Minggu, 08 Januari 2017

``

ILMUWAN DUNIA



ILMUWAN DUNIA


1
 
           Baron Karl Von Drais - Penemu Sepeda







 







Profil dan Biografi  Baron Karl Von Drais, ia dikenal sebagai  Penemu Sepeda. Nama lengkapnya Baron Karls Drais von Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman.
Dia adalah seorang penemu dari Jerman dan menemukan Laufmaschine juga kemudian disebut sepeda beroda tiga, atau draisienne.
Ini kemudian dimasukkan sebagai prinsip roda dua yang kemudian menjadi dasar untuk sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik. Drais juga menemukan mesin ketik awal dengan keyboard pada tahun 1821. Dari 1803-1805, Drais belajar arsitektur, pertanian dan fisika di University of Heidelberg.
Ia bergabung sebagai pejabat kehutanan, bekerja sebagai guru di lembaga kehutanan pribadi milik pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar kepala rimbawan, tetapi posisinya belum ditentukan. Satu tahun kemudian ia diskors dari dinasnya, tapi terus menerima gaji sehingga dia bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk penemuannya.
Drais berhasil melakukan terobosan penting,yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya. Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga akhirnya mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. bentuknya sepeda beroda tiga, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa pedal. Perjalanannya yang pertama dilaporkan, dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus berlangsung pada tanggal 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden, dan lain-lain. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling. Dia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817. Pada 1839, Kirkpatrick Macmillan menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dan ban depan Draisienne.
Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.
Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan atas penemuannya. Baden tidak memiliki hak paten atas penemu-annya pada waktu itu. 







Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika. Ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai atas penemuannya. Bencana mendekati Drais ketika sebuah pembunuhan dan pemenggalan terjadi atas Ludwig Sand, pada tahun 1820. Ayah Drais sebagai hakim tertinggi Baden, menolak meminta maaf, dan anaknya kemudian di kepung oleh mahasiswa mahasiswa di jerman. Oleh karena itu, 1822-1827, Drais kemudian pindah ke Brasil sebagai pengawas tanah di Fazenda milik Georg Heinrich von Langsdorff, namun kembali ke Mannheim.
Sebab dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, Tahun tanpa musim panas di sebabkan karena letusan maha dahsyat Gunung Tambora di Indonesia menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen dan kelaparan kuda, dan inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda tiga tersebut. Drais kemudian meninggal di kota kelahirannya, Karlsruhe pada tanggal 10 Desember 1851, tanpa uang sepeser pun setelah Prusia melakukan revolusi di Baden dan menyita uang pensiun drais sepenuhnya untuk membayar biaya revolusi.
Jenis-jenis sepeda sekarang ini:

Kini sepeda mempunyai beragam nama dan model. Pengelompokan biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya.
1.  Sepeda gunung-digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
2.  Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27
3.  Sepeda BMX-BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
4.  Sepeda kota (citybike) adalah sepeda yang biasa dipakai di perkotaan dengan kondisi jalan yang baik. Sepeda jenis sangat menekankan aspek funsional. Biasanya memiliki sebuah boncengan dan keranjang.
5.  Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
6.  Sepeda angkut atau sepeda yang berdesain klasik (tua) termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos dan sepeda ontel yang memiliki besi kuat dan diameter roda yang besar mampu untuk keperluan berboncengan dan membawa barang.
7.  Sepeda lipat-merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah
8.  Sepeda Balap – Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
9.  Sepeda Motor – bertenaga mesin dengan mengunakan bahan bakar berjenisbensin sebagai sumber daya utamanya. Dengan semakin berkembangnya teknlogi pada industri kendaraan roda dua ini, sepeda motor injeksi pun kini mulai di produksi sebagaian besar produ-sen otomotif di Indonesia.

2           

            Orville dan Wilbur Wright tahun 1905.
            Penemu pesawat terbang

   











           Orville                      Wilbur Wright

Wright Bersaudara yang terdiri dari dua orang adik beradik, Orville Wright (19 Agustus 1871 - 30 Januari 1948) dan Wilbur Wright (16 April 1867 - 30 Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat pener-bangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio.

Toko tersebut menjual dan memperbaiki sepedamotor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.
Pada pukul 10:35 pagi (10:35 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. 


 
















Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamaiWright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk". Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.



3
 


           Charles Babbage, Penemu Komputer



 
Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemu-kan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama.

Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.

Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota "Royal Society" (organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya, masih aktif hingga kini) dan memainkan peran penting di yayasan "Astronomical Society" (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya, masih aktif hingga kini) pada tahun 1820. Pada masa ini Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.



4
 


            Martin Cooper, penemu handphone

Martin Cooper tercatat sebagai penemu handphone pertama, sendiri tidak membayangkan bahwa telepon selular bisa sekecil sekarang ini sehingga dapat dibawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di zaman nirkabel sekarang ini. Martin Marty Cooper lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA, dia merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone).

Kalimat pertama yang diucapkan adalah "Joel, I'm calling you from a 'real' cellular telephone. A portable handheld telephone."

Meskipun digelari sebagai ‘Bapak Telepon Selular (Ponsel)’, dengan rendah hati Martin Cooper mengatakan “Meskipun aku bagian dari penemuan tersebut, tapi karya tersebut adalah hasil kerja tim dan ratusan literatur orang orang yang menciptakan visi tentang bagaimana selular seperti hari ini, yang tentu belum sempurna. Kami masih terus bekerja dan berusaha untuk membuatnya lebih baik”.



5
 
            Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta 
            atau
            Alessandro Volta, penemu Baterai

Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta atauAlessandro Volta Tercatat sebagai Penemu Baterai pertama kali, lahir di Como, Italia, dan mengajar di sekolah-sekolah umum di sana. Pada 1774 ia menjadi profesor fisika di Sekolah Royal di Como. Setahun kemudian, ia memperbaiki dan mempopulerkan electrophorus, sebuah alat yang menghasilkan muatan listrik statis. promosinya itu begitu luas sehingga ia sering dikreditkan dengan penemuannya, meskipun mesin yang beroperasi dalam prinsip yang sama pada tahun 1762 digambarkan oleh profesor Swedia Johan Wilcke.

Volta merupakan seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800. Dia meninggal pada 5 Maret 1827. Ia dimakamkan di Camnago Volta.

Warisan Volta dirayakan oleh Temple di tepi Danau Como di pusat kota. Sebuah museum di Como, Gedung Voltian, telah dibangun untuk menghormatinya dan pameran beberapa peralatan asli ia digunakan untuk melakukan percobaan.





6
 
             Guglielmo Marconi, penemu Radio

Guglielmo Marconi lahir di tahun 1874 di Bologna, Dia tercatat sebagai Penemu radio Pertama kali. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi baca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan arti pentingnya tumbuh dengan amat cepatnya.


7
         
         John Logie Baird, penemu Telivisi


John Logie Baird Tercatat sebagi orang yang pertama kali menemukan televisi. lahir tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia, Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Diganggu oleh kesehatan yang buruk, dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I dan akhirnya ia memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang "amatir profesional," dan mengejar kepentingan-kepentingan yang berbeda dan menguntungkan.



setelah kelelahan menyebabkan gangguan saraf, Baird memilih untuk berkonsentrasi pada elektronik, terutama setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat digunakan untuk membawa sinyal audio. Baird yakin bahwa proses yang sama dapat mengirimkan sinyal visual, dan ia mulai bekerja dan melakukannya pada sebuah desain. desain Baird adalah sebuah perangkat yang disebut Nipkow disk, disk scanning diciptakan pada tahun 1884 oleh ilmuwan Paul Nipkow Jerman. Pada dasarnya, perangkat ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi, terletak dalam posisi spiral.

Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow disk mampu memindai area terang dan gelap dan mengkonversi informasi yang menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan seconddisk, disinkronkan dengan yang pertama, Nipkow mampu menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif.
Baird mengambil ide Nipkow satu langkah lebih jauh, mengembangkan sistem dengan mana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik, bukan kabel. Sementara masih dalam tahap perkem-bangan, penemuan Baird menemukan sedikit dukungan keuangan, karena sebagian besar investor menganggap ide baird sebagai hal yang kurang menguntungkan.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Selama waktu ini Baird bekerja sebagai perjual sepatu dan seorang salesman silet, mendapatkan uang hanya cukup untuk membayar makanan, tempat tinggal, dan perlengkapan mekanik. Banyak dari prototipe untuk penemuan di buat barang barang keperluan rumah tangga seperti kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, dan string. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. Gembira, dia berlari ke lantai bawah toko dan membujuk seorang anak muda untuk menjadi orang pertama yang gambarnya di transmisikan oleh televisi. Baird menjadi terkenal hampir dalam semalam, dan segera investor memberinya cukup uang untuk mengejar tujuan yang lebih ambisius. Pada 1927 ia mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke New York.



8
 
          Charles Goodyear, penemu Ban Karet


Charles Goodyear di tercatat seba-gai penemu pertama ban karet. lahir di New Haven pada tanggal 29 Desember 1800. Dia seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mempatenkan penemuannya itu pada tahun 1844.

Pada mulanya Charles Goodyear adalah seorang mantan pedagang yang bangkrut dan sempat dipenjara akibat terlilit utang. Pada tahun 1830 dunia sedang mengalami demam karet dan Charles Goodyear pun tertarik menggeluti dunia karet.

Bahan karet memang bagus tetapi bahan tersebut berbau busuk yang sangit, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika hangat dan nampak tidak bisa dipergunakan untuk tujuan-tujuan praktis. Charles Goodyear mendirikan perusahaannya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan berguna. Sebelumnya selama tujuh tahun, ia mencoba mengolah bahan karet dengan magnesium oksida, tepung perunggu, asam nitrat dan kapur perekat, namun tetap tanpa hasil.

Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta.


 














Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan cuaca. Kemudian ia pun terobsesi untuk membuat beragam barang dari bahan material buatannya dan mematenkan ciptaanya itu. Niat langkah Goodyear mempatenkan temuannya itu didahului oleh pionir karet asal Inggris bernama Thomas Hancock yang ironisnya metode vulkanisir yang digunakanya diinspirasi dari contoh karet tahan cuaca ciptaan Goodyear. Ia pun mencoba melawan lewat jalur hukum, tapi akhirnya kalah dan kemudian kehilangan paten Prancis miliknya, dan tak hanya itu, royaltinya pun dibatalkan.

Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear. Charles Goodyear meninggal di New York pada tanggal 1 Juli 1860 dengan meninggalkan hutang sebesar USD 200.000. Namun akhirnya pengorbanan dan kerja keras Goodyear tidak sia-sia, karena keluarganya bisa menikmati itu semua melalui akumulasi royalti temuanya itu, dan yang lebih berarti lagi, namanya telah terpatri sebagai perintis industri karet modern dunia.



9
 
                Ray Kurzweil. penemu Scanner


Scanner merupakan benda yang paling banyak digunakan di per-kantoran sekolah ataupun di labo-ratorium. Penemu Scanner adalah Ray Kurzweil. Scanner (pemindai) merupakan salah satu benda elek-tronik yang memiliki fungsi sama seperti mesin Fotokopi.



perbedaan mendasar antar mesin fotokopi dan scanner hanyalah pada hasil ce-takannya dimana mesin fotokopi hasil cetakannya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya berupa hasil digital yang dapat dilihat di layar monitor namun dapat di modifikasi atau disimpan ataupun juga dicetak.
Sejarah scanner dimulai dari seseorang bernama Ray Kurzweil yang kemudian dikenal sebagai penemu dari Scanner (alat pemindai). Ray Kurzweil merupakan seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang menciptakan sebuah alat pemindai yang diberi nama Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Dengan alat buatannya beserta perangkat lunaknya, teks yang ada dalam sebuah dokumen atau objek dapat dikenali kemudian diubah menjadi data dalam bentuk teks.


 















Banyaknya hasil penemuannya kemudian Ray Kurzweil banyak menerima penghargaan, seperti National Medal of Technology and Innovation pada tahun 1999 atas jasanya dalam bidang teknologi dan inovasi serta Medali kehormatan tertinggi dalam bidang teknologi yang diberikan oleh Presiden Bill Clinton di Gedung Putih, dan juga penerima dana $500.000 dari Lemelson-MIT Prize. Beberapa media bahkan menjulukinya sebai seorang jenius yang gelisah, si mesin berfikir, bahkan majalah bernama Inc menjulukinya sebagai pewaris sah Thomas Alva Edison.



10
 
               Adam Osborne, penemu Laptop


Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penemu Laptop yaitu Adam Osborne. Dia merupakan alumni Universitas Birmingham, Inggris yang lahir pada tanggal 6 Maret 1939. Adam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam pene-muan laptop atau komputer portabel.


Ia mendapatkan gelar doktornya di Univeristy of Delawar. Saat lulus kuliah ai berprofesi sebagai pembuat aplikasi atau software dan juga aktif dalam menulis berbagai buku. 

Adam Osborne sejak kecil memang sangat memang sangat menyukai hal yang berbau teknologi. Ia juga tak pernah mengira bahwa produk ciptaannya akan mempengaruhi perkembanggan teknologi saat ini. Penemuan laptop atau komputer portabel oleh Adam Osborne pertama kali bermula dari ide seseorang bernama Alan Kay yang memiliki konsep tentang Komputer Jinjing atau cikal bakal dari Laptop. Sebelum menciptakan laptop, ia bekerja sebagai penulis buku komputer dan mendirikan perusahaan buku.

Ide dari Alan Kay kemudian mulai diadopsi oleh Adam Osborne dengan membuat sebuah komputer portabel pertama yang kemudian diberi nama Osborne 1. Dalam mendesain komputer portabel yang diberi nama Osborne I, ia bekerja sama dengan Felsenstein yang memiliki perusahaan produsen perangkat keras dan juga dikenal ahli dalam mendesain papan sirkuit processor.



11
 
               Al Jazari, Penemu Robot


Robot adalah sebuah mahakarya yang sangat brilian. Tentunya kalian semua pernah melihat film film yang bertemakan tentang robot bukan? Apa film robot yang suka kamu tonton? Iam Robot? Chappie? Robocop? Wall-E? Wah tentunya banyak sekali ya film-film robot dan juga sangat berkualitas filmnya. Namun perlu diketahui, tanpa adanya penemu robot yang bernama Al-Jazari, maka film-film tentang robot itu mungkin tidak ada.

Al-Jazari ini adalah seorang jenius yang berasal dari Arab. Dia adalah seoran Muslim tentunya. Orang yang bernama lengkap Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī ini adalah seorang ilmuwan asal Al-Jazira, Mesopotamia yang hidup di abad pertengahan masehi.

Al-Jazari adalah seorang insinyur yang sangat cerdas, dia ahli di bidang Matematika dan juga ilmu kerajinan atau kesenian. Al-Jazari adalah seorang penulis buku Kitab fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya, atau dalam bahasa Indonesia adalah Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik.

Berkat buku yang di tulis oleh Al-Jazari yang berjudul The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices, Al-Jazari ini memperkenalkan sekitar 100 alat yang berbasis teknologi mekanik serta ada juga tata cara untuk membuatnya. Sehingga banyak orang-orang barat dan juga orang Eropa yang mempelajari buku ini sehingga ini adalah awal atau cikal bakal dari pembuatan sebuah robot.

Sampai saat ini, para ahli masih meyakini bahwa buku Al-Jazari inilah yang paling lengkap atau terlengkap dan juga mempunyai informasi yang penting, baik dari seni desain, manufaktur, hingga perakitan. Ini adalah bukti bahwa karya Al-Jazari ini tidak hanya menggabungkan dari ilmu Arab saja, melainkan juga mencampur dengan ilmu non-arab.







12
 
               Josep dan J. Montgolfier, Penemu Balon


Setiap manusia ingin menjelajahi dunia untuk melihat keindahan alam dan pemandangan, terma-suk juga melihat keindahan dari atas awan. Mengudara dilangit kini bukan hal yang aneh lagi, kita dapat menggunakan helikopter maupun pesawat terbang.


Tetapi nenek moyang kita terdahulu dapat melihat dan merasakan ketegangan di atas udara, menggunakan balon udara yang terbuat dari karet. Kita akan membahas tentang penemu balon udara yaitu Josep dan J. Montgolfier.
Balon udara yang terbuat dari karet ditemukan oleh Josep dan J. Montgolfier, mereka adalah kakak beradik yang telah berhasil menemukan balon udara gaya panas. Josep Montgolfier lahir pada 26 Agustus 1740, sedangkan Jacques Montgolfier lahir pada 6 Januari 1799, keduanya lahir di Perancis. Montgolfier bersaudara merupakan ilmuwan yang hidup pada abad ke-18, mereka berasal dari keluarga pembuat kertas.

Pada tahun 1782 Montgolfier bersaudara membuat eksperimen yang unik dan menarik, mereka mengamati potongan kertas yang ada di perapian yang telah terbakar, dapat terbang ke atas cerobong karena terbawa asap. Melihat hal tersebut mereka berfikir bila asap dapat mengangkat benda maupun orang ke atas langit. Mereka mulai melakukan eksperimen dengan menggunakan tas yang terbuat dari kain sutera halus yang diletakkan dibawah kertas yang dibakar pada sebuah lubang, sehingga tas tersebut mengeluarkan banyak asap. Tas tersebut berhasil mengeluarkan asap hingga ke langit-langit ruangan.

Eksperimen tersebut mereka ulangi kembali di luar ruangan, dan hasilnya tas tersebut dapat naik keatas sekitar 7 m sebelum akhirnya terjatuh ke tanah. Setelah eksperimen tersebut, mereka mulai menggunakan bahan wol dan jerami untuk dibakar supaya dapat menghasilkan asap yang banyak, karena menurut mereka asap mengandung gas yang lebih ringan dibanding udara, dan mereka mengetahui bila udara panas dapat memberikan tekanan ke atas.

Mereka berhasil menciptakan balon udara yang dapat mencapai ketinggian hingga 6.000 kaki dan mendarat sejauh satu mil pada tahun 1783. Setelah sukses dengan balon udara tersebut, selanjutnya mereka mengundang saudara-saudaranya untuk datang ke Paris. Pada akhir September 1782 Montgolfier berhasil menerbangkan Jean-Francois Pilatre de Rozler, Francois Laurent dan Marquis d’Arlandes menggunakan balon udara tersebut di langit Paris, untuk melihat pemandangan dari atas. Penerbangan tersebut berlangsung selama delapan menit dan mendarat dengan sempurna.

Setelah keberhasilannya tersebut, Montgolfier bersaudara merencanakan membuat balon udara yang dilengkapi dengan awak penerbangan. Ada beberapa orang yang mengatakan bila penerbangan tersebut dapat berbahaya, namun ada sebagian orang yang percaya bila penerbangan dengan balon udara tersebut aman, sehingga harus dilanjutkan. Setelah mereka berhasil membuat balon udara berawak, pilot pertama yang mengendalikan balon udara tersebut adalah seorang dokter muda yang memiliki rasa ingin tahu tinggi bernama Jean Francois Pilatre de Rozier dan Pilatreand Marquis d’Arlandes, infanteri utama yang berlayar tinggi selama dua puluh lima menit, pada 20 November 1783.


 














Karena Montgolfier bersaudara telah sukses menemukan balon udara tersebut, kerajaan Perancis memberikan gelar bangsawan secara turun-temurun dengan sebutan de Montgolfier. Penghargaan tersebut diberikan kepada Montgoldier bersaudara melalui Raja Louis XVI. Namun karena Pilatre tewas dalam kecelakaan balon udara, maka kepercayaan banyak orang tentang Montgolfier bersaudara menjadi berkurang.

Josep Montgolfier meninggal pada 26 Juni 1810, pada usia 69 tahun di Balaruc les Bains, Perancis. Sedangkan Jacques Montgolfier meninggal pada 2 Agustus 1799, pada usia 54 tahun di Neuchatel, Swiss. Demikian penjelasan tentang sejarah penemu balon udara yaitu Josep dan J. Montgolfier. Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat.


13
 
                Igor Sikorsky, Penemu Helikopter




 



















Helikopter merupakan salah satu jenis dari alat transportasi selain pesawat terbang biasa. ia merupakan jenis pesawat udara dengan sayap berputar dimana rotor penggeraknya digerakkan oleh mesin. Mengenai asal kata helikopter, kata helikopter ini berasal dari bahasa Yunani helix yang berarti spiral dan pteron yang berarti sayap. Igor Sikorsky lahir di Rusia pada 25 Mei 1889. Ia adalah penemu helikopter pertama yang sukses. Igor dianggap sebagai “Bapak Helikopter” karena telah sukses membuat helikopter dengan desain karyanya sendiri. Pada tahun 1910, ia merupakan satu-satunya desainer yang bekerja di penerbangan helikopter terbesar.

Pada tahun 1912, Igor bekerja sebagai chief engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh. Pada tahun 1923, Igor mendirikan Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Ia di bantu oleh beberapa mantan anggota militer Rusia, ia mendapatkan dana dari Sergei Rachmaninoff sebesar US$ 5.000. dengan tambahan dana akhirnya ia dapat membuat S-29, sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama yang dapat menampung penumpang sebanyak 14 orang dengan kecepatan 115 mph dan perupakan satu-satunya pesawat bermesin ganda di Amerika Serikat.

Kinerja pesawat terbang buatannya ini lebih lambat bila dibandingkan dengan pesawat militer pada tahun 1918, hal tersebut membuat para investor tidak mau mendanai Igor lagi. Pada tahun 1929, Manufacturing Company Sikorsky berubah menjadi United Aircraft Corporation dan mulai mengembangkan Pan American Airways. Pada tahun 1929, ia mengajukan permohonan hak paten untuk penemuannya pesawat amfibi yang menggunakan udara untuk daya angkat baling-naling dan dua baling-baling kecil sebagai pendorong.

Pada tahun 1931, ia mengajukan hak paten atas karyanya yang lain dan di berikan hak paten pada tahun 1935. Pada tahun 1940, Igor telah berhasil membuat helikopter VS-300 dengan penerbangan bebas yang dilakukan pada 24 Mei 1940, yang mempelopori konfugurasi rotor yang banyak digunakan pada helicopter sekarang. keberhasilan Igor tersebut telah merubah desain R-4 , yang selanjutnya menjadi helikopter pertama di dunia yang diproduksi secara besar-besaran pada tahun 1942. Helikopter tersebut telah menjadi model helikopter modern untuk jenis single rotor.

Ia juga telah membuat rancangan dan membangun helikopter untuk militer yang pertama, XR-4, yang akan ia kirim untuk Kolonel Franklin Gregory dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ciptaan Igor telah dilengkapi dengan kontrol penerbangan yang dioperasikan dengan maju, mundur, atas, bawah dan samping. 

Pada tahun 1958, Perusahaan pesawat rotor mengadakan kerjasama dengan Igor. Perusahaan tersebut meminta supaya Igor membuat helikopter yang memiliki lambung perahu, dapat lepas landas dan mendarat di air serta dapat mengapung di atas air. Perusahaan tersebut menginginkan Igor membuat helikopter yang sangat unik dan belum ada di dunia. Igor sempat menjabat sebagai Dewan Direksi Yayasan Tolstoy Center di New York. 

Igor menikah dengan Olga Fyodorovna di Rusia, namun mereka bercerai. Igor kembali menikah dengan Elisabeth pada tahun 1924 di New York dan dianugerahi 4 anak. Igor meninggal di Easton, Connecticut, pada 26 Oktober 1972 dan dimakamkan di Saint John the Baptis Yunani, sebuah pemakaman Katolik yang terletak di Stratford. Demikian penjelasan tentang sejarah dari helikopter dan juga profil dari penemu helikopter yaitu Igor Sikorsky.



14
 
                Peter Henlein, Penemu Jam

Peter Henlein dulunya memiliki profesi sebagai tukang kunci dan juga pembuat jam dari Nuremberg, Jerman. Peter Henlein ini sering sekali dianggap sebagai penemu jam, tapi ada juga yang mengatakan kalau ada orang lain yang menemukan jam terlebih dulu, namun Peter Henlein yang sudah terbukti.




Peter Henlein lahir pada tahun 1485 dan wafat pada Agustus 1542. Pada tahun 1509 Peter Henlein menjadi seorang guru di The City's Locksmith Guild. Peter Henlein menjadi terkenal sebagai pembuat jam hias portabel kecil musim semi yang memiliki tenaga kuningan, jam tersebut sangat langka dan juga sangat mahal dan merupakan persiasan yang sangat modis untuk dipakai di kalangan bangsawan waktu itu.








 












Peter Henlein juga membangun sebuah menara jam untuk Lichtenau castle pada tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah. Sebagai penghargaan kemudian kota tersebut membangun patung Peter Henlein sebagai penemu dari jam tangan  Mungkin tanpa adanya Peter Henlein di dunia ini tak ada yang namanya jam yang sangat membantu kita untuk mengetahui waktu. Semenjak penemuan jam oleh Peter Henlein, model jam dari dulu sampai sekarang terus menerus mengalami perkembangan, ada model jam analog dan model jam digital disertai dengan penambahan fungsi sesuai kebutuhan pengguna.



15
 
                William Murdoch, penemu Kereta Api

Kereta api ditemukan pada tahun 1784 oleh William Murdoch, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar, Skotlandia.

Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta. Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan.
Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.


 






















Jalur rel pertama kali tercipta pada tahun 1630 di Inggris, dengan adanya kegiatan pengangkutan batu bara. Pada mulanya semua hasil pertambangan batu bara di angkut menggunakan kereta yang ditarik oleh kuda. Kereta uap ciptaan Murdock awalnya berbentuk kendaraan roda tiga yang menggunakan mesin dan boiler yang diletakkan diantara dua roda yang lebih besar, dan bagian depan terdapat roda yang lebih kecil. Mekanisme lokomotif tersebut memasukkan beberapa inovasi seperti katup pengaman serta menggunakan sistem katup abru pada katup D-slide.

Pada tahun 1804, Richard Trevithick telah menciptakan mesin lokomotif yang dirangkai dengan kereta. Selanjutnya penyempurnaan lokomotif tersebut dilakukan oleh George Stephenson. George Stephenson merubah merubah lokomotif tersebut menjadi lokomotif uap yang lebih efektif , memiliki daya yang lebih besar serta dapat menarik lebih banyak kereta.

Pada tahun 1815, lokomotif uap ciptaan George tersebut mulai beroperasi dijalur antar rel yang memiliki lebar 1,42 m. George juga menambahkan pelebaran jalur selebar 1,3 cm, lebar tersebut kini digunakan sebagai standar rel kereta api. Pada tahun 1888, Frank j. sprague telah mampu menyelesaikan jalur kereta api listrik pertama kali dengan panjang mencapai 19 km di Richmond, Virginia. Namun untuk lokomotif listrik baru mulai diperkenalkan pada tahun 1895.

Pada tahun 1925, kereta bermesin diesel untuk yang pertama mulai dioperasikan. Kereta bermesin diesel tersebut adalah hasil karya Rudolft Diesel. Kereta tersebut memiliki tenaga yang lebih besar dan sangat efisien bila dibandingkan dengan lokomotif uap. Awal abad ke-19, kereta diatas rel sedah mulai ditarik oleh kereta yang dijalankan menggunakan mesin uap. Perkembangan kereta api mulai dari sarana dan prasarana mulai mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun.

Perkembangan kereta api yang semakin berkembang secara pesat seperti munculnya kereta api yang super cepat, kereta api monorail (hanya dengan satu rel), kereta api levitas magnetic dan lain sebagainya. Selain itu teknologi persinyalan kereta api tidak lagi menggunakan sinyal mekanis saja, namun juga menggunakan sinyal elektris. William Murdoch meninggal pada 15 November 1839, pada usia 85 tahun dan dimakamkan di kota Birmingham, Inggris. Demikian ulasan tentang sejarah perkembangan dan juga penemu kereta api yaitu William Murdoch. Semoga semangat dan kegigihannya dapat kita contoh dalam melakukan sesuatu yang dapat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.









16
 
              Anthony Van Leuwenhook, Penemu Lensa


ia lahir di Delft, Belanda , pada 24 Oktober 1632. Anthony disebut sebagai “ Bapak Mikrobiologi” karena menjadi orang pertama yang menekuni ilmu mikrobiologi.




Anthony dibesarkan di Delft, kota kelahirannya. Sejak muda ia sudah bekerja sebagai pedagang kain, tahun 1654 ia sudah memiliki toko sendiri.

Ayah Anthony bernama Philips Anthonys Van Leewenhook bekerja sebagai pembuat keranjang. Anthony menggosokkan lensa yang memiliki ukuran kecil, sehingga ia mampu menghasilkan mikroskop yang memiliki daya kekuatan pengamatan yang lebih baik di banding dengan mikroskop yang telah ada sebelumnya. Mikroskop temuannya dilengkapi dengan lensa yang memiliki kapasitas membesarkan hingga 270 kali.

Penemuan tersebut menandakan bila ia berhasil menemukan mikroskop yang lebih sempurna. Anthony telah berhasil membuat lebih dari 500 lensa optik dan menciptakan lebih dari 25 mikroskop dengan jenis yang berbeda-beda, namun yang mampu bertahan hanya Sembilan jenis saja. Mikroskop buatan Anthony terbuat dari frame perak atau tembaga dengan menggunakan lensa buatan tangan. Ia mampu mampu membuat pembesaran hingga mencapai 275 kali. Kemungkinan Anthony memiliki mikroskop yang mampu memperbesar hingga 500 kali.





17
 
               Michael Faraday, Penemu Listrik




 
Penemu Listrik adalah Michael Faraday. Fenomena tentang kelistrikan pada awalnya telah ada sejak zaman Yunani, sejak Thales seorang Cendekiawan yang menemukan fenomena dari batu ambar yang digosok-gosok akan bisa menarik bulu. Seja saat itu kemudian bermunculanlah teori mengenai kelistrikan yang dikemukakan oleh Ampere, Michael Faraday, Oersted, Willian Gilbert, Charles De Coulomb, Joseph Priestley, dan lain-lain.

Dari banyak nama tersebut, ada satu nama Michael Faraday memiliki peran atau jasa paling besar dibidang kelistrikan dan magnet, Dari sinilah kemudian cikal bakal teori mengenai Listrik. Ia Bisa disebut sebagai penemu listrik pertama di dunia dan juga dikenal sebagai “Bapak Listrik”. Michael Faraday lahir di Inggris pada tanggal 22 September 1719, Memiliki seorang ayah tukang besi yang harus menafkahi kesepuluh anaknya. Karena itu tak heran ayahnya tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya termasuk juga Faraday. Di umur 14 th Faraday sudah membantu keluarganya dengan berkerja penjilidan buku serta menjual buku. Di saat senggang ia pun sempatkan untuk membaca bermacam macam buku, terutama buku tentang IPA, Kimia dan Fisika.

Diumur 20 tahun, ia pun ikut mendengarkan sejumlah ceramah oleh ilmuwan inggris terkenal. Diantaranya ialah oleh Sir Humphry Davy yang merupakan ahli kimia dan juga seorang kepala laboratorium dari Royal Institution. Setiap ceramah yang diikutinya, Faraday selalu membuat suatu catatan dgn teliti kemudian menyalinnya lagi. Salinan catatan yang telah ia buat dengan rapi sedemekian rupa itulah yang ia kirim ke Humphry Davy dan dilampiri pula surat lemaran pekerjaan. Tertarik dengan hasil kerjanya, sang dosenpun mengangkat Faraday menjadi asistennya di Lab Universitas yang terkenal di kota London. Usianya pada saat itu baru 21 tahun.

Berada dibawah bimbingannya Davy, Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat. Pada mulanya dia bekerja sbg pencuci botol saja, tapi karena gigihnya dalam belajar ia dalam waktu yang singkat membuat suatu penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyama kloro-karbon serta sukses membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. Karena kepandaianya itu, ia bisa berhubungan dgn ahli-ahli ternama seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, dimana dikesempatan itu ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan yang teoritis dan praktis.

Davy merupakan  sosok yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan-penemuan listrik. Pada tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertamana yang penting didunia kelistrikan. 2 th sebelum tahun itu, Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari kompas magnet umumnya bisa beralih bila aliran listrik mengalir dikawat yang tak saling menjauhi. Atas temuan tersebut, Faraday membuat doktrin, bila magnet didekatkan, yang berjalan malah sang kawat. Bereaksi pada permikiran awal ini, ia sukses membangun sebuak rangkaian yang kentara dimana kawat bakal secara berkelanjutan memutar berapit dgn magnet selama aliran listrik masih mengalir dikawat.

Dalam kenyataan tersebut Faraday telah menciptakan motor listrik yang pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yang memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. Bagaimanapun anggapan bahwa penemuannya primitif, tetapi tidak dapat dipungkiri merupakan cikal bakal atas seluruh motor listrik yang dipakai pada zaman sekarang. Semenjak temuannya yang pertama di tahun 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan.
Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwasannya apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan. Kondisi tersebut dinamai “pengaruh elektromagnetik” yang juga temuan tersebut diberi nama “Hukum Faraday”. Temuan tersebut diakui sebagai temuan yang bersejarah. Kenapa? Satu, Hukum Faraday mempunyai makna besar dalam perpautannya dengan pemahaman teoritis kita tentang elektromagnetik. Dua, elektromagnetik bisa dipakai sebagai pengerak yang secara berkelanjutan atas aliran arus listrik sebagaimana yang dipraktekkan Faraday ketika membuat 
dinamo listrik untuk pertama kalinya. Michael Faraday kemudian wafat pada tanggal 25 agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London. Nama Faraday diabadikan sebagai satuan kapasitansi yaitu farad (F) dalam ilmu fisika.

18
 

              Al Khawarizmi, Penemu Angka Nol




 













Angka nol ini ditemukan oleh seorang asal Timur Tengah bernama Al Khawarizmi. Selain ahli dalam bidang matematika, Al Khawarizmi yang kemudian menetap di Qutrubulli ini juga adalah seorang ahli Geografi, ahli sejarah, dam juga seorang seniman.


19
 
               Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed,
               Pendiri Youtube



 



















Ini Dia Tiga Orang Jenius Penemu YouTube - Kita semua tentunya sudah tau apa itu YouTube. YouTube adalah sebuah situs streaming video yang sangat terkenal dan mungkin adalah yang terbesar di seluruh dunia. YouTube ini sebetulnya bisa juga dikatakan sebagai media sosial karena kalau kita memiliki akun Gmail (Google Mail) maka kita bisa mendaftarkan diri kita pada Youtube ini dan juga kita bisa mempublikasikan video buatan kita dan di tonton seluruh dunia. YouTube ini sendiri didirikan atau dibuat pada tanggal 14 Februaru 2005, di San Mateo, California, Amerika Serikat. Lalu siapa sih penemu atau pendiri dari situs youtube tersebut? Mereka ada 3 orang, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Konon katanya, Youtube didirikan berdasarkan permasalahan yang terjadi diantara keseharian dari Hurley dan Chen.


20
 
               Mark Zuckerberg, Penemu Facebook


Penemu Facebook yaituMark Zurckerberg menjadi sosok yang populer dan serta membuatnya menjadi seorang milyarder baru di dunia. Cerita kesuksesan facebook ini dimulai ketika Mark Zuckerberg kuliah di Harvard University yang merupakan universitas terbaik di dunia di jurusan ilmu komputer.

Ia pada mulanya membangun sebuah situs yang bernama facemash.com pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana situs yang ia buat tersebut berisi foto-foto mahasiswa harvard yang didapatnya dari hasil meretas jaringan kampusnya sendiri dimana ia mengambil data-data pribadi mahasiswa yang kemudian ia pasang berdampingan dengan foto lain dimana pengunjung akan melakukan vote atau memilih mana foto yang terbaik.




21
 
                Sir Ernest Swinton, Penemu Tank


Tank yang merupakan kendaraan lapis baja yang memiliki meriam atau peluru kendali sebagai persenjataan dan menggunakan penggerak telapak rantai besi sebagai rodanya. Tank merupakan kendaraan lapis baja yang digunakan oleh kalangan militer atau paling banyak digunakan ketika perang karena anti peluru.
Tank jaman sekarang semakin canggih, banyak teknologi baru yang diterapkan kedalam tank seperti sistem persenjataan serta teknologi militer lainnya.



 







Tank juga memiliki kekuatan penghancur yang dahsyat ketika digunakan dalam perang selain mempunyai perlingdungan yang kuat terhadap peluru atau bom. penemu kendaraan tank yaitu Sir Ernest Swinton. Mayor Jenderal Sri Ernest Swinton Dunlop, lahir di Bangalore, India, pada 21 Oktober 1868. Swinton adalah perwira Angkatan Darat Inggris dan penemu tank. Swinton ditugaskan untuk mempengaruhi pengembangan dan penggunaan tangki selama Perang Dunia Pertama oleh Inggris. selain itu, ia terkenal dengan istilah yang sering di ucapkan, yaitu Tidak ada tanah manusia. 

22
 

               Ray Tomlinson, Penemu Email

Dia dikenal sebagai pe-nemu Email atau Elek-tronik Mail. Saat ini email sekarang memiliki peran yang sangat penting da-lam berkomunikasi dengan cepat.



Email digunakan untuk melakukan pertukaran pesan dengan cepat melalui internet. Nama asli Ray Samuel Tomlinson adalah Raymond Tomlinson. Raymond Tomlinson (Disini saya singkat saja menjadi Ray Tom) lahir pada tahun 1941. Dia lahir di wilayah pinggir kota Amsterdam yang tentu ada di New York, Amerika Serikat (AS). Seperti layaknya orang hebat lainnya, Ray Tom ini lahir di lingkungan pedesaan kecil yang bernama Vail Mills dan memiliki keluarga yang sederhana.



23
 
                 Rudolf Diesel, Penemu Mesin Diesel


Rudolf Christian Karl Diesel tercatat seba-gai penemu mesin diesel. Sebagian masa kecil Diesel dihabiskan di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian di tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi pindah ke London, Inggris. Dan menjelang perang berakhir, ibunya mengirim Rudolf Diesel yang masih berusia 12 tahun untuk tinggal di Augsburg bersama paman dan bibinya agar dapat berbicara dalam bahasa Jerman dan bersekolah di Royal County Trade School, dimana pamannya menjadi mengajarkan matematika disana.

Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya yang berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg. Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel terpaksa menentang keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan dan mengharapkan agar Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.Sambil kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai akademik terbaik.
Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang kita kenal sekarang dengan Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi menjadi tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa dari hasil penyaringan bensin.

Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat berjalan dengan menggunakan minyak sayur.


24
 


               Cornelius Van Drebbel, Penemu Kapal Selam









 







penemu kapal selam yaitu Cornelius Van Drebbel. Cornelius Van Drebbel lahir di Alkamaar, Belanda, pada tahun 1572. Pada awalnya yang telah membuat sketsa kapal selam adalah Leonardo da Vinci pada tahun 1452 sampai 1519, namun yang berhasil membangun kapal selam tersebut adalah Cornelius Van Drebbel pada tahun 1620.

Sebelum kapal selam itu di buat Drebbel, seorang temannya bernama William Bourne merancang rencana untuk membuat kapal tersebut pada tahun 1578, namun tidak berhasil dan dapat diwujudkan oleh Drebbel. Pada awalnya, Drebbel hanya melihat sketsa-sketsa yang dibuat oleh kedua temannya itu. Namun secara perlahan tapi pasti, Drebbel mewujudkan sketsa yang menurutnya menarik dan unik tersebut.

25
 

             Thomas Alva Edison, Penemu lampu pijar

Penemu lampu pijar yang sebenarnya adalah Thomas Alva Edison. Dalam perjalanan penemuan lampu pijar ada dua ilmuan yang saling berpacu yaitu Thomas Alva Edison, dan Joseph W. Swan. Penemuan lampu pijar merupakan penemuan yang revolusioner dimasanya, sangat berbeda dalam metodelogi pembuatan cahaya buatan, memiliki karakteristik yang menarik karena banyak memanfaatkan penemuan penemuan baru terhadap sifat-sifat listrik saat itu. Sebenarnya pengembangan lampu pijar sudah dimulai pada awal abad 19. Sejarah penemu lampu pijar dapat dikatakan telah dimulai dengan ditemukannya tumpukan volta oleh Alessandro Volta.
Pada tahun 1802, Sir Humphry Davy menunjukkan bahwa arus listrik dapat memanaskan seuntai logam tipis hingga menyala putih. Lalu, pada tahun 1820, Warren De la Rue merancang sebuah lampu dengan cara menempatkan sebuah kumparan logam mulia platina di dalam sebuah tabung lalu mengalirkan arus listrik melaluinya. Hanya saja, harga logam platina yang sangat tinggi menghalangi pendayagunaan penemuan ini lebih lanjut. Elemen karbon juga sempat digunakan, namun karbon dengan cepat dapat teroksidasi di udara; oleh karena itu, jawabannya adalah dengan menempatkan elemen dalam vakum.

Pada awalnya lampu pijar pertama terdiri dari filamen dari kawat karbon dalam bola kaca hampa udara, dan ujungujung ujung kawat terhubung keluar melalui topi lampu yang tersegel untuk dapat terkoneksi ke sumber listrik. Kini lampu pijar menggunakan tungsten sebagai bahan dari filamen, sebab tungsten adalah logam dengan titik cair tinggi dan tekanan penguapan yang rendah, dan bola kaca diisi dengan senyawa gas mulia, dimana gas mulia yang sering digunakan adalah argon, gas mulia sangat berguna, sebab gas mulia dapat memperlambat proses penguapan pada filamen.
Apakah Thomas Alva Edison dan Joseph W. Swan sebagai penemu lampu pijar pertama?
Edison bukanlah penemu satu-satunya yang berusaha dan terlibat dalam penemuan bola lampu. Salah satu pesaing utamanya adalah Joseph W. Swan dari Inggris. Swan adalah seorang ahli kimia, swan bereksperimen di tahun 1850 dan 60-an dengan filamen karbon. pada upaya awalnya dia gagal, karena pompa vakum pada tahun-tahun tersebut tidak dapat menghampakan udara dari lampu. Pada pertengahan 1870-an muncul baru lahir pompa yang dapat menghampakan udara dari lampu, hal tersebut memacu Swan kembali ke bereksperimen.

Pada akhir 1878, Swan melaporkan keberhasilan ke Newcastle Chemical Society dan pada Februari 1879 menunjukkan lampu bekerja ke sebuah kampus di Newcastle. Lampu miliknya mengandung unsur-unsur yang sebagian besar terdapat pula pada lampu milik Edison pada bulan Oktober, sebuah lampu dengan bola lampu kaca yang hampa dan tertutup dari udara, kabel penyambung platinum, dan elemen pemancar cahaya yang terbuat dari karbon. Meskipun demikian kenapa Edisonlah yang selalu dikreditkan sebagai penemu bola lampu?

Seperti para penemu lampu pijar, Swan menggunakan batang karbon dengan tahanan listrik rendah pada lampunya. Karena hubungan antara resistensi dan arus, dengan elemen resistensi yang rendah maka banyak dibutuhkan arus listrik agar menjadi panas dan bersinar. Ini berarti bahwa konduktor pembawa listrik di lampu harus relatif pendek dan tipis, hal tersebut dapat diterima untuk percobaan atau demonstrasi, tapi tidak untuk dikomersilkan.

Lampu Swan tidak dapat bertahan lama sebab terdapat gas yang terperangkap di batang lampu terlepas ketika lampu sudah tengah menyala, Jadi meski lampu Swan bekerja cukup baik dalam demonstrasi, namun tidak praktis digunakan dimasyarakat. Edison menyadari bahwa filamen yang tipis dengan tahanan listrik yang tinggi akan membuat lampu menjadi lebih baik. Resistensi tinggi berarti hanya sedikit arus listrik yang diperlukan untuk membuat filamen lebih bersinar.

Lampu bristol milik edison yang dipublikasikan pada desember tahun 1879 memiliki umur kerja sampai 150 jam, dan lampu bambu miliknya yang dipublikasikan pada awal tahun 1880 dapat bertahan sampai 600 jam. Perealisasian tentang resistensi yang tinggi, dan untuk konsepsinya tentang lampu sebagai satu bagian dari system yang terintegrasi, maka wajarlah Edison dikreditkan menjadi penemu bola lampu praktis pertama.

Swan tidak kalah dalam segala hal. Ia menulis surat kepada Edison (dikutip di atas), paten-nya cukup kuat untuk menang di pengadilan Inggris. mendorong Edison untuk bernegosiasi daripada kehilangan market di Inggris. Pada tahun 1883 Edison & Swan United Electric Light Company didirikan. Yang lebih dikenal dengan nama "Ediswan", perusahaan tersebut menjual lampu dengan filamen selulosa yang Swan telah temukan pada tahun 1881. Variasi dari filamen selulosa menjadi standar industri, kecuali untuk Perusahaan Edison. Edison terus melanjutan penggunaan filamen bambu sampai 1892, perusahaan Edison melakukan merger sehingga berdirilah General Electric dan bergeser ke selulosa.
Jadi alasan Thomas Alva Edison dinobatkan sebagai penemu lampu pijar karena temuannya lebih dahulu dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat.



26
 
              James Watt, penemu Mesin Uap



 


James Watt (19 January 1736 - 25 Agustus 1819) adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi dasar dari Revolusi Industri.
James Watt lahir pada tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan.

Watt bersekolah secara tak teratur tetapi dan lebih banyak mendapat pendidikan di rumah oleh ibunya. Dia menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti matematika, walaupun bahasa Latin dan Yunani tidak menggerakkan hatinya, dia menyukai legenda dan cerita rakyat Skotlandia.
Ketika dia berumur 18 tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot, Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan study tentang pembuatan instrument dan peralatan selama satu tahun, kemudian kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. Tetapi karena dia tidak menyelesaikan tujuh tahun study nya sebagai apprentice (murid yang bekerja sambil belajar), permohonan untuk membuka bisnis tersebut terhambat, walaupun pada saat itu belum ada pembuat instrumen dan peralatan matematika di Skotlandia.

Dengan dibantu oleh tiga orang professor yang ada di Universitas Glasgow, James Watt akhirnya diberi kesempatan untuk membuka workshop (bengkel) kecil di universitas.

Empat tahun setelah membuka tokonya, James Watt mulai melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robison, membuat dia tertarik pada mesin tersebut. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap berusaha untuk membuat satu model mesin. Walaupun gagal, dia tetap melanjutkan percobaannya dan mulai membaca apa saja yang bisa dibacanya. Dia kemudian secara terpisah menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin. pada tahun 1765 dia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya atas pengembangan mesin uap yang memicu revolusi industri, nama Wattdiabadikan dan dijadikan sebagai satuan energi dengan symbol W oleh International System of Units (atau 'SI') seperti yang kita kenal sekarang.



27
 


               Les Paul Gibson, Penemu Gitar

Nama Les Paul, barangkali tak banyak orang yang tahu. Tapi bagi para gitaris sejati, nama Les Paul tak asing lagi dan menjadi jaminan mutu untuk instrumen gitar. Nama Les Paul kini hanya bisa dikenang.


Sang perintis gitar Les Paul meninggal di usia ke-94. Paul tutup usia setelah menderita komplikasi radang paru-paru. Les Paul adalah sosok pencetus yang berhasil mengubah wajah musik modern melalui penemuannya dalam pengembangan alat musik gitar.

Pria bernama asli Lester William Polsfuss lahir pada 9 Juni 1915 di Waukesha, Wisconsin, AS. Dulu orang mengenal Paul sebagai seorang musisi sebelum kemudian berganti haluan menjadi seorang penemu. Ia sempat pula tergabung dalam grup musik Les Paul Trio. 

Bersama perusahaan gitar ternama Gibson, ia merilis sebuah gitar Les Paul Goldtop yang kemudian diikuti Les Paul Custom dan Les Paul Standard yang sering dimiliki oleh gitaris populer masa kini.

Pemimpin perusahaan sekaligus pejabat eksekutif tertinggi atau CEO perusahaan gitar Gibson Henry Juszkiewicz memberikan penghormatan terakhir melalui sebuah pernyataan. "Dunia kini kehilangan seorang penemu paling berjasa, aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa kehadiran Les Paul." kata Juszkiewicz. "Ia selalu menghampiri setiap orang dan tersenyum pada siapa pun. Daya tariknya di bidang musik sangat luar biasa dan ia memiliki teknik sendiri yang tiada duanya di dunia," kenang Juszkiewicz lagi.(VIN)


28
 


              10 Orang ahli matematuika dunia

 
Euler adalah Raja. Hidup tahun 1707-1783, ia dianggap sebagai ahli matematika terhebat yang pernah berjalan di planet ini. Dalam kehidupannya ia adalah pembuat terobosan dan setara dengan Einstein dalam hal kejeniusan. Kontribusi utamanya adalah dengan pengenalan notasi matematika termasuk konsep fungsi (dan bagaimana hal itu ditulis sebagai f (x))

   Leonhard Euler
Gauss sang Anak ajaib, berjuluk ‘Pangeran Matematika’, membuat penemuan besar pertamanya ketika ia masih remaja, dan menulis Disquisitiones Arithmeticae yang luar biasa, magnum opus-nya, pada saat ia berusia 21 tahun. Banyak yang telah mengetahui bahwa Gauss memiliki kemampuan mental yang luar biasa.



Carl Friedrich Gauss


 
Bernhard Riemann, lahir dari keluarga miskin pada tahun 1826, dan kelak menjadi salah satu ahli matematika terkemuka dunia di abad ke-19. Daftar orang-orang yang memiliki kontribusi untuk geometri sangatlah banyak, namun ia memiliki berbagai teori yang melambungkan namanya,




G. F. Bernhard Riemann


 
Tinggal di sekitar 300SM, ia dianggap sebagai Bapak Geometri dan karyanya magnum opus: Elements, adalah salah satu karya terbesar dalam sejarah matematika dan di digunakan dalam bidang pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui tentang hidupnya

     Euclid
Ahli matematika, fisika dan seorang filsuf Perancis, Rene Descartes terkenal karena filosofi ‘Cogito Ergo Sum’ – nya. Meskipun demikian, warga negara Prancis, yang hidup antara 1596-1650 ini, membuat terobosan di bidang matematika. Di samping Newton dan Leibniz, Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern (yang dikembangkan oleh Newton dan Leibniz kemudian), yang dengan sendirinya memiliki pengaruh besar pada kehidupan modern saat ini.

    René Descartes


 
Ahli komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap oleh kebanyakan orang sebagai salah salah satu pemikir terbesar dari abad ke-20. Sebelum perang, ia muncul dengan ide mesin hitung, dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan komputer sejati yang pertama. Setelah perang berakhir, ia menghabiskan waktunya dalam bidang komputerisasi. 



 
        Alan Turing

Blgollo, juga dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah mungkin salah satu ilmuwan matematika terbesar dari abad pertengahan. Hidup dari tahun 1170 hingga 1250, ia paling diingat karena memperkenalkan Seri Fibonacci ke dunia barat. 

                                                            Leonardo Pisano Blgollo

Setelah kembali ke Italia pada 1202, ia menerbitkan bukunya Liber Abaci, dimana angka Arab diperkenalkan dan diterapkan pada banyak situasi dunia serta lebih dianjurkan penggunaannya. Sebagai hasilnya, sistem ini secara bertahap diadopsi dan hari ini ia dianggap sebagai pemeran utama dalam pengembangan matematika modern.

Kami menempatkan keduanya bersama-sama karena mereka berdua sering diberi kredit menjadi ‘penemu’ dari kalkulus modern, dan keduanya memberikan kontribusi mon-olitik ke lapangan.


Isaac Newton and Wilhelm Leibniz

Untuk memulai, Leibniz diberi kredit untuk memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda integral. Ia membuat kontribusi besar untuk bidang Topologi. Sedangkan sang jenius Isaac Newton, karena memiliki karya ilmiah besar Principia, menjadi aktor utama yang dipuji oleh sebagian besar orang sebagai penemu sebenarnya dari kalkulus. Meskipun demikian, apa yang dapat dikatakan adalah bahwa kedua pria tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar dan luas dengan caranya masing-masing.

Ahli matematika yang masih hidup dalam daftar ini, Andrew Wiles, yang terkenal dengan Teori Terakhir Fermat : Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b dan c dapat memuaskan persamaan a ^ n + b ^ n = c ^ n Untuk n lebih besar dari 2 (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras).
       
Andrew Wiles
Ahli matematika dari Yunani, Pythagoras, dianggap sebagai salah satu ilmuwan matematika besar pertama. Hidup sekitar 570-495 SM, di masa Yunani modern, yang dicatat oleh Aristoteles sebagai salah satu dari kelompok pertama yang mempelajari secara aktif matematika di tingkat lanjut.
Pythagoras dari Samos

Ia juga sering dikreditkan dengan Teori Pythagoras dalam trigonometri. Namun, beberapa sumber meragukan bahwa dia yang menemukan teori tersebut (Beberapa diatributkan pada murid-muridnya, atau Baudhayana, yang hidup sekitar 300 tahun sebelumnya di India).



---

1 komentar:

  1. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11millar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus