju
era modern kelistrikan.
Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwasannya apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan. Kondisi tersebut dinamai “pengaruh elektromagnetik” yang juga temuan tersebut diberi nama “Hukum Faraday”. Temuan tersebut diakui sebagai temuan yang bersejarah. Kenapa? Satu, Hukum Faraday mempunyai makna besar dalam perpautannya dengan pemahaman teoritis kita tentang elektromagnetik. Dua, elektromagnetik bisa dipakai sebagai pengerak yang secara berkelanjutan atas aliran arus listrik sebagaimana yang dipraktekkan Faraday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya. Michael Faraday kemudian wafat pada tanggal 25 agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London. Nama Faraday diabadikan sebagai satuan kapasitansi yaitu farad (F) dalam ilmu fisika.
Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwasannya apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan. Kondisi tersebut dinamai “pengaruh elektromagnetik” yang juga temuan tersebut diberi nama “Hukum Faraday”. Temuan tersebut diakui sebagai temuan yang bersejarah. Kenapa? Satu, Hukum Faraday mempunyai makna besar dalam perpautannya dengan pemahaman teoritis kita tentang elektromagnetik. Dua, elektromagnetik bisa dipakai sebagai pengerak yang secara berkelanjutan atas aliran arus listrik sebagaimana yang dipraktekkan Faraday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya. Michael Faraday kemudian wafat pada tanggal 25 agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London. Nama Faraday diabadikan sebagai satuan kapasitansi yaitu farad (F) dalam ilmu fisika.
Al
Khawarizmi, Penemu Angka Nol
Angka nol ini ditemukan oleh seorang asal Timur Tengah bernama
Al Khawarizmi. Selain ahli dalam bidang matematika, Al Khawarizmi yang
kemudian menetap di Qutrubulli ini juga adalah seorang ahli Geografi, ahli
sejarah, dam juga seorang seniman.
Chad
Hurley, Steve Chen, dan Jawed,
Pendiri Youtube
Ini Dia Tiga Orang Jenius Penemu YouTube - Kita semua tentunya
sudah tau apa itu YouTube. YouTube adalah sebuah situs streaming video yang
sangat terkenal dan mungkin adalah yang terbesar di seluruh dunia. YouTube ini
sebetulnya bisa juga dikatakan sebagai media sosial karena kalau kita memiliki
akun Gmail (Google Mail) maka kita bisa mendaftarkan diri kita pada Youtube ini
dan juga kita bisa mempublikasikan video buatan kita dan di tonton seluruh
dunia. YouTube ini sendiri didirikan atau dibuat pada tanggal 14 Februaru 2005,
di San Mateo, California, Amerika Serikat. Lalu siapa sih penemu atau pendiri
dari situs youtube tersebut? Mereka ada 3 orang, yaitu Chad Hurley, Steve Chen,
dan Jawed Karim. Konon katanya, Youtube didirikan berdasarkan permasalahan yang
terjadi diantara keseharian dari Hurley dan Chen.
Mark
Zuckerberg, Penemu Facebook
Penemu Facebook yaituMark Zurckerberg menjadi sosok
yang populer dan serta membuatnya menjadi seorang milyarder baru di dunia.
Cerita kesuksesan facebook ini dimulai ketika Mark Zuckerberg kuliah di Harvard
University yang merupakan universitas terbaik di dunia di jurusan ilmu
komputer.
Ia pada mulanya membangun sebuah situs yang bernama facemash.com
pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana situs yang ia buat tersebut berisi
foto-foto mahasiswa harvard yang didapatnya dari hasil meretas jaringan
kampusnya sendiri dimana ia mengambil data-data pribadi mahasiswa yang kemudian
ia pasang berdampingan dengan foto lain dimana pengunjung akan melakukan vote
atau memilih mana foto yang terbaik.
Sir Ernest
Swinton, Penemu Tank
Tank yang merupakan kendaraan lapis baja yang memiliki meriam
atau peluru kendali sebagai persenjataan dan menggunakan penggerak telapak
rantai besi sebagai rodanya. Tank merupakan kendaraan lapis baja yang digunakan
oleh kalangan militer atau paling banyak digunakan ketika perang karena anti
peluru.
Tank jaman sekarang semakin canggih, banyak teknologi baru yang
diterapkan kedalam tank seperti sistem persenjataan serta teknologi militer
lainnya.
Tank juga memiliki kekuatan penghancur yang dahsyat ketika
digunakan dalam perang selain mempunyai perlingdungan yang kuat terhadap peluru
atau bom. penemu kendaraan tank yaitu Sir Ernest Swinton. Mayor Jenderal Sri
Ernest Swinton Dunlop, lahir di Bangalore, India, pada 21 Oktober 1868. Swinton
adalah perwira Angkatan Darat Inggris dan penemu tank. Swinton ditugaskan untuk
mempengaruhi pengembangan dan penggunaan tangki selama Perang Dunia Pertama
oleh Inggris. selain itu, ia terkenal dengan istilah yang sering di ucapkan,
yaitu Tidak ada tanah manusia.
Ray
Tomlinson, Penemu Email
Dia dikenal sebagai pe-nemu Email atau Elek-tronik Mail. Saat
ini email sekarang memiliki peran yang sangat penting da-lam berkomunikasi
dengan cepat.
Email digunakan untuk melakukan pertukaran pesan dengan cepat
melalui internet. Nama asli Ray Samuel Tomlinson adalah Raymond Tomlinson.
Raymond Tomlinson (Disini saya singkat saja menjadi Ray Tom) lahir pada tahun
1941. Dia lahir di wilayah pinggir kota Amsterdam yang tentu ada di New York,
Amerika Serikat (AS). Seperti layaknya orang hebat lainnya, Ray Tom ini lahir
di lingkungan pedesaan kecil yang bernama Vail Mills dan memiliki keluarga yang
sederhana.
Rudolf
Diesel, Penemu Mesin Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel tercatat seba-gai penemu
mesin diesel. Sebagian masa kecil Diesel dihabiskan di Perancis sampai
meletusnya perang Franco-Prussian di tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi
pindah ke London, Inggris. Dan menjelang perang berakhir, ibunya mengirim
Rudolf Diesel yang masih berusia 12 tahun untuk tinggal di Augsburg bersama
paman dan bibinya agar dapat berbicara dalam bahasa Jerman dan bersekolah di
Royal County Trade School, dimana pamannya menjadi mengajarkan matematika
disana.
Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya yang berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg. Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel terpaksa menentang keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan dan mengharapkan agar Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.Sambil kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik.
Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan
bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin
uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%.
Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan
kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas
yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang kita kenal sekarang
dengan Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan mesin dengan
efisiensi tinggi menjadi tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel
yang dipakai sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa
dari hasil penyaringan bensin.
Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat berjalan dengan menggunakan minyak sayur.
Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat berjalan dengan menggunakan minyak sayur.
Cornelius
Van Drebbel, Penemu Kapal Selam
penemu kapal selam yaitu Cornelius Van Drebbel. Cornelius Van
Drebbel lahir di Alkamaar, Belanda, pada tahun 1572. Pada awalnya yang telah
membuat sketsa kapal selam adalah Leonardo da Vinci pada tahun 1452 sampai
1519, namun yang berhasil membangun kapal selam tersebut adalah Cornelius Van
Drebbel pada tahun 1620.
Sebelum kapal selam itu di buat Drebbel, seorang temannya bernama William Bourne merancang rencana untuk membuat kapal tersebut pada tahun 1578, namun tidak berhasil dan dapat diwujudkan oleh Drebbel. Pada awalnya, Drebbel hanya melihat sketsa-sketsa yang dibuat oleh kedua temannya itu. Namun secara perlahan tapi pasti, Drebbel mewujudkan sketsa yang menurutnya menarik dan unik tersebut.
Thomas Alva Edison, Penemu lampu pijar
Penemu lampu pijar yang sebenarnya adalah Thomas Alva
Edison. Dalam perjalanan penemuan lampu pijar ada dua ilmuan yang saling berpacu
yaitu Thomas Alva Edison, dan Joseph W. Swan. Penemuan lampu pijar merupakan
penemuan yang revolusioner dimasanya, sangat berbeda dalam metodelogi pembuatan
cahaya buatan, memiliki karakteristik yang menarik karena banyak memanfaatkan
penemuan penemuan baru terhadap sifat-sifat listrik saat itu. Sebenarnya
pengembangan lampu pijar sudah dimulai pada awal abad 19. Sejarah penemu lampu pijar dapat dikatakan
telah dimulai dengan ditemukannya tumpukan volta oleh Alessandro Volta.
Pada tahun 1802, Sir Humphry Davy menunjukkan bahwa arus listrik
dapat memanaskan seuntai logam tipis hingga menyala putih. Lalu, pada tahun
1820, Warren De la Rue merancang sebuah lampu dengan cara menempatkan sebuah
kumparan logam mulia platina di dalam sebuah tabung lalu mengalirkan arus
listrik melaluinya. Hanya saja, harga logam platina yang sangat tinggi
menghalangi pendayagunaan penemuan ini lebih lanjut. Elemen karbon juga sempat
digunakan, namun karbon dengan cepat dapat teroksidasi di udara; oleh karena
itu, jawabannya adalah dengan menempatkan elemen dalam vakum.
Pada awalnya lampu pijar pertama terdiri dari filamen dari kawat
karbon dalam bola kaca hampa udara, dan ujungujung ujung kawat terhubung keluar
melalui topi lampu yang tersegel untuk dapat terkoneksi ke sumber listrik. Kini
lampu pijar menggunakan tungsten sebagai bahan dari filamen, sebab tungsten
adalah logam dengan titik cair tinggi dan tekanan penguapan yang rendah, dan
bola kaca diisi dengan senyawa gas mulia, dimana gas mulia yang sering
digunakan adalah argon, gas mulia sangat berguna, sebab gas mulia dapat
memperlambat proses penguapan pada filamen.
Apakah Thomas Alva Edison dan Joseph W. Swan sebagai penemu
lampu pijar pertama?
Edison bukanlah penemu satu-satunya yang berusaha dan terlibat
dalam penemuan bola lampu. Salah satu pesaing utamanya adalah Joseph W. Swan
dari Inggris. Swan adalah seorang ahli kimia, swan bereksperimen di tahun 1850
dan 60-an dengan filamen karbon. pada upaya awalnya dia gagal, karena pompa
vakum pada tahun-tahun tersebut tidak dapat menghampakan udara dari lampu. Pada
pertengahan 1870-an muncul baru lahir pompa yang dapat menghampakan udara dari
lampu, hal tersebut memacu Swan kembali ke bereksperimen.
Pada akhir 1878, Swan melaporkan keberhasilan ke Newcastle
Chemical Society dan pada Februari 1879 menunjukkan lampu bekerja ke
sebuah kampus di Newcastle. Lampu miliknya mengandung unsur-unsur yang sebagian
besar terdapat pula pada lampu milik Edison pada bulan Oktober, sebuah lampu
dengan bola lampu kaca yang hampa dan tertutup dari udara, kabel penyambung
platinum, dan elemen pemancar cahaya yang terbuat dari karbon. Meskipun
demikian kenapa Edisonlah yang selalu dikreditkan sebagai penemu bola lampu?
Seperti para penemu lampu pijar, Swan menggunakan batang
karbon dengan tahanan listrik rendah pada lampunya. Karena hubungan antara
resistensi dan arus, dengan elemen resistensi yang rendah maka banyak
dibutuhkan arus listrik agar menjadi panas dan bersinar. Ini berarti bahwa
konduktor pembawa listrik di lampu harus relatif pendek dan tipis, hal tersebut
dapat diterima untuk percobaan atau demonstrasi, tapi tidak untuk
dikomersilkan.
Lampu Swan tidak dapat bertahan lama sebab terdapat gas yang terperangkap
di batang lampu terlepas ketika lampu sudah tengah menyala, Jadi meski lampu
Swan bekerja cukup baik dalam demonstrasi, namun tidak praktis digunakan
dimasyarakat. Edison menyadari bahwa filamen yang tipis dengan tahanan listrik
yang tinggi akan membuat lampu menjadi lebih baik. Resistensi tinggi berarti
hanya sedikit arus listrik yang diperlukan untuk membuat filamen lebih
bersinar.
Lampu bristol milik edison yang dipublikasikan pada desember
tahun 1879 memiliki umur kerja sampai 150 jam, dan lampu bambu miliknya yang
dipublikasikan pada awal tahun 1880 dapat bertahan sampai 600 jam.
Perealisasian tentang resistensi yang tinggi, dan untuk konsepsinya tentang
lampu sebagai satu bagian dari system yang terintegrasi, maka wajarlah Edison
dikreditkan menjadi penemu bola lampu praktis pertama.
Swan tidak kalah dalam segala hal. Ia menulis surat kepada
Edison (dikutip di atas), paten-nya cukup kuat untuk menang di pengadilan
Inggris. mendorong Edison untuk bernegosiasi daripada kehilangan market di Inggris.
Pada tahun 1883 Edison & Swan United Electric
Light Company didirikan. Yang lebih dikenal dengan nama "Ediswan",
perusahaan tersebut menjual lampu dengan filamen selulosa yang Swan telah
temukan pada tahun 1881. Variasi dari filamen selulosa menjadi standar
industri, kecuali untuk Perusahaan Edison. Edison terus melanjutan penggunaan
filamen bambu sampai 1892, perusahaan Edison melakukan merger sehingga
berdirilah General Electric dan bergeser ke selulosa.
Jadi alasan Thomas Alva Edison dinobatkan sebagai penemu lampu
pijar karena temuannya lebih dahulu dipublikasikan dan diterima oleh
masyarakat.
James Watt, penemu Mesin Uap
James Watt (19 January 1736
- 25 Agustus 1819) adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi
dasar dari Revolusi Industri.
James Watt lahir pada
tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde,
Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor,
sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan
berpendidikan.
Watt bersekolah secara tak teratur tetapi dan lebih banyak
mendapat pendidikan di rumah oleh ibunya. Dia menunjukkan ketangkasan yang luar
biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti matematika, walaupun bahasa Latin dan
Yunani tidak menggerakkan hatinya, dia menyukai legenda dan cerita rakyat
Skotlandia.
Ketika dia berumur 18 tahun, ibunya meninggal dan kesehatan
ayahnya perlahan-lahan mulai merosot, Watt melakukan perjalanan ke London untuk
melanjutkan study tentang pembuatan instrument dan peralatan selama satu tahun,
kemudian kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan
instrumennya. Tetapi karena dia tidak menyelesaikan tujuh tahun study nya
sebagai apprentice (murid yang bekerja sambil belajar), permohonan untuk
membuka bisnis tersebut terhambat, walaupun pada saat itu belum ada pembuat
instrumen dan peralatan matematika di Skotlandia.
Dengan dibantu oleh tiga orang professor yang ada di Universitas
Glasgow, James Watt akhirnya diberi kesempatan untuk membuka workshop (bengkel)
kecil di universitas.
Empat tahun setelah membuka tokonya, James Watt mulai melakukan
percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robison, membuat dia tertarik
pada mesin tersebut. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah
mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap berusaha untuk membuat satu model
mesin. Walaupun gagal, dia tetap melanjutkan percobaannya dan mulai membaca apa
saja yang bisa dibacanya. Dia kemudian secara terpisah menemukan pentingnya
energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti
lebih jauh tentang mesin. pada tahun 1765 dia berhasil membuat sebuah model
mesin yang dapat bekerja dengan baik.
Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya atas pengembangan mesin
uap yang memicu revolusi industri, nama Wattdiabadikan dan dijadikan
sebagai satuan energi dengan symbol W oleh International System of
Units (atau 'SI') seperti yang kita kenal sekarang.
Les Paul
Gibson, Penemu Gitar
Nama Les Paul, barangkali tak banyak orang yang tahu. Tapi bagi
para gitaris sejati, nama Les Paul tak asing lagi dan menjadi jaminan mutu
untuk instrumen gitar. Nama Les Paul kini hanya bisa dikenang.
Sang perintis gitar Les Paul meninggal di usia ke-94. Paul tutup
usia setelah menderita komplikasi radang paru-paru. Les Paul adalah sosok
pencetus yang berhasil mengubah wajah musik modern melalui penemuannya dalam
pengembangan alat musik gitar.
Pria bernama asli Lester William Polsfuss lahir pada 9 Juni 1915
di Waukesha, Wisconsin, AS. Dulu orang mengenal Paul sebagai seorang musisi
sebelum kemudian berganti haluan menjadi seorang penemu. Ia sempat pula
tergabung dalam grup musik Les Paul Trio.
Bersama perusahaan gitar ternama Gibson, ia merilis sebuah gitar
Les Paul Goldtop yang kemudian diikuti Les Paul Custom dan Les Paul Standard
yang sering dimiliki oleh gitaris populer masa kini.
Pemimpin perusahaan sekaligus pejabat eksekutif tertinggi atau
CEO perusahaan gitar Gibson Henry Juszkiewicz memberikan penghormatan terakhir
melalui sebuah pernyataan. "Dunia kini kehilangan seorang penemu paling
berjasa, aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa kehadiran Les Paul." kata
Juszkiewicz. "Ia selalu menghampiri setiap orang dan tersenyum pada siapa
pun. Daya tariknya di bidang musik sangat luar biasa dan ia memiliki teknik
sendiri yang tiada duanya di dunia," kenang Juszkiewicz lagi.(VIN)
10 Orang ahli matematuika dunia
Euler
adalah Raja. Hidup tahun 1707-1783, ia dianggap sebagai ahli matematika
terhebat yang pernah berjalan di planet ini. Dalam kehidupannya ia adalah
pembuat terobosan dan setara dengan Einstein dalam hal kejeniusan. Kontribusi
utamanya adalah dengan pengenalan notasi matematika termasuk konsep fungsi (dan
bagaimana hal itu ditulis sebagai f (x))
Leonhard
Euler
Gauss sang Anak ajaib, berjuluk ‘Pangeran
Matematika’, membuat penemuan besar pertamanya ketika ia masih remaja, dan
menulis Disquisitiones Arithmeticae yang luar biasa, magnum opus-nya, pada saat
ia berusia 21 tahun. Banyak yang telah mengetahui bahwa Gauss memiliki
kemampuan mental yang luar biasa.
Carl Friedrich Gauss
Bernhard
Riemann, lahir dari keluarga miskin pada tahun 1826, dan kelak menjadi salah satu
ahli matematika terkemuka dunia di abad ke-19. Daftar orang-orang yang memiliki
kontribusi untuk geometri sangatlah banyak, namun ia memiliki berbagai teori
yang melambungkan namanya,
G. F. Bernhard Riemann
Tinggal
di sekitar 300SM, ia dianggap sebagai Bapak Geometri dan karyanya magnum opus:
Elements, adalah salah satu karya terbesar dalam sejarah matematika dan di
digunakan dalam bidang pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit
yang diketahui tentang hidupnya
Euclid
Ahli matematika, fisika dan seorang filsuf
Perancis, Rene Descartes terkenal karena filosofi ‘Cogito Ergo Sum’ – nya.
Meskipun demikian, warga negara Prancis, yang hidup antara 1596-1650 ini,
membuat terobosan di bidang matematika. Di samping Newton dan Leibniz,
Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern (yang dikembangkan
oleh Newton dan Leibniz kemudian), yang dengan sendirinya memiliki pengaruh
besar pada kehidupan modern saat ini.
René
Descartes
Ahli
komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap oleh kebanyakan orang sebagai
salah salah satu pemikir terbesar dari abad ke-20. Sebelum perang, ia muncul
dengan ide mesin hitung, dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan komputer
sejati yang pertama. Setelah perang berakhir, ia menghabiskan waktunya dalam
bidang komputerisasi.
Alan
Turing
Blgollo,
juga dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah mungkin salah satu ilmuwan
matematika terbesar dari abad pertengahan. Hidup dari tahun 1170 hingga 1250,
ia paling diingat karena memperkenalkan Seri Fibonacci ke dunia barat.
Leonardo Pisano Blgollo
Setelah kembali ke Italia pada 1202, ia menerbitkan bukunya
Liber Abaci, dimana angka Arab diperkenalkan dan diterapkan pada banyak situasi
dunia serta lebih dianjurkan penggunaannya. Sebagai hasilnya, sistem ini secara
bertahap diadopsi dan hari ini ia dianggap sebagai pemeran utama dalam
pengembangan matematika modern.
Kami menempatkan keduanya bersama-sama karena
mereka berdua sering diberi kredit menjadi ‘penemu’ dari kalkulus modern, dan
keduanya memberikan kontribusi mon-olitik ke lapangan.
Isaac Newton and Wilhelm Leibniz
Untuk memulai, Leibniz diberi kredit untuk
memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda integral. Ia membuat
kontribusi besar untuk bidang Topologi. Sedangkan sang jenius Isaac Newton,
karena memiliki karya ilmiah besar Principia, menjadi aktor utama yang dipuji
oleh sebagian besar orang sebagai penemu sebenarnya dari kalkulus. Meskipun
demikian, apa yang dapat dikatakan adalah bahwa kedua pria tersebut memberikan
kontribusi yang sangat besar dan luas dengan caranya masing-masing.
Ahli matematika yang masih hidup dalam daftar
ini, Andrew Wiles, yang terkenal dengan Teori Terakhir Fermat : Bahwa tidak ada
bilangan bulat positif, a, b dan c dapat memuaskan persamaan a ^ n + b ^ n = c
^ n Untuk n lebih besar dari 2 (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras).
Andrew Wiles
Ahli matematika dari Yunani, Pythagoras,
dianggap sebagai salah satu ilmuwan matematika besar pertama. Hidup sekitar
570-495 SM, di masa Yunani modern, yang dicatat oleh Aristoteles sebagai salah
satu dari kelompok pertama yang mempelajari secara aktif matematika di tingkat
lanjut.
Pythagoras dari Samos
Ia juga sering dikreditkan dengan Teori
Pythagoras dalam trigonometri. Namun, beberapa sumber meragukan bahwa dia yang
menemukan teori tersebut (Beberapa diatributkan pada murid-muridnya, atau
Baudhayana, yang hidup sekitar 300 tahun sebelumnya di India).
---
kesaksian nyata dan kabar baik !!!
BalasHapusNama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan
Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11millar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar
Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda
untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com